Tetap Bisa Liburan di Tengah Maraknya Tiket Pesawat Mahal, Bagaimana Caranya?

Tetap Bisa Liburan di Tengah Maraknya Tiket Pesawat Mahal, Bagaimana Caranya?
ilustrasi liburan
/ RIX Sabtu, 31 Agustus 2019 | 07:08 WIB

Naiknya harga tiket pesawat bagi sebagian orang menjadi masalah tersendiri. Terutama bagi yang sudah merencanakan liburan, tentu harus memutar otak mensiasatinya. Sebab, kenaikan harga tiket pesawat bisa mempengaruhi budget liburan. Contohnya saja penerbangan keluar negeri lebih murah 40 persen jika dibandingkan dengan penerbangan domestik. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir dan tetap bisa berlibur di tengah maraknya tiket pesawat mahal. Bagaimana caranya? Berikut beberapa langkah yang bisa diterapkan.

Rencanakan dengan matang
Langkah awal untuk bisa liburan di tengah mahalnya harga tiket pesawat ialah rencanakanlah dengan matang. Misalkan saja, Anda membuat target waktu untuk liburan di akhir tahun. Dengan target ini membuat Anda semakin terukur dan bisa berlibur dengan budget yang sudah dianggarkan.
Merencanakan liburan dengan matang juga akan membuat Anda semakin tenang. Begitu juga ketika Anda mencari alternatif-alternatif liburan atau dengan kata lain memiliki ‘plan A’ dan ‘plan B’. Artinya, jika rencana yang pertama gagal, maka masih ada rencana yang kedua untuk dicoba saat liburan. Memiliki banyak opsi seperti ini sangat memudahkan dan membuat Anda tidak impulsif.

Tentukan destinasi yang dituju
Setelah Anda membuat rencana yang matang, tentukan pula destinasinya. Guna menghindari pengeluaran yang besar ketika liburan, cobalah untuk memilih destinasi wisata anti mainstream. Meski demikian, wisata anti mainstream ini terkadang tidak kalah menariknya dengan wisata-wisata unggulan sebelumnya.
Sebagai gambaran, jika ingin berlibur ke pantai, Bali memang menjadi pilihan. Akan tetapi, ada alternatif lain mencari pantai lainnya seperti di Nusa Tenggara Timur, Belitung, atau Jawa Tengah yang memiliki pantai tak kalah indah juga layak dipertimbangkan. Wisata yang belum begitu populer tersebut biasanya akomodasinya relatif lebih murah dan sudah didukung oleh hotel sesuai pilihan dan sarana transportasi yang memadai.

Manfaatkan promo yang ada
Sudah bukan rahasia lagi jika promo memberikan andil yang besar ketika Anda ingin liburan hemat budget. Mulai dari promo tiket pesawat, hingga promo paket wisata ke destinasi tertentu. Anda bisa mendapatkan potongan harga tiket pesawat maupun harga terbaik dari promo tersebut.
Sebaiknya, jika memanfaatkan promo mendapatkan tiket pesawat yang murah melalui travel agent maka pesanlah pada hari Senin dan Rabu. Kemudian, pesanlah jauh-jauh hari sekitar 40-50 hari sebelum tanggal keberangkatan. Selain itu, hindari memesan tiket pesawat di akhir pekan seperti hari Jumat dan Minggu.

Berangkat secara rombongan
Alternatif lainnya adalah Anda bisa liburan secara rombongan dengan teman sekantor semisalnya. Sebab, saat pergi liburan sendiri pengeluaran untuk akomodasi jadi lebih besar. Lalu, coba Anda bandingkan dengan liburan bersama-sama baik dengan teman sekantor maupun keluarga. Jelas biayanya bisa ditekan.
Contohnya saja untuk biaya penginapan, Anda bisa memilih guest house maupun homestay dengan cara patungan. Tidak hanya itu saja, beberapa destinasi wisata tertentu terkadang menawarkan promo potongan harga menarik untuk pengunjung yang datang secara rombongan. Dengan demikian, Anda bisa tetap liburan meski harga tiket pesawat cukup mahal.

Selalu pantau harga tiket pesawat
Untuk tetap bisa liburan meski tiket pesawat mahal Anda harus selalu memantau harga. Sebab, harga tiket pesawat bisa naik sewaktu-waktu. Biasanya dalam sehari maskapai melakukan tiga kali perubahan harga. Bisa jadi harga tersebut semakin murah atau semakin mahal. Ini tergantung pada musim saat itu, contohnya jika pada high season kecenderungan harganya semakin meningkat.

Agar Anda semakin nyaman dan tidak khawatir mengenai perubahan harga, manfaatkan layanan aplikasi pemesanan tiket perjalanan, Traveloka. Di sini tersedia fitur canggih bernama Price Alert. Keuntungan menggunakan fitur ini adalah memudahkan Anda mendapatkan harga tiket pesawat sesuai dengan budget yang dianggarkan.
Cara menggunakannya juga mudah, cukup memasukkan Batasan harga untuk rute penerbangan yang dipilih. Jika ada harga yang sesuai, maka Anda akan mendapatkan notifikasi langsung. Agar lebih mudah melakukan simulasinya, bisa klik tautan berikut ini.

Kini, Anda tetap bisa liburan dengan nyaman ditengah maraknya tiket pesawat yang mahal dengan langkah mudah di atas. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk pasang aplikasi Traveloka agar liburan makin berkesan!



Sumber: BeritaSatu.com