Portugal Amankan Tiket ke Piala Eropa 2020

Portugal Amankan Tiket ke Piala Eropa 2020
Selebrasi Cristiano Ronaldo (kiri) usai menjebol gawang Luksemburg di Joshy Barthel Stadium, Senin, 18 November 2019.. ( Foto: JOHN THYS / AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Senin, 18 November 2019 | 05:09 WIB

Luksemburg, Beritasatu.com - Portugal akhirnya mengantongi tiket ke putaran final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan tuan rumah Luksemburg dengan skor 2-0, Senin (18/11/2019) dini hari  WIB. Dua gol yang dicetak masing-masig oleh Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo mengunci Portugal di peringkat kedua Grup B dengan 17 poin. Pesaing terdekatnya yaitu Serbia hanya memiliki poin 14 setelah bermain imbang 2-2 melawan Ukraina.

Menyadari pentingnya kemenangan, Portugal langsung tancap gas sejak menit awal. Ancaman ditebar Ronaldo salah satunya di menit sembilan ketika tendangan kerasnya masih bisa diblok kiper.  Lalu di menit 22 kembali sepakan Ronaldo masih melebar tipis kanan gawang. 

Meski demikian Luksemburg bukan tanpa perlawanan. Mereka nyaris membuka skor ketika sundulan Gerson Rodrigues yang berdiri bebas menyambut umpan tendangan sudutmasih melambung.

Di menit ke-35, sejumlah fans Portugal nampak bergembira saat di Stadion diumumkan Ukraina mampu menyamakan kedudukan melawan Serbia. Memang jika laga ini seri, dan Serbia menang, maka Portugal tidak akan lolos.

Serangan terus digencarkan Portugal. Kebuntuan berakhir di menit 39. Berawal dari umpan matang Bernardo yang langsung disambut Bruno Fernandes  dengan tendangan keras yag bersarang ke gawang tuan rumah.

Luksemburg hampir kebobolan untuk kedua kalinya saat tembakan dari kiper Moris bisa diblok Bernardo di menit ke-44. Beruntung laju bola pantul sangat pelan sehingga bisa dikuasai kembali. Skor 1-0 untuk Portugal bertahan sampai turun minum. 

Tekanan Portugal berlanjut di babak kedua.  Mereka mendapatkan peluang cepat melalui Ronaldo, namun masih gagal menjadi gol karena tembakan jarak dekat pemain Juventus itu masih diblok bek lawan.

Gerson di menit ke-50 coba membalas serangan dari Portugal, tetapi tembakan melengkung yang dia lepaskan masih melambung tipis di atas mistar gawang. Di menit ke-74 Portugal mendapatkan peluang dari tendangan bebas, namun peluang itu gagal dimaksimalkan menjadi gol karena umpan Bernardo yang masih buruk.

Empat menit kemudian, pelanggaran pemain Luksemburg kepada Fernandes juga berbuah tendangan bebas dari sudut yang sangat enak. Akan tetapi sepakan Ronaldo masih melebar tipis di sisi kanan gawang.

Portugal menambah gol di menit ke-85 melalui Ronaldo. Gol berawal dari kegagalan kiper memblok tembakan Bernardo. Bola rebound langsung dihantam Ronaldo masuk ke gawang. Gol yang dibuat pemain Juventus tersebut adalah gol ke-99 dia untuk Portugal. Skor 2-0 untuk Portugal bertahan sampai laga berakhir.

Susunan Pemain
Luksemburg: Moris; Jans, Gerson, Chanot, Carlson; Skenderovic, Barreiro Martins; Deville, V. Thill, Gerson Rodrigues; Turpel.

Portugal: Rui Patrício; Ricardo Pereira, Fonte, Rúben Dias, Guerreiro; Danilo, Bruno Fernandes; Pizzi, Bernardo Silva, Ronaldo; André Silva.



Sumber: Goal