Profil Kapal Selam Alugoro Buatan Indonesia

Ahmad Salman / YTB Senin, 27 Januari 2020 | 21:17 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Indonesia ternyata mampu memperkuat pertahanan maritim dengan produksi alutsista dalam negeri melalui kapal selam. Indonesia kini negara satu-satunya di Asean yang mampu mengembangkan dan membangun teknologi kapal selam.

Kapal selam yang dibuat PT PAL selesai dibuat pada 11 April 2019 di galangan kapal milik PT PAL, Surabaya, Jawa Timur. Setidaknya membutuhkan waktu selama empat bulan dalam proses produksi kapal ini, di mana waktu dimulainya pembuatan kapal pada 6 April 2015.

Produk kapal selam ini merupakan buah kerja sama PT PAL dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering co., Ltd (DSME) Korea Selatan. Ada 206 teknisi atau engineer dari Indonesia dilibatkan dalam pembuatan kapal ini.

Dari kerja sama ini selain berhasil membuat kapal selam, ada juga transfer ilmu. Pada Selasa 21 Januari lalu, kapal selam Alugoro-405 buatan PT PAL Indonesia (Perero) berhasil menjalani tahapan nominal diving depth (NDD) di perairan utara Pulau Bali.

Dinamakan kapal selam Alugoro-405, diambil dari kisah pewayangan. Alugoro adalah senjata berbentuk gada dengan ujung yang runcing dan dimiliki tokoh Prabu Baladewa.



Sumber: BeritaSatu TV