Diundur, Piala Eropa Digelar 2021

Diundur, Piala Eropa Digelar 2021
Trofi Piala Eropa. (Foto: ist)
Jaja Suteja / JAS Selasa, 17 Maret 2020 | 22:04 WIB

Jenewa, Beritasatu.com - Badan Sepakbola Eropa (UEFA) memutuskan untuk menunda Piala Eropa 2020 (Euro 2020) hingga setahun ke depan karena adanya pandemi virus corona atau Covid-19.

Rencananya UEFA akan menggelar putaran final Piala Eropa 11 Juni - 11 Juli 2021. Pengumuman resmi UEFA juga mengumumkan bahwa laga play-off memperebutkan tiket tersisa ke Piala Eropa yang semula akan digelar bulan ini diundur dan baru akan digelar pada Juni mendatang saat jeda kompetisi untuk pertandingan internasional.

Keputusan ini diambil Komite Eksekutif UEFA setelah dilaksanakannya pertemuan melalui konferensi video yyang digelar hari ini. Pertemuan dilakukan Presiden UEFA, Sekjen UEFA, serta 55 asosiasi sepakbola di Eropa. Selain itu pertemuan in i juga melibatkan Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa, serta FIFPro Eropa. Pertemuan dipimpin Presiden UEFA, Aleksander ńĆeferin, dan dilakukan untuk membahas situasi sepakbola Eropa menghadapi pandemi global virus corona.

"Kita merupakan pucuk pimpinan dari sebuah olahraga yang dihidupi dan dihirup sejumlah besar orang oleh lawan yang tak terlihat dan bergerak cepat ini. Pada saat-saat seperti inilah komunitas sepakbola perlu menunjukkan tanggung jawab, persatuan, solidaritas dan altruisme," kata Ceferin.

"Kesehatan para penggemar, staf, dan pemain harus menjadi prioritas nomor satu kami dan, dengan semangat itu, UEFA mengajukan serangkaian opsi sehingga kompetisi dapat berakhir musim ini dengan aman dan saya bangga dengan respons rekan-rekan saya di seluruh sepakbola Eropa. Ada semangat kerja sama yang nyata, dengan semua orang mengakui bahwa mereka harus mengorbankan sesuatu untuk mencapai hasil terbaik," tambah Ceferin.

"Adalah penting bahwa, sebagai badan pengatur sepak bola Eropa, UEFA memimpin proses dan membuat pengorbanan terbesar. Memindahkan Piala Eropa 2020 harus dibayar mahal untuk UEFA tetapi kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa pendanaan vital untuk akar rumput, perempuan sepak bola dan pengembangan permainan di 55 negara kami tidak terpengaruh. Tujuan atas kwpwntingan terbaik telah menjadi prinsip panduan kami dalam mengambil keputusan ini demi kebaikan sepakbola Eropa secara keseluruhan," paparnya.

Piala Eropa 2020 dijadwalkan digelar di 12 kota di beberapa negara Eropa pada 12 Juni - 12 Juli 2020. UEFA berencana memundurkannya tahun depan pada 11 Juni - 11 Juli 2021. 



Sumber: UEFA