Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Anda Membeli Tiket Pesawat

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Anda Membeli Tiket Pesawat
ilustrasi pesawat landing
/ RIX Jumat, 30 Agustus 2019 | 07:11 WIB

Baik untuk keperluan profesional maupun liburan, suatu perjalanan mungkin mengaharuskan Anda untuk mengendarai pesawat. Anda pun mulai mencari tiket pesawat yang dibutuhkan dan melakukan booking secara online. Namun, sebelum benar-benar menekan tombol bayar, pastikan bahwa tiket pesawat tersebut memang sudah memenuhi kebutuhan perjalanan Anda. Berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan saat membeli tiket pesawat.


Maskapai penerbangan yang akan dipilih
Di Indonesia, ada sejumlah maskapai penerbangan yang menyediakan layanan perjalanan ke berbagai rute, baik domestik maupun internasional. Secara umum, maskapai penerbangan ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu full-service dan Low Cost Carrier (LCC). Maskapai penerbangan full-service umumnya menawarkan harga tiket dengan konsep full-round fare. Artinya, harga tiket mereka memiliki nominal yang cenderung sama atau tidak banyak berubah sepanjang tahun.
Hal tersebut tentu berbeda dari LCC yang menawarkan harga tiket cenderung lebih murah jika Anda memesannya jauh-jauh hari. Apabila Anda memesannya hanya beberapa haris ebelum keberangkatan, harga tiket pesawat LCC bisa melonjak drastis. Bahkan pada saat-saat tertentu, harganya bisa melampaui tiket pesawat full-service.

Tanggal keberangkatan
Kapan Anda berencana untuk melakukan perjalanan udara? Jika sudah menentukan tanggal keberangkatan yang pasti, sebaiknya segera lakukan pemesanan tiket pesawat, terutama jika Anda mengendari pesawat LCC. Semakin cepat Anda memesan tiket pesawat, maka Anda berpeluang untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Namun, apabila Anda belum menemukan tiket pesawat dengan harga sesuai bujet, sebaiknya gunakan fitur Price Alert pada aplikasi Traveloka.
Melalui fitur ini, Anda bisa memasukkan pengaturan batasan bujet yang dikehendaki untuk tiket pesawat, tanggal keberangkatan, dan destinasi. Nantinya ketika muncul tiket pesawat yang sesuai kriteria tersebut, Traveloka akan mengirimkan notifikasi. Dengan begini, Anda pun tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tiket pesawat yang terjangkau dan sesuai bujet. Segera klik tautan berikut ini untuk merasakan sendiri kemudahan dan kenyamanan pemesanan tiket pesawat yang diberikan oleh fitur Price Alert Traveloka!

Ketentuan bagasi
Saat bepergian, kemungkinan besar Anda pasti membawa barang dalam jumlah cukup banyak, terutama jika Anda akan menginap selama beberapa hari. Apabila barang bawaan tersebut melebihi bobot maksimal yang ditetapkan maskapai penerbangan, Anda diharuskan untuk menyerahkan barang bawaan untuk dimasukkan ke bagasi pesawat. Masalahnya, tidak semua maskapai penerbangan menawarkan bagasi secara gratis, terutama untuk LCC.
Biasanya, batas minimal bobot bagasi per penumpang adalah sekitar 15 kg. Lebih dari itu, Anda akan dikenakan biaya tambahan. Di samping bagasi, setiap penumpang juga diperbolehkan untuk membawa tas atau barang bawaan maksimal 7 kg ke dalam kabin pesawat. Oleh sebab itu, pastikan benar-benar ketentuan bagasi pada maskapai penerbangan yang akan dipilih untuk menghindari adanya biaya tambahan.

Penerbangan langsung atau transit
Ketelitian menjadi kunci penting dalam memilih dan membeli tiket pesawat. Selain memastikan tiket pesawat yang dibeli sudah memiliki destinasi dan tanggal keberangkatan yang benar, cek juga apakah penerbangan tersebut merupakan penerbangan langsung atau transit.
Jika memang waktu Anda terbatas, penerbangan langsung tentu akan lebih menguntungkan. Selain itu, penerbangan langsung juga memungkinkan Anda untuk menghemat waktu perjalanan dan energi.


Akses transportasi di bandara destinasi
Sesampainya di kota atau negara destinasi, jangan lupa memikirkan transportasi apa yang akan Anda gunakan untuk mencapai hotel atau tempat tertentu. Hal ini penting untuk dipikirkan agar Anda tidak bingung setibanya di bandara destinasi nanti. Di samping itu, Anda juga bisa memperkirakan bujet yang harus dipersiapkan.
Pasalnya, ada beberapa kota yang memiliki lebih dari satu bandara. Di Jakarta, misalnya, tersedia Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma. Jika memang sudah memilih salah satu bandara, cari tahu akses transportasi keluar bandara untuk memudahkan mobilitas Anda.

Walaupun terkesan sangat mudah, membeli tiket pesawat tetap membutuhkan beberapa pertimbangan khusus agar dapat memenuhi kebutuhan perjalanan Anda secara optimal. Mulai sekarang, kelima hal di atas bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli tiket pesawat.



Sumber: BeritaSatu.com