Ini Refleksi Megawati dan PDIP di Hari Lahir Pancasila

Ini Refleksi Megawati dan PDIP di Hari Lahir Pancasila

Senin, 1 Juni 2020 | 08:48 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, bersama seluruh keluarga besar partai, mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila yang dirayakan setiap tanggal 1 Juni.

Megawati mengatakan bahwa perayaan 1 Juni untuk mengingat kembali momen ketika Sukarno mengucapkan pidato di hadapan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Awalnya, guna menjawab pertanyaan Radjiman Wedyodiningrat tentang filsafat, pandangan hidup, dan jiwa bangsa Indonesia merdeka. "Jawabannya adalah Pancasila," kata Megawati, seperti disampaikan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, dalam keterangannya, Senin (1/6/2020).

Optimisme PDIP pada jalan Pancasila tersebut ditegaskan oleh Megawati. Presiden RI kelima itu merasa bangga di tengah kesulitan hidup akibat pandemi Covid-19, Indonesia diakui dunia sebagai nomor satu dalam kerja gotong royong. "Ini modal kita untuk percaya diri dan hadir sebagai bangsa yang berdaulat, berdikari dan bangga dengan kebudayaan kita sendiri,” ungkap Megawati Soekarnoputri.

Sementara Hasto mengajak masyarakat merayakan 1 Juni dengan mengingat peristiwa 60 tahun lalu di markas PBB di New York. Saat itu, Pancasila pernah ditawarkan untuk menjadi ideologi bangsa-bangsa lain di dunia oleh Proklamator RI Soekarno.

"Pernah ditawarkan sebagai ideologi dunia oleh Bung Karno dalam Pidato di PBB pada tanggal 30 September 1960. Pidatonya berjudul To Build The World A New. Pembumian Pancasila untuk dunia adalah perjuangan menciptakan perdamaian dunia, dimana kemerdekaan adalah hak segala bangsa," ungkap Hasto.

Pancasila sebagai ideologi dunia memang berbeda dan bahkan bertentangan dengan ideologi lainnya. Hasto menyatakan Pancasila berbeda dengan kapitalisme-liberalisme atau marxisme-leninisme yang menjadi dasar komunisme.

Bagi Soekarno dan para pendiri bangsa, baik kapitalisme-liberalisme, maupun marxisme-leninisme, sama-sama mengandung benih-benih imperialisme kolonialisme. Sementara Pancasila bercita-cita membangun persaudaraan dunia.

Hasto mengatakan, Bung Karno dan Indonesia membuktikan itu dengan penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955. Konferensi itu mampu memberi inspirasi bagi kemerdekaan di lebih dari 28 negara.

Saat ini, kata dia, bukan hanya kapitalisme-liberalisme, marxisme-leninisme yang coba dimunculkan sebagai ideologi, tapi berbagai bentuk radikalisme. "Itu tidak sesuai dengan Pancasila. Sebab Indonesia adalah negara kebangsaan yang berdiri kokoh di atas semua paham individu atau golongan. Radikalisme didasarkan ideologi yang tidak sesuai dengan sila ketuhanan dan antikemanusiaan," kata Hasto.

PDIP menyadari sepenuhnya bahwa ada saja pihak yang mempertanyakan Pancasila dengan tantangan kekinian. Namun partai itu percaya, bahwa dengan caranya sendiri, para pemuda Indonesia memahami api Pancasila yang membawa semangat pembebasan.

Bagi PDIP dalam tantangan kekinian, membumikan Pancasila difokuskan pada upaya mewujudkan keadilan sosial. "Keadilan yang harus diperjuangkan secara progresif, dan penuh dengan nilai kemanusiaan yang menolak segala bentuk penindasan," kata Hasto.

Lalu bagaimana PDIP akan merayakan Hari Lahir Pancasila tahun ini? Hasto menjelaskan bahwa sejak ditetapkan sebagai hari nasional pada 2010, PDIP merayakan Juni sebagai Bulan Bung Karno. Selain hari lahir Pancasila pada 1 Juni, Soekarno sendiri lahir pada 6 Juni 1901, dan wafat pada 21 Juni 1970.

Dalam merayakan rangkaian kejadian itu, PDIP menggelar berbagai kegiatan demi melanjutkan ide, gagasan, pemikiran, cita-cita, dan perjuangan Bung Karno. "Untuk 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, maka dilakukan secara daring, melalui teleconference, webinar, dan utilisasi seluruh sosial media," pungkas Hasto, pria kelahiran Yogyakarta.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Anggota DPR Apresiasi Polisi Tangkap Penyebar Ujaran Kebencian tentang Dirinya

Mulyadi mengapresiasi kinerja Tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sumbar yang telah menelusuri keberadaan akun palsu penyebar kebencian.

POLITIK | 30 Mei 2020

Krakatau Steel Membukukan Keuntungan, Inefisiensi Dinilai Masalah Terbesar BUMN

Anggota Komisi VI DPR, Deddy Yevri Sitorus, mengapresiasi PT Krakatau Steel yang berhasil membukukan laba sesuai laporan keuangan yang diaudit auditor PWC

POLITIK | 29 Mei 2020

PKB: Siapkan Green Map Jelang New Normal

Pemerintah telah menyiapkan skema new normal bagi kehidupan masyaraka

POLITIK | 29 Mei 2020

Gelar Pilkada saat Pandemi, KPU Berharap Tidak Ada Hambatan

KPU berharap kesediaan perlengkapan kesehatan mutlak diperlukan karena Pilkada digelar pada saat pandemi.

POLITIK | 29 Mei 2020

Pilkada di Tengah Pandemi, Bawaslu Akan Jalankan Protokol Ketat

Ketua Bawaslu Abhan mengemukakan pihaknya akan menjalankan protokol kesehatan yang ketat dalam menjalankan setiap tahapan Pilkada serentak 2020.

POLITIK | 29 Mei 2020

Ini Catatan Perludem Supaya Pilkada Sukses

Pilkada serentak 2020 akan dilakukan pada tanggal 9 Desember 2020.

POLITIK | 29 Mei 2020

Mendagri: Pilkada Harus Digelar 9 Desember 2020

Menurut Mendagri, Pilkada harus digelar karena wabah Covid 19 tidak ada yang tahu kapan berakhirnya.

POLITIK | 29 Mei 2020

Ahmad Basarah Ingatkan Pancasila Jalan Hidup Bangsa Indonesia

Sejak negara Indonesia didirikan pada 1945, Pancasila telah ditetapkan sebagai dasar negara.

POLITIK | 29 Mei 2020

Jokowi Minta Skala Prioritas Proyek Strategis Nasional Dikaji Kembali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ada sebanyak 245 proyek strategis nasional (PSN) baru yang telah diusulkan beberapa kementerian.

POLITIK | 29 Mei 2020

Ketua DPD Minta Pemerintah Kaji Ulang Pilkada 9 Desember

La Nyalla mengusulkan kepada pemerintah agar melakukan kaji ulang pelaksanaan Pilkada serentak.

POLITIK | 28 Mei 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS