Polisi Kawal Kampung Siaga di Tengah Pandemi

Polisi Kawal Kampung Siaga di Tengah Pandemi

Sabtu, 6 Juni 2020 | 05:00 WIB
Oleh : Teguh L Rahmadi / WBP

Surabaya, Beritasatu.com - Untuk menguatkan Negara Kesatan Reublik Indonesia (NKRI) di masa pandemi Covid-19, Polda Jawa Tengah, sukses mengawal Kampung Siaga (kasi) di beberapa wilayah.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi, dalam seminar nasional online yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Ika-Uinsa), Jumat (5/6/2020) menjelaskan, Kampung Siaga ini merupakan kampung bentukan kolaborasi pemerintah bersama warga dengan pengawalan kepolisian. Kasi menerapkan protokol Covid 19.

"Warga dengan kesadarannya menggunakan masker, membiasakan cuci tangan menggunakan sabun dan menjaga hubungan di masyarakat supaya tetap kondusif," kata Luthfi-panggilan akrab Ahmad Luthfi, melalui keterangan tertulisnya.

Polda Jawa Tengah, menurut Kapolda, mengerahkan 10.300 personel dari total 33.000 personel. Dari sisi keamanan katanya, Polda Jawa Tengah juga terus memantau setiap perkembangan situasi dan kebijakan pemerintah.

Sementara soal pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Sosial Tunai (BST) telah ditemukan beberapa kejadian, namun tetap bisa dikendalikan.

"BLT itu maksudnya untuk menggerakkan roda perekonomian, supaya ada perputaran transaksi selama tiga bulan. Kesalahannya, justru dipakai membeli baju Lebaran oleh penerimanya," tandas Kapolda.

Bukan hanya itu, juga ditemukan data bahwa ada pelanggaran di lapangan. "Ada mark up dan ada pak lurah yang mendata keluarganya supaya dapat BLT," tambah Luthfi yang juga alumni Fakultas Dakwah Uinsa Surabaya.

Sebelum mengakhiri materinya, Kapolda menyampaikan bahwa banyak orang salah paham tentang banyaknya narapidana yang dipulangkan. "Pembebasan narapidana asimilasi itu keputusan Kemkumham, bukan kepolisian, dengan pertimbangan pandemi Covid-19. Alhamdulillah di Jawa Tengah tetap aman dan tidak ada kejadian menonjol. Kita terus pantau melalui Babinsa" kata Luthfi.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

ICW Serahkan Informasi Terkait Sidang Penyiraman Air Keras

ICW menyerahkan Amicus Curiae atau memberikan informasi terkait persidangan teror penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK

NASIONAL | 5 Juni 2020

Eks Dirut PT Dirgantara Indonesia Akui Jadi Tersangka KPK

Mantan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Budi Santoso mengakui telah ditetapkan KPK sebagai tersangka dugaan korupsi

NASIONAL | 5 Juni 2020

Romo Benny: Pancasila Modal Bangsa Hadapi Pandemi Covid-19

Nilai kemanusiaan dan semangat gotong royong, harus terus dipupuk dan digalakkan.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Korupsi Proyek IPDN, Eks Petinggi PT Hutama Karya Mulai Jalani Hukuman 5 Tahun Penjara

Jaksa Eksekutor KPK mengeksekusi mantan Senior Manager Pemasaran PT Hutama Karya Bambang Mustaqim ke Rutan Klas I Cipinang

NASIONAL | 5 Juni 2020

KPK Periksa Eks Dirut PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Direktur Utama (Dirut) PT Dirgantara Indonesia (DI), Budi Santoso, Jumat (5/6/2020)

NASIONAL | 5 Juni 2020

Coretan di Webinar Wapres, Polri Koordinasi dengan UIN Maliki

Coretan-coretan tidak beraturan berwarna merah dan biru secara bergantian muncul saat rekaman sambutan video Wakil Presiden Ma'ruf Amin ditayangkan.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Peduli Covid-19, Perempuan Golkar Akan Bagi 1.000 Sembako dan 1.500 Makanan Tiap Jumat

Program Jumat Berbagi untuk Sesama akan rutin digelar Gerakan Perempuan Golkar Peduli dalam setiap minggunya.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Kempora Segera Terbitkan Protokol Keolahragaan untuk New Normal

Penerbitan protokol new normal bagi para atlet ditunjukkan agar para atlet bisa kembali berlatih atau melanjutkan kompetisi olahraga.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Seluruh Santri yang Masuk ke Jateng Wajib Karantina

Semua santri yang masuk Jateng wajib dikarantina.

NASIONAL | 5 Juni 2020

50 Pasien Positif Covid-19 di Kota Bogor Sembuh

Jumlah pasien positif Covid-19 sembuh menjadi 50 orang di Bogor.

NASIONAL | 5 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS