Pemerintah dan OJK Berencana Bentuk LPP Asuransi

Ahmad Salman / YTB Senin, 13 Januari 2020 | 22:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkoordinasi untuk pembuatan Lembaga Penjamin Polis Asuransi. LPP Asuransi ini mengantisipasi kasus gagal bayar yang terjadi di PT Asuransi Jiwasraya Persero.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menegaskan hingga saat ini pemerintah masih menyiapkan strategi yang akan ditempuh untuk menyehatkan perusahaan asuransi pelat merah tersebut. Solusi penyehatan harus dilakukan secara mendalam dan melibatkan banyak pihak.

Suahasil menambahkan pekerjaan rumah lain yang harus dilakukan dalam pengawasan perusahaan asuransi adalah membuat lembaga penjaminan polis. Pendirian lembaga penjaminan polis ini diamanatkan, dibentuk, dengan undang-undang.

Lebih lanjut Suahasil mengatakan dalam hal pengawasan, ada lembaga pengawas internal, kemudian dilakukan proses audit atas laporan keuangan.

Selain itu pemerintah sebagai pemilik dari beberapa lembaga keuangan dan juga perusahaan BUMN, harus sama-sama melakukan pengawasan di sektor keuangan.



Sumber: BeritaSatu TV