Juventus vs Ajax: Berburu Tiket Semifinal

Juventus vs Ajax: Berburu Tiket Semifinal
Gelandang Juventus Miralem Pjanic menggiring bola saat menghadapi Ajax Amsterdam di Cruyff Arena, Kamis, 11 April 2019. ( Foto: AFP )
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 16 April 2019 | 09:26 WIB

Turin, Beritasatu.com - Juventus akan menjamu Ajax Amsterdam dalam laga kedua babak perempat final Liga Champions, di Stadion Allianz, Turin, Italia Rabu (17/4/2019) dinihari WIB.

Juventus harus puas ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Ajax Amsterdam pada leg pertama. Di luar dugaan, Ajax menyuguhkan permainan agresif yang merepotkan pertahanan Juventus.

Baca Juga: Juventus Diimbangi Ajax di Amsterdam

La Vecchia Signora sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Cristiano Ronaldo di menit 45. Namun, Ajax mampu menyamakan skor tiga menit setelah babak kedua dimainkan lewat gol David Neres.

Walaupun Juventus memiliki keunggulan satu gol tandang saat leg pertama, I Bianconeri dipastikan tidak akan mudah mengatasi perlawan wakil Belanda itu di kandang sendiri.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, telah memastikan bakal menurunkan seluruh pemain terbaiknya pada laga leg kedua. Allegri memilih untuk mengistirahatkan sejumlah pemain utama, termasuk pencetak gol tunggal Cristiano Ronaldo, saat menghadapi SPAL, akhir pekan lalu.

"Cristiano Ronaldo memiliki kualitas yang luar biasa," kata Massimiliano Allegri seperti dikutip Beritasatu.com dari laman BBC, Selasa (16/4/2019).

"Pada saat-saat tertentu, Cristiano Ronaldo menjadi pemain yang sulit dihentikan. Hal itu terlihat di wajahnya,” tambah Allegri.

Juventus sendiri lebih difavoritkan untuk lolos ke babak semifinal karena dinilai mempunyai kedalaman skuat yang lebih baik dibanding Ajax. Terlebih, sejarah juga mendukung kiprah Juventus di Liga Champions.

"Untuk bisa lolos, kami harus bermain dengan sikap yang sama seperti yang kami lakukan saat melawan Atletico Madrid," tandas Allegri.

Baca Juga: Pelatih Ajax Optimistis Bisa Lolos

Pada bagian lain, meski ditahan imbang 1-1 oleh Juventus di leg pertama perempat final, pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, menilai peluang timnya untuk lolos ke babak semifinal masih sangat terbuka.

"Hasil imbang 1-1 dalam pertandingan di kandang sendiri tentunya bukanlah apa yang kami harapkan. Namun, itu masih hasil yang baik," kata Erik ten Hag.

Ten Hag juga memuji penampilan timnya, meskipun Ajax tidak menciptakan banyak peluang untuk mencetak gol. "Dalam fase permainan, kami lebih baik. Kami bagus dalam transisi serangan. Juventus juga kesulitan untuk memberikan tekanan, karena kami menjaga bola, dan sabar dalam menciptakan peluang," tambah Erik ten Hag.

Ten Hag mengatakan, dirinya optimistis timnya dapat melaju ke babak semifinal. Hal itu berkaca saat anak asuhannya mengalahkan Real Madrid dengan skor 4-1 di Santiago Bernabeu.

"Saya percaya diri karena cara kami bermain dan berlatih. Kami lebih kuat dan kami menunjukkannya di setiap pertandingan. Juventus merupakan favorit, terutama setelah hasil Amsterdam. Namun, jika kami bermain bagus, kami bisa mengatasi batas apa pun,” tandas Erik ten Hag.

Catatan Pertemuan:

10/4/2019 Ajax 1 - 1 Juventus

25/2/2010 Juventus 0 - 0 Ajax

18/2/2010 Ajax 1 - 2 Juventus

23/11/2004 Juventus 1 - 0 Ajax

15/9/2004 Ajax 0 - 1 Juventus

Perkiraan Susunan Pemain:

Juventus (4-3-3): Szczesny, Rugani, Bonucci, Sandro, Cancelo, Pjanic, Bentacur, Matuidi, Bernadeschi, Dyabala, Ronaldo.

Pelatih: Massimiliano Allegri.

Ajax (4-3-3): Onana, Mazraoui, De Ligt, Blind, Sinkgrave, Van de Beek, Ziyech, De Jong, Neres, Dolberg, Tadic.

Pelatih: Erik ten Hag.

 



Sumber: BBC, Football Italia