Manfaat Teripang untuk Suplemen Kesehatan

Manfaat Teripang untuk Suplemen Kesehatan
Salah satu jenis teripang di perairan Indonesia ditunjukkan dalam kegiatan media briefing 'Riset Teripang' di Gedung Pusat Penelitian Oseanografi LIPI di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (16/7/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta )
Indah Handayani / FER Sabtu, 23 November 2019 | 17:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gaya hidup masyarakat yang buruk menjadi salah satu penyebab tingginya angka penyakit tidak menular.

Baca Juga: Teripang Diyakini Bisa Cegah Kanker

Selain dibutuhkan kesadaran masing-masing individu untuk lebih memperhatikan kesehatan, konsumsi suplemen sebagai penunjang kesehatan juga sangat penting.

CEO PT Ardisi Rasya Herbalindo, Siti Chaironi, mengatakan, sebagai pelopor produk kesehatan jelly gamat (teripang) pertama di Indonesia, produk jelly gamat Gold-G Original dan Jelly Gamat Gold-G Walet telah terjual jutaan botol ke seluruh Indonesia.

"Ratusan ribu orang telah merasakan keberhasilan mengatasi penyakit mereka. Inilah yang mendorong kami untuk lebih berupaya memperkenalkan produk kesehatan ini di Indonesia,” ujar Siti Chaironi dalam keterangan persnya, di Jakarta, Sabtu (21/11/2019).

Menurutnya, jelly gamat Gold-G merupakan produk kesehatan yang terbuat dari ekstrak teripang emas (stichopus variegatus) yang memiliki kandungan nutrisi paling lengkap.

Jelly Gamat

Baca Juga: LIPI Dorong Perlindungan Ekosistem Teripang

"Jenis teripang ini telah digunakan oleh para raja dan bangsawan Tiongkok sebagai makanan sepesial. Spesies ini juga yang di gunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat untuk berbagai macam penyakit,” jelasnya.

Tentang ampuhnya teripang pada Jelly Gamat Gold-G untuk terapi pengobatan, maka para ilmuwan melakukan penelitian terhadap binatang laut yang hidup atau berhabitat di dasar laut ini. Setelah di lakukan penelitian, ternyata kandungan gizi yang terdapat di dalam teripang sangat lengkap.

"Salah satu zat gizi yang jarang di temukan pada hewan manapun adalah zat yang mampu meregenerasi sel dengan cepat," kata Siti.

Teripang memiliki kandungan Protein 86,8 persen, Kolagen 80,0 persen, Mineral, Mukopolisakarida, Glucasaminoglycans (GAGs), Antiseptik alamiah, Glucosamine dan Chondroitin, Saponin, Omega-3, 6, dan 9, Asam Amino, Lektin, Vitamin dan Mineral, Gamapeptide (tidak dimiliki species teripang lainnya), dan sekitar 50 jenis kandungan aktif lainnya.

"Kandungan-kandungan inilah yang menjadikan jelly gamat Gold-G sangat cocok menjadi penunjang kesehatan. Kedua produk jelly gamat Gold-G telah mengantongi sertifikat halal dan BPOM, sehingga produk ini sangat layak untuk dikonsumsi,” pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com