Pelebaran Trotoar, Pemprov DKI Belum Kantongi Rencana Induk

Ahmad Salman / YTB Rabu, 27 November 2019 | 20:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat Tata Kota Nirwono Yoga mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membenahi sejumlah ruas trotoar di beberapa wilayah di Ibu Kota.

Namun ada beberapa catatan yang sedianya menjadi perhatian Pemprov DKI terkait hal ini. Nirwono mengatakan melalui sambungan telepon, Rabu (27/11/2019), Pemprov DKI belum memiliki rencana induk pembangunan trotoar yang terpadu.

Pertama, sedianya pembangunan trotoar diutamakan yang dekat dengan simpul-simpul transportasi massal. “Dekat stasiun, terminal maupun halte. Ini yang harusnya diutamakan,” jelas Nirwono.

Kedua, tambah Nirwono, sedianya ada skala prioritas mana yang perlu segera dibangun dan tidak. “Sehingga tak semua jalan harus disediakan trotoar yang lebar,” kata Nirwono.

Nirwono khawatir, bila pembangunan trotoar besar dan lebar tersebut, justru hanya sedikit dilintasi para pejalan kaki. Karena hanya akan merugikan pengguna jalan lainnya.

“Karena bagaimanapun juga kita harus membangun semangat berbagi jalan yang adil. Ini sesuai dengan amanah Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009,” tandas Nirwono.



Sumber: BeritaSatu TV