Kualifikasi Piala Eropa 2020

Belanda Libas Estonia, Jerman Hancurkan Irlandia Utara

Belanda Libas Estonia, Jerman Hancurkan Irlandia Utara
Gelandang Belanda Georginio Wijnaldum (kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Estonia, di Johan Cruyff Arena, Rabu, 20 November 2019. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Rabu, 20 November 2019 | 05:34 WIB

Amsterdam, Beritasatu.com - Tuan rumah Belanda berhasil menggilas Estonia dengan skor telak 5-0 pada lanjutan grup C kualifikasi Piala Eropa 2020 di Johan Cruyff Arena, Rabu (20/11/2019) dini hari. Sayangnya kemenangan ini tidak berpengaruh terhadap posisi mereka lantaran di pertandingan lainnya, Jerman juga berhasil mengemas kemenangan dan mengunci status juara grup.

Tidak butuh waktu lama buat Belanda menceploskan gol pertama. Baru enam menit permainan dimulai, Belanda membuka keunggulan melalui gol Giorginio Wijnaldum yang menerukan umpan silang Pomes. 

Dominasi Belanda yang sudah unggul 1-0 terus berlanjut. Tekanan mereka kembali membuahkan hasil di menit 20. Berawal dari sepakan sudut cepat, Depay lambungkan bola di kotak penalti yang disambar Ake untuk membawa Belanda unggul dua angka di menit 20.

Meski terus memberikan tekanan, Belanda sementara harus puas unggul 2-0 di babak pertama.

Pelatih Ronald Koeman kemudian melakukan perubahan di awal-awal babak kedua dengan menurunkan beberapa pemain muda. Meski demikian Belanda masih terlalu tangguh buat lawannya. Gelandang Liverpool, Wijnaldum, bahkan sukses persembahkan hat-trick di pertandingan ini berkat tambahan sepasang golnya memanfaatkan umpan-umpan Stengs di menit 66 dan 78.

Boadu lalu menuntaskan laga usai tembakannya gagal dihentikan Lepmets, tiga menit jelang laga usai. Hingga akhir, skor 5-0 untuk kemenangan Belanda tidak berubah.

Jerman Menang

Di pertandingan Grup C lainnya, Jerman juga sukses menghancurkan Irlandia Utara 5-0 di Stadion Commerzbank-Arena. Serge Gnabry menjadi bintang lapangan dengan hattrick yang dikemasnya. 

Meski demikian gawang Jerman sempat kebobolan terlebih dulu. Berawal dari sapuan Toni Kroos yang tak sempurna, bola liar langsung disambar Smith yang menyasar sudut gawang tanpa mampu ditahan Ter Stegen di menit 6. Tertinggal di waktu yang cepat, Jerman langsung tancap gas.

Serangan digencarkan salah satunya upaya tandukan Brandt masih membentur tiang gawang. Namun tekanan teratur yang dilakukan akhirnya tak mampu lagi dibendung barisan pertahanan Irlandia Utara. Jerman akhirnya mampu menyamakan skor di menit 20 melalui gol Gnarby lewat kerja sama apiknya dengan Hector Bellerin. 

Setelah itu gantian Jerman berbalik unggul. Goretzka akhirnya membawa Der Panzer unggul. Memanfaatkan umpan Hector yang maju jauh ke depan, kali ini sontekan Goretzka bersarang ke gawang lawan jelang jeda babak pertama.

Jerman langsung tancap gas di babak kedua dan hanya butuh waktu dua menit bagi Gnarby untuk pertajam skor lewat sepakan kerasnya di kotak penalti. Tak berhenti di situ, Gnarby kembali ciptakan gol di menit 60 untuk melengkapi performanya malam ini dengan sebuah hat-trick.

Tak ingin tertinggal dengan Gnabry, Goretzka ciptakan gol keduanya malam ini di menit 73. Hingga akhirnya Brandt menutup penampilan mengesankan dengan gol di masa tambahan waktu.



Sumber: Goal