MICE Jadi Senjata Baru Tarik Wisatawan Mancanegara

MICE Jadi Senjata Baru Tarik Wisatawan Mancanegara
Alcor Prime bekerjasama dengan Raja MICE akan menggelar IIME 2019. ( Foto: Istimewa )
Chairul Fikri / FER Jumat, 11 Januari 2019 | 18:41 WIB

Jakarta - Kontribusi event Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) ternyata berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) dan pergerakan wisatawan domestik.

Kontribusi MICE dinilai memberikan dampak terhadap pendapatan devisa dan diproyeksikan mencapai US$ 2,5 miliar di tahun 2019. MICE juga menjadi senjata ampuh bagi pergerakan wisatawan domestik untuk mengunjungi berbagai destinasi yang ada di Indonesia.

Direktur Alcor Prime, Jim Tehusijarana, mengatakan, pihaknya akan menggelar Indonesia International MICE Expo (IIME) 2019 sebagai upaya mendukung Kementerian Pariwisata (Kempar) dalam menarik kunjungan wisman.

"Ajang IIME 2019 bertujuan mendukung upaya Kempar dalam meningkatkan potensi MICE di Indonesia. Pemerintah sendiri telah menetapkan target 2 juta wisatawan MICE yang akan berkunjung ke Indonesia pada tahun ini," kata Jim Tehusijarana, dalam siaran persnya, JUmat (11/1).

Jim menambahkan, destinasi MICE lebih bersifat bisnis mempunyai karakteristik sangat berbeda dibandingkan dengan leisure. Sehingga, untuk pengembangan destinasi MICE pemerintah fokus di tujuh kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Lombok.

"Untuk saat ini, MICE yang spektakuler di Indonesia itu memamg belum ada. Oleh sebab itu, perlu ada kerja sama yang sangat baik dan dukungan dari seluruh stakeholder," tambahnya.

Pihak panitia sendiri membidik target transaksi selama event IIME 2019 ini bisa mencapai Rp 50 miliar. Selain mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata, acara ini juga akan didukung juga oleh Persatuan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI), Indonesia Hotel General Manager Assosiation (IHGMA), Asosiasi Perusahaan Pemeran Indonesia (ASPERAPI) dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI).



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE