Anda Tetap Bisa Ngopi dan Menjaga Kesehatan dengan Cara Ini

Anda Tetap Bisa Ngopi dan Menjaga Kesehatan dengan Cara Ini
Ilustrasi kopi ( Foto: Malang Guidance )
Winda Ayu Larasati / WIN Senin, 18 November 2019 | 16:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bagi para pecinta kopi, sulit rasanya jika Anda menahan keinginan minum kopi lantaran khawatir mengganggu kesehatan seperti khawatir kadar gula darah naik dan sulit tidur di malam hari. Namun, Anda tetap bisa minum kopi dan menjaga kesehatan tubuh Anda.

1. Membuat kopi di rumah
Rasa kopi buatan barista di kafe memang berbeda atau lebih nikmati daripada buatan sendiri. Namun bagaimana dengan kebersihannya? Tidak ada yang tahu bahwa kain untuk membersihkan gelas mungkin saja digunakan sebagai pembersih tempat lainnya.

Walau belum tentu benar, ada baiknya jika kita menghindari hal tersebut dan membiasakan membuat kopi di rumah dan membawanya dengan tumbler Anda. Dengan begitu, setidaknya kita mendukung kesehatan tubuh dan menghemat uang.

2. Menaburkan bubuk kayu manis di atas kopi
Cara sehat minum kopi bisa kita lakukan dengan menaburkan bubuk kayu manis di atas kopi yang telah dibuat.

Menurut penelitian dari jurnal Pharmacotherapy yang dilansir dari Hello Sehat menyatakan kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah pada penyandang diabetes tipe II. Dengan begitu, kita dapat mengurangi risiko melonjaknya kadar gula darah.

3. Kurangi sirup dan gula tambahan
Mengurangi penggunaan sirup dan gula tambahan bisa kita lakukan agar tetap sehat ketika minum kopi.

Bagi Anda pecinta kopi dengan campuran gula, sirup, susu kental manis atau pemanis lainnya, Anda bisa mengganti pemanis dengan madu, gula kelapa atau stevia. Walau tetap mengandung kalori, setidaknya pemanis alami tidak meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

4. Jangan minum kopi di atas jam 14.00
Menurut penelitian dari Journal of Clinical Sleep Medicine menyatakan minum kopi di atas jam 14.00 akan mengganggu jam tidur malam Anda.

Pada penelitian tersebut mengonsumsi 400 mg kafein 0,3 dan 6 jam sebelum tidur ternyata dapat mengganggu kualitas tidur. Bahkan minum kopi 6 jam sebelum waktu tidur dapat mengurangi durasi tidur Anda lebih dari satu jam.

Oleh karena itu, Anda bisa mengganti kopi dengan kopi tanpa kafein atau teh yang mengandung kafein yang lebih sedikit dibandingkan kopi biasa.

Selain itu, Anda bisa menyesuaikan batas maksimal minum kopi dengan jam tidur Anda. Misalnya jika Anda tidur jam 22.00 malam, batas terakhir Anda minum kopi yaitu pada jam 17.00.

 



Sumber: Hello Sehat