PKPU KSP Indosurya Sedang Berjalan, Pihak Terkait Diminta Menahan Diri

PKPU KSP Indosurya Sedang Berjalan, Pihak Terkait Diminta Menahan Diri

Senin, 8 Juni 2020 | 20:22 WIB
Oleh : Fana F Suparman / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Upaya penyelesaian kewajiban atas permasalahan gagal bayar yang dialami Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta melalui jalur Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) terus berjalan di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Untuk itu, para pihak terkait diminta untuk menahan diri dan mengikuti proses perdamaian yang tengah berjalan saat ini.

Demikian disampaikan praktisi hukum, Juniver Girsang dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (8/6/2020).

"Saat ini proses PKPU KSP Indosurya sedang berjalan di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dan tengah memasuki proses verifikasi piutang. Agar semua ini berjalan baik maka saya mengimbau semua pihak bisa menahan diri untuk tidak memberikan opini-opini negatif yang bisa mencederai proses PKPU ini," Kata Juniver.

Dikatakan, PKPU yang didaftarkan oleh para nasabah atau anggota dan calon anggota koperasi simpan pinjam Indosurya Cipta ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan melalui proses perdamaian. Melalui proses ini diharapkan dana anggota dan calon anggota atau nasabah dapat kembali.

"Tujuan PKPU itu berdamai yang kemudian disahkan atau di homologasi oleh Pengadilan, sehingga terhindar dari yang namanya pailit. Sehingga uang nasabah atau anggota koperasi tersebut bisa recover atau kembali, baik waktunya cepat atau lambat," jelasnya.

Juniver, yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (DPN Peradi SAI), meyakini, proses perdamaian melalui PKPU merupakan opsi terbaik untuk mencari jalan tengah menyelamatkan dana anggota koperasi Indosurya dalam menyelesaikan masalah gagal bayar yang terjadi saat ini.

Menurutnya, opsi PKPU lebih baik ketimbang melalui proses kepailitan yang justru akan merugikan para anggota dan calon anggota koperasi itu sendiri.

"Karena itu saya menyesalkan adanya pihak-pihak yang menginginkan proses ini berujung pailit. Sebab bukan hanya merugikan debitor, tetapi juga kreditor dalam hal ini anggota koperasi yang dananya bisa tidak kembali dan jauh dari tujuan PKPU ini," ungkap Juniver.

PKPU KSP Indosurya Cipta ditetapkan Pengadilan Negeri Niaga Jakarta Pusat dengan surat putusan Nomor: 66/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN Niaga Jakarta Pusat. Saat ini, proses PKPU tersebut telah memasuki tahap verifikasi piutang.

Proses PKPU ini dibagi dalam enam tahap mulai dari rapat kreditur pertama, batas akhir pengajuan tagihan, rapat pencocokan piutang, rapat pembahasan rencana perdamaian, rapat pemungutan suara (voting) rencana perdamaian, hingga sidang permusyawaratan majelis hakim.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Soekarno Pernah Tawarkan Pancasila Sebagai Ideologi Alternatif kepada Dunia

Peneliti LIPI Asvi Warman Adam mengungkap Presiden Soekarno pernah menawarkan Pancasila sebagai ideologi alternatif kepada dunia

NASIONAL | 8 Juni 2020

Politisi PKB Sebut Pandemi Covid19 Sebagai Wahana Pembelajaran

Menurut Marwan Jafar, kondisi ini harus diterima sebagai kenyataan yang harus dihadapi sebagai bangsa untuk melakukan evaluasi berbagai bidang.

NASIONAL | 8 Juni 2020

136 Kabupaten/Kota Zona Kuning Diminta Siapkan Aktivitas Masyarakat Produktif

136 kabupaten/kota yang memiliki tingkat risiko rendah Covid-19 (zona kuning) untuk mempersiapkan pelaksanaan aktivitas masyarakat produktif dan aman Covid-19.

NASIONAL | 8 Juni 2020

Mendagri Minta Dana Pilkada Cair Sebelum 15 Juni

Dari 270 daerah yang melakukan Pilkada, 129 daerah sudah melaporkan, tinggal 141 belum melaporkan.

NASIONAL | 8 Juni 2020

Bos CMI Teknologi Didakwa Korupsi Proyek di Bakamla yang Rugikan Negara Rp 63,8 Miliar

KPK mendakwa Direktur Utama PT CMI Teknologi, Rahardjo Pratjihno, telah melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek pengadaan BCSS di Bakamla.

NASIONAL | 8 Juni 2020

Positif Covid-19 di DIY Tambah 3, Salah Satunya Nakes RSA UGM

Belum diketahui apakah tenaga kesehatan RSA UGM yang terinfeksi itu menangani pasien Covid-19.

NASIONAL | 8 Juni 2020

Juru Bicara Presiden Tegaskan Pemerintah Tak Kurangi Kebijakan PSBB

Pemerintah pada saat ini belum mengurangi pelaksanaan PSBB, tetapi tengah mengarahkan kepada persiapan normal baru.

NASIONAL | 8 Juni 2020

Kakorlantas Resmi Tutup Operasi Ketupat 2020

Pengamanan Operasi Ketupat 2020 sangat menyita energi para polisi yang bertugas di lapangan, khususnya mereka yang bertugas di titik cek poin.

NASIONAL | 8 Juni 2020

Taati Protokol Kesehatan, Kakorlantas: Tidak Ada Anggotanya yang Tertular Covid-19

Selama bertugas para Polantas selalu mengedepankan protokol kesehatan dan menjaga pola hidup sehat.

NASIONAL | 8 Juni 2020

Dompet Dhuafa Gulirkan Program Tebar Hewan Kurban Berbasis Digital

Dompet Dhuafa (DD) pada usianya yang ke-27 kembali menggulirkan Program Tebar Hewan Kurban (THK) meskipun ditengah situasi yang kurang memungkinkan, lantaran pandemi Covid-19 belum berakhir

NASIONAL | 8 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS