Piala Super Eropa 2019

Chelsea Jajal Ketangguhan Liverpool

Chelsea Jajal Ketangguhan Liverpool
Preview Liverpool vs Chelsea. ( Foto: Istimewa )
Jaja Suteja / JAS Rabu, 14 Agustus 2019 | 09:53 WIB

Siaran Langsung, Kamis (15/8/2019) mulai pukul 02.00 WIB

Istanbul, Beritasatu.com – Dua klub Inggris, Liverpool dan Chelsea akan adu kekuatan untuk memperebutkan trofi Piala Super Eropa, di Besiktas Park, Istanbul, Rabu (14/8/2019) atau Kamis dini hari mulai pukul 02.00 WIB.

Liverpool tampil di partai ini dengan status juara Liga Champions, sementara Chelsea sebagai kampiun Liga Europa. Dua klub ini datang ke Turki dengan bekal hasil yang jauh berbeda dalam laga perdana di Premier League.

Liverpool memetik kemenangan cukup telak 4-1 saat menjamu Norwich City. Sementara Chelsea dihancurkan tuan rumah Manchester United, 0-4, di Old Trafford.

The Blues memang masih terlihat gagap di bawah asuhan pelatih anyar yang baru berstatus manajer klub Premier League, Frank Lampard. Pelatih yang musim lalu nyaris membawa Derby County promosi ke Premier League tersebut kini kembali menghadapi tantangan berat karena harus melawan tim yang sudah sangat solid dengan pelatih yang telah lama menanganinya.

Meski dianggap berada di atas angin karena kondisi Chelsea yang belum solid, manajer Liverpool, Juergen Klopp, tetap waspada.
“Anda harus melihat Chelsea. Mereka kuat, muda, dan segar. Semua pihak bersemangat karena kedatangan Frank (Lampard). Legenda klub datang ke sana mencoba membuktikan kehebatannya sebagai manajer,” papar pelatih asal Jerman ini.

“Anda lihat apa yang sudah dilakukannya di Derby (County) dan sekarang di Chelsea. Bagi kami ini pertandingan yang sangat penting. Kami benar-benar fokus dan berharap semua orang bisa melihatnya,” kata Klopp.

Hasil buruk dalam laga pekan pertama Premier League, tak membuat Lampard berkecil hati. Pelatih yang menggantikan Maurizio Sarri ini tetap yakin bisa berbuat banyak dalam laga awal musim ini.

“Saya optimistis karena saya yakin pada kemampuan para pemain saya. Kami berada di laga final ini karena kami memang pantas tampil dalam pertandingan ini,” ujar Lampard.

Lampard juga mengungkapkan dirinya tahu betul kualitas Liverpool. Pasukan Klopp, menurutnya, memang sangat pantas menjadi juara Liga Champions.

Dikatakan Lampard, Liverpool memiliki manajer dan para pemain yang fantastis. Kendati demikian dia yakin pasukannya tetap berpeluang menundukkan Liverpool.

“Jika kami mengeluarkan kemampuan kami secara maksimal kami akan memenangkan pertandingan ini. Sangat penting bagi klub seperti Chelsea, mengeluarkan semua kemampuannya untuk mencoba memenangkan pertandingan ini. Kami sadar betul pentingnya meraih kemenangan di sini,” kata Lampard yang pernah 13 tahun membela Chelsea sebagai pemain.

Di kubu Liverpool, kiper utama Alisson Becker, dipastikan absen dalam laga ini akibat cedera betis yang dialami saat menundukkan Norwich City, Jumat lalu. Kiper anyar Adrian bakal menggantikan perannya di bawah mistar.

Sadio Mane belum fit betul untuk tampil saat melawan Norwich, namun sangat mungkin tampil sebagai starter dalam laga di Turki ini.

Dengan pertimbangan Sabtu mendatang harus kembali tampil di Premier League melawan Southampton, Juergen Klopp kemungkinan akan melakukan rotasi di lini belakang dan tengah.

Alex Oxlade-Chamberlain, Naby Keita, Joel Matip, dan James Milner adalah pemain-pemain yang sangat mungkin tampil sejak awal pertandingan dalam partai tengah pekan ini.

Dejan Lovren tak lagi masuk squad Liverpool karena tengah mempertimbangkan kemungkinan pindah ke klub Italia, AS Roma.
Di kubu Chelsea, Frank Lampard kemungkinan akan melakukan rotasi di timnya setelah hancur lebur di laga perdana Premier League melawan Manchester United, hari Minggu.

N'Golo Kante mengalami cedera ringan dalam kekalahan di Old Trafford itu. Kondisinya akan dilihat untuk memastikan bisa atau tidak diturunkan melawan Liverpool.

Melawan Manchester United, gelandang asal Prancis ini baru masuk sebagai pengganti Jorginho pada menit ke-73. Pemain juara Piala Dunia 2018 ini menjalani persiapan yang tidak sempurna selama musim panas tahun ini. Kabar cederanya kali ini tentu menjadi pukulan terbaru bagi Lampard.

Christian Pulisic dimainkan sebagai pemain pengganti di Old Trafford. Pemain yang didatangkan dari Borussia Dortmund tersebut tentunya sangat ingin turun melawan Liverpool.

Lampard memuji performa Mason Mount saat melawan Manchester United. Ini menjadi isyarat bahwa gelandang berusia 20 tahun itu akan tetap diturunkan sejak awal dalam partai di Istanbul ini. Tetapi tak menutup kemungkinan Lampard menampilkan gelandang yang lebih senior Ross Barkley.

Kurt Zouma tampil buruk saat melawan United namun tampaknya akan tetap dimainkan sejak awal pertandingan ini. Fikayo Tomori juga menjadi alternatif lain untuk tampil sebagai bek tengah. Sementara Cesar Azpilicueta bakal tetap menempati posisi spesialisasinya, bek kanan.

Willian juga masuk dalam tim yang terbang ke Ibu Kota Turki setelah absen dalam laga perdana Chelsea musim ini. Dia kemungkinan akan duduk di bangku cadangan karena Pedro atau Pulisic lebih dipilih Lampard untuk menjadi starter.

Liverpool memulai musim baru dengan kemenangan 4-1 atas Norwich City, Jumat lalu. Meski demikian The Reds terlihat masih ringkih di lini belakang. Mereka juga tak bisa menurunkan kiper nomor satu mereka Alisson yang harus absen dua bulan akibat cedera betis.

Frank Lampard memulai kariernya sebagai manajer Chelsea dengan kekalahan telak 0-4 di markas Manchester United. Kini dia kembali harus melewati ujian sangat berat karena harus bertemu tim juara Liga Champions. Ini tentu bukan tugas yang ringan bagi pelatih berusia 41 tahun tersebut.

Satu lagi yang harus diatasi Chelsea, adalah masalah fisik pemain. Mereka hanya punya waktu pemulihan dua hari karena baru tampil di Premier League, Minggu lalu.

Chelsea hanya kalah sekali dalam enam pertemuan terakhir mereka melawan Liverpool. Namun jika Lampard mampu membawa timnya menyabet trofi Piala Super Eropa, Rabu malam, ini akan menjadi kejutan besar.

Satu hal menarik lainnya, partai ini akan dipimpin wasit perempuan Stephanie Frappart. Wanita asal Prancis ini akan menjadi wasit perempuan pertama yang memimpin pertandingan laga penting sepakbola pria di Eropa. 

Frappart memuai kariernya sebagai pelatih sejak 2009. Dia menjadi wasit perempuan pertama yang memimpin pertandingan di kompetisi paling bergengsi di Prancis, Ligue 1. Itu dilakukannya pada 28 April 2019 saat memimpin laga antara SC Amiens melawan RC Strasbourg.

Perkiraan Susunan Pemain
Liverpool (4-3-3):
K: Adrian
B: Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson,
T: Fabinho, Jordan Henderson, Naby Keita
D: Sadio Mane, Roberto Firmino, Mohamed Salah
Pelatih: Juergen Klopp

Chelsea (4-2-3-1):
K: Kepa Arrizabalaga
B: Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Kurt Zouma, Emerson Palmieri
T: Jorginho, Mateo Kovacic,
D: Christian Pulisic, Ross Barkley/Mason Mount, Pedro
D: Olivier Giroud
Pelatih: Frank Lampard

Stadion: Besiktas Park

Wasit:

Lima Pertandingan Terakhir Liverpool
25/07/19 Uji Coba Liverpool 2-2 Sporting Lisbon
28/07/19 Uji Coba Liverpool 0-3 Napoli View events More info
01/08/19 Uji Coba Liverpool 3-1 Lyon
04/08/19 Community Shield Liverpool 1-1* Manchester City
10/08/19 Premier League Liverpool 4-1 Norwich City

Lima Pertandingan Terakhir Chelsea
23/07/19 Uji Coba Barcelona 1-2 Chelsea
28/07/19 Uji Coba Reading 3-4 Chelsea
01/08/19 Uji Coba Salzburg 3-5 Chelsea
03/08/19 UjiCoba Borussia M'gladbach 2-2 Chelsea
11/08/19 Premier League Manchester United 4-0 Chelsea



Sumber: UEFA,Whoscored