Arsenal Juara Grup, Emery Puji Pemain Usia 18 Tahun

Arsenal Juara Grup, Emery Puji Pemain Usia 18 Tahun
Gelandang Arsenal, Emile Smith Rowe (kanan) ketika beraksi melawan Vorskla di ajang Liga Europa, Kamis, 29 November 2018. ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Jumat, 30 November 2018 | 07:45 WIB

Kyiv - Manajer Arsenal, Unai Emery, memuji Emile Smith Rowe sebagai teladan yang pantas dicontoh oleh para pemain muda Arsenal. Hal itu diungkapkannya setelah pemain berusia 18 tahun itu mencetak gol dan membawa Arsenal menaklukkan tuan rumah Vorskla 3-0 di ajang Liga Europa, Kamis (29/11) atau Jumat dini hari WIB.

Arsenal menurunkan sebagian besar pemain pelapis dalam laga di Ukraina ini. Pertandingan sendiri seharusnya digelar di kandang Vorskla, Stadion Butovsky Vorskla di Porklava. Namun UEFA memutuskan laga dipindahkan ke Stadion Olympiyskiy, Kyiv lantaran kondisi genting yang terjadi di beberapa kota di Ukraina, termasuk Porklava.

Emery hanya menurunkan tiga pemain senior di kubu Arsenal yakni Aaron Ramsey, Mohamed Elneny, serta Petr Cech. Meski demikian, The Gunners tetap menunjukkan dominasi mereka atas tuan rumah.

Smith Rowe membuka kemenangan Arsenal lewat gol pada menit ke-11. Ramsey membawa tamu menambah keunggulan dari titik penalti pada menit ke-27.

Gol terakhir pasukan Emery dilesakkan Joseph Willock pada menit ke-41. Kemenangan 3-0 ini membawa Arsenal memastikan diri sebagai juara Grup E dan lolos ke-32 besar.

Smith Rowe sendiri memang tampil mengesankan dalam partai ini. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini memikat Emery, menjelang partai derbi London Utara melawan Tottenham Hotspurs, Minggu. 

“Dia membayar kepercayaan. Dia melaksanakan tanggung jawab dan menurut saya penampilannya selama 90 menit sangat bagus,” ujar Emery.

“Dia contoh yang bagus bagi pemain muda lainnya. Kami pikir mereka bisa menolong kami tetapi mereka juga harus mendapat kepercayaan untuk bermain tak cuma bekerja bersama kami saat sesi latihan,” ungkap pelatih asal Spanyol ini.

“Mereka harus mendapat kesempatan tampil seperti hari ini. Kami memiliki tanggung jawab terhadap pemain seperti Emile dan yang lainnya untuk bertahan, bekerja, dan menunjukkan kepada kami mereka bisa berkembang dan bertahan bersama kami,” papar pengganti Arsene Wenger ini.

Kemenangan ini membawa Arsenal menjadi juara Grup E. Klub yang berbasis di London ini bertengger di puncak dengan koleksi 13 poin. Sporting Lisbon yang menang 6-1 atas Qarabag FK berada di posisi kedua dengan 10 poin. 



Sumber: Football Italia
CLOSE