Manfaatkan Work From Home untuk Menjaga Kebugaran

Manfaatkan Work From Home untuk Menjaga Kebugaran
Ilustrasi olahraga ( Foto: dari lifelinewellness.com / dari lifelinewellness.com )
Indah Handayani / FER Senin, 23 Maret 2020 | 21:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah mengimbau masyarakat untuk bekerja di rumah atau work from home (WFH) guna memperlambat penyebaran virus corona baru atau Covid-19. Untuk itu, momentum ini sebaiknya dimanfaatkan untuk merawat diri dan berolahraga untuk menjaga kebugaran.

Baca: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bekerja dari Rumah

Atlet Olimpiade Inggris sekaligus vice president Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife, Samantha Clayton, mengatakan kekhawatiran tertular virus corona membuat banyak orang menjadi gelisah yang berakibat pada pembelian pembersih tangan dan obat antiseptik secara berlebihan. Belum lagi, kesimpangsiuran informasi dari media sosial (medsos) semakin memperparah keadaan.

"Untungnya, masyarakat secara serius mengikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan jaga jarak sosial atau social distancing. Kami juga menyarankan untuk menggunakan waktu di rumah dengan memperbanyak rutinitas kebugaran," ujar Samantha dalam keterangan persnya, Senin (23/3/2020).

Menurut Samantha, selama melalukan aktivtas fisik, tubuh akan melepaskan endorfin secara alami. Peningkatan hormon ini, dapat meningkatkan suasana hati, kepercayaan diri dan membantu mengurangi tingkat stres.

Baca: Cara Cerdas Mengajak Anak Gemar Berolahraga

"Olahraga teratur juga banyak dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung, peningkatan kepadatan tulang, peningkatan mobilitas sendi, peningkatan kognisi, peningkatan mood, peningkatan fungsi metabolisme, peningkatan massa otot dan kekuatan," paparnya.

Menurut Samantha, selama masa-masa penuh tekanan seperti sekarang ini, salah satu manfaat terbesar dari melakukan olahraga teratur adalah kemampuannya untuk menjadikan kegiatan sehari-hari terasa lebih mudah.

"Selama harus tinggal di rumah, hal itu tidak berarti berhenti berolahraga. Olahraga akan membantu mempertahankan pola pikir yang fokus dan lebih rasional," kata Samantha.



Sumber: BeritaSatu.com