Alternatif Makanan Bagi Penyandang Diabetes

Alternatif Makanan Bagi Penyandang Diabetes
Ilustrasi diabetes. ( Foto: AFP )
Indah Handayani / FER Sabtu, 30 November 2019 | 16:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat menyebabkan komplikasi masalah kesehatan serius, bahkan bisa menggerus harapan hidup seseorang. Karena itu, masyarakat perlu terus disadarkan akan dampak dan risiko komplikasi akibat diabetes.

Usia Penderita Metabolic Syndrome Semakin Muda

"Diabetes merupakan silent killer dan induk dari segala penyakit degeneratif seperti stroke, hipertensi, jantung koroner dan disfungsi ereksi. Kenapa diabetes disebut silent killer? Karena banyak orang tak menyadari dirinya menyandang diabetes,” papar konsutan metabolik endokrin, Dr dr Fatimah Eliana, di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Menurut dr Eliana, bagi penyandang diabetes, diagnosis dan manajemen yang tepat menjadi titik awal untuk bisa tetap hidup sehat dan beraktivitas.

"Mengontrol diabetes adalah sebuah komitmen harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Karena dengan melakukan kontrol yang teratur dan penanganan yang tepat, seseorang dapat terhindar dari risiko komplikasi akibat diabetes," tandas dr Eliana.

Peran Penting Keluarga dalam Pencegahan Diabetes

Sejatinya, ada beberapa cara untuk mengontrol diabetes, sehingga penyandang diabetes dapat menjalani hidup lebih baik dan berkualitas. Di antaranya, pengaturan pola makan, olahraga serta minum obat yang diperlukan sesuai petunjuk dokter. Terkait hal ini, salah satu yang sangat penting diperhatikan adalah merancang menu diabetes yang tepat.

Executive Chef, Chandra Yudasswara, mengatakan, ada banyak makanan alternatif yang dapat dikonsumsi oleh penyandang diabetes.

"Salah satunya dengan bantuan nutrisi makanan pengganti (meal replacement) khusus seperti Diabetasol, bahkan menjadi semakin mudah. Kita bisa membuat kreasi menu yang dikombinasikan berupa brownies, smoothies dan beberapa resep lain yang ramah penyandang diabetes dan bahkan bisa dinikmati semua orang," jelas Chef Chandra.



Sumber: Investor Daily