UEFA Hukum Manchester City Tak Boleh Ikut Kompetisi Eropa 2 Musim

UEFA Hukum Manchester City Tak Boleh Ikut Kompetisi Eropa 2 Musim
Manchester City. ( Foto: Premier League )
Jaja Suteja / JAS Sabtu, 15 Februari 2020 | 06:10 WIB

Manchester, Beritasatu.com - UEFA menghukum Manchester City tak boleh tampil di kejuaraan level Eropa selama dua musim karena dianggap melakukan pelanggaran serius soal Financial Fair Play (FFP). Keputusan itu dikeluarkan badan sepakbola Eropa tersebut, Jumat (14/2/2020) atau Sabtu dini hari WIB.

Manchester City juga diharuskan membayar denda 30 juta euro atau setara Rp 444 miliar. Keputusan ini adalah hasil sidang yang dilakukan Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Manchester City sendiri menyatakan keputusan itu mengecewakan namun tak mengejutkan dari sidang praperadilan ini dan dipastikan bakal mengajukan banding. 

Lembaga independen Kamar Pengadilan dari Badan Pengawas Keuangan Klub (CFCB) menyatakan Manchester City telah telah melanggar peraturan dengan menggelembungkan penghasilan mereka dari sponsor dalam laporan ke UEFA antara 2012-2016 . Lembaga itu juga mengungkapkan bahwa Manchester City tak mau bekerja sama dalam penyelidikan kasus ini.

Manchester City juga terancam hukuman lainnya yakni pengurangan mereka di klasemen Premier League akibat kasus ini karena peraturan sepakbola Inggris juga serupa dengan UEFA. Namun hukuman ini tak berlaku bagi tim perempuan Manchester City.

Dalam pernyataannya merespons hukuman ini pihak Manchester City menyatakan, "Klub selalu mengantisipasi apa yang harus dilakukan demi mendukung penyelidikan."

            

     



Sumber: BBC