Arjen Robben Akan Kembali Merumput Bersama Groningen

Arjen Robben Akan Kembali Merumput Bersama Groningen
Pemain sayap Bayern Muenchen, Arjen Robben. (Foto: AFP)
Alexander Madji / AMA Senin, 29 Juni 2020 | 15:25 WIB

Groningen, Beritasatu.com - Mantan bintang Bayern Muenchen, Arjen Robben, mencabut keputusannya akhir musim lalu untuk gantung sepatu. Ia akan kembali merumput secara profesional bersama klub Eredivisie Belanda, Groningen. Bahkan dengan kembali bermain, ia membuka pintu bila ada panggilan untuk kembali ke Timnas Belanda.

Robben kembali bermain sepakbola profesional mulai musim baru 2020-2021, setelah menandatangani kontrak berdurasi satu tahun dengan FC Groningen. Ini adalah klub masa kecilnya. Ia memulai karier sepakbolanya di klub itu pada tahun 2000.

Dari sana, bintangnya terus bersinar cemerlang. Ia pernah membela tim-tim elite Eropa seperti PSV Eindhoven di Belanda, Chelsea di Inggris, dan Real Madrid di Spanyol, sebelum akhirnya tinggal lebih lama di Bayern Muenchen, Jerman.

Robben meraih kesuksesan besar saat tinggal selama 10 tahun di Bayern Muenchen, sejak 2009-2019. Di sana ia menjuarai delapan gelar Bundesliga dan mencetak gol kemenangan Muenchen pada final Liga Champions melawan Borussia Dortmund pada 2013.

Di Timnas Belanda, Robben yang musim panas 2019 mengunjungi Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT itu, bermain di tiga Piala Dunia dan tiga Piala Eropa.

"Mari kita bicara dari langkah paling pertama. Tahap awal adalah latihan grup, lalu satu pertandingan, kemudian bermain pada beberapa pertandingan secara berturut-turut. Namun, saya tidak ingin mendahului apa pun. Piala Eropa tidak masuk dalam agendanya," kata Robben dalam jumpa pers Minggu (28/6/2020) sebagaimana dikutip dari ESPN.

Robben mengaku, ia memutuskan kembali ke lapangan hijau pada Mei 2020 lalu. Sejak itu, ia mulai menggenjot latihan kebugaran fisiknya. "Saya tegaskan, saya belum kembali. Ini baru upaya untuk kembali. Saya sudah berlatih selama lima atau enam minggu. Hasilnya, kondisi saya dari hari ke hari makin fit untuk bermain lagi. Dan, saya harus berada dalam kondisi bugar sebelum kembali bermain," kata pria 36 tahun itu.

Terkait pilihannya menerima pinangan Groningen, Robben mengaku bahwa ia sangat mencintai klub tersebut. "Kami pulang kampung. Saya hanya bermain selama dua musim di sini. Namun saya memulainya dari sini, bertumbuh di sini. Ini adalah rumah saya," pungkasnya.



Sumber: Suara Pembaruan