Liga Champions

FC Porto Tersingkir, Ajax Lolos ke Playoff

FC Porto Tersingkir, Ajax Lolos ke Playoff
Kiper PAOK Saloniki Alexandros Paschalakis (tengah) berusaha menghentikan bola dari tendangan striker Ajax Amsterdam Dusan Tadic (kiri) di pertandingan babak ketiga Liga Champions di Amsterdam, Rabu (14/8/2019). ( Foto: Olaf KRAAK/ AFP )
/ CAH Rabu, 14 Agustus 2019 | 06:42 WIB

Lisbon, Beritasatu.com - Kejutan terjadi di babak playoff Liga Champions. Raksasa Portugal FC Porto takluk dari wakil Rusia Krasnodar, 2-3, di Estadio Do Dragao, Rabu (15/8/2019). Kekalahan ini sekaligus memupus harapan Porto tampil di Liga Champions musim ini.

Meski skor agregat  3-3, setelah Porto di pertemuan pertama meraih kemenangan 1-0 di Rusia., tetapi, Krasnodar berhak melaju ke play-off karena aturan gol tandang.

Krasnodar tampil penuh percaya sejak awal pertandingan. Bahkan, mereka bisa memimpin tiga gol lebih dulu sepanjang 45 menit pertama.

Vilhena membuka skor saat laga baru berusia tiga menit sebelum Sulleyamanov menggila dengan torehan sepasang golnya di menit ke-12 dan 34.

Paruh pertama ditutup dengan keunggulan telak 3-0 untuk Krasnodar. Duta Rusia ini sedikit mengendur di paruh kedua karena mereka akhirnya kecolongan dua gol.

Porto berusaha bangkit dan menemukan momentumnya di menit ke-56. Ze Luis memperkecil keadaan jadi 3-1 atau agregat 3-2. Diaz lalu mencetak gol di menit ke-77 yang menyeimbangkan agregat jadi 3-3.

Mau tidak mau Porto mesti mencetak satu gol lagi karena jika tidak, Krasnodar berhak lolos via aturan gol tandang. Akan tetapi, di sisa waktu yang ada, pasukan Sergio Conceicao tak bisa berbuat banyak.

Krasnodar mengamankan leg kedua dengan kemenangan 3-2 sekaligus mengantar mereka ke fase play-off UC untuk berhadapan dengan Olympiakos Pirareus.

Ajax Lolos
Di pertandingan lainnya, Ajax melenggang dramatis ke babak play-off setelah mengalahkan PAOK dengan skor ketat, 3-2.

Sempat bermain imbang di leg pertama, 2-2, raksasa Eredivisie Belanda ini akhirnya keluar sebagai pemenang di perjumpaan kedua.

PAOK memberikan perlawanan serius terhadap duta Belanda ini sejak awal laga. Buktinya, PAOK mampu lebih dulu membungkam publik Johan Cruijff Arena di menit ke-23 saat gawang tuan rumah bergetar oleh aksi Biseswar.

Namun, segera Ajax membalas di menit ke-43 melalui penalti Dusan Tadic. Selepas interval, Ajax membalikkan keadaan lewat aksi Tagliafico sebelum kembali hadiah penalti membuat tuan rumah menjauh. Tadic mengeksekusinya dengan sempurna untuk mengubah agregat jadi 5-3.

Di injury-time, PAOK tampak belum habis. Biseswar mencetak gol keduanya. Namun karena waktu yang sempit, tim tamu akhirnya menyerah 3-2 atau kalah agregat 5-4.

Dengan demikian, Ajax akan berjumpa APOEL di fase play-off.



Sumber: Goal