Menkes Terawan Bagikan Tips Cegah Virus Korona

Menkes Terawan Bagikan Tips Cegah Virus Korona
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, saat inspeksi mendadak ke gedung BRI I, Jakarta, Kamis (24/1). ( Foto: Beritasatu Photo / Lona Olavia )
Lenny Tristia Tambun / FER Selasa, 28 Januari 2020 | 20:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, memberikan tips bagi masyarakat agar terhindar dari virus Korona.

"Pertama, tingkatkan ketahanan tubuh. Berikan asupan gizi yang baik. Itu teknik dokter. Jadi untuk meningkatkan kemampuan tubuh, supaya dia sehat, imunitasnya bisa melawan virusnya. Itu saja," kata Terawan Agus Putranto sesuai menghadiri Ratas di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Kedua, tambah Terawan, tingkat imunintas dengan gerakan masyarakat hidup sehat, yakni dengan makan cukup, istirahat cukup dan makan asupan gizi berimbang tidak berlebihan.

"Gizi seimbang, minum cukup, istirahat cukup, jangan lembur terus, olahraga ya juga secukupnya, jangan berlebihan sampai capek, teler, juga tidak baik. Jadi semuanya harus terukur. Jaga imunitas kita, untuk siap-siap melawan virus," terang Terawan.

Sementara tindakan preventif yang dilakukan pemerintah adalah dengan menyiapkan rumah sakit yang memiliki ruang isolasi. Seperti Rumah Sakit (RS) Sulianti Suroso, RSPAD Gatot Subroto dan RS Persahatan.

"Ketiga, rumah sakit punya ruang isolasi tekanan negatif dan gedung-gedung untuk isolasi. Satu gedung bisa mengisolasi lebih dari 100 sampai 200 orang. Perawatan di RS itu nomor satu ya isolasi. Supaya tidak menulari yang lain. Itu yang bisa kita lakukan tergantung kayak apa modelnya, mau bertahap apa mau langsung, yang penting kita selalu siap," tegas Terawan.



Sumber: BeritaSatu.com