Renovasi Pantai Muarareja Kota Tegal, Pacific Paint Gelontorkan Rp 1 Miliar

Renovasi Pantai Muarareja Kota Tegal, Pacific Paint Gelontorkan Rp 1 Miliar
Wajah Baru penuh warna Pantai Muarareja Indah di Kota Tegal. ( Foto: Beritasatu Photo / Mashud Toarik )
Mashud Toarik / MT Minggu, 8 September 2019 | 14:22 WIB

Tegal, Beritasatu.com - Pantai Muarareja kini telah berganti wajah menjadi kawasan wisata bahari berwarna - warni. Sebelumnya, pantai yang berada di wilayah Kota Tegal, Jawa Tengah ini kurang jadi perhatian wisatawan karena minim perawatan, juga kumuh.

Selama ini pengeloaan pantai dilakukan secara mandiri oleh warga setempat dengan mengandalkan tiket masuk pengunjung sebesar Rp 2.000.

Perubahan wajah Pantai Muarareja tadi tidak lepas dari peran PT Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint (Pacific Paint). Dibantu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang merupakan pengelola mandiri Pantai Muarareja, perusahaan cat ini telah merampungkan renovasi sekaligus pengecatan sekitar Pantai.

Acara seremoni peresmian program renovasi Pantai Muarareja dilakukan oleh Walikota Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono pada, Minggu (8/9/2019).

Ricky Soesanto, Corporate Head of Marketing Pacific Paint mengatakan, perusahaannya menggelontorkan dana hingga lebih dari Rp 1 miliar dalam rangka merubah wajah Pantai Muarareja menjadi Pantai Wisata Bahari yang layak dikunjungi.

Dana tersebut termasuk anggaran pengecatan yang menghabiskan sekitar 1.600 liter cat yang terdiri dari Metrolite Acrylic Emulsion, Metrolite Waterproofing dan Glotex Super Synthetic Paint.

"Pengecatan meliputi gerbang utama pantai, penambahan mural, 97 kios warga yang berjualan ikan asin, terasi, kuliner lesehan dan souvenir disekitar pantai, juga sebagian rumah di Kampung Muarareja'" ujar Ricky disela Peresmian Program Renovasi Pantai Muarareja di Tegal.

Dana yang dialokasikan dari anggaran corporate social responsibility (CSR) Pacific Paint tersebut juga digunakan untuk membangun sejumlah fasilitas lokasi wisata tersebut, seperti mushola, tiga toilet, panggung serbaguna dan sekitar 15 spot foto bagi pengunjung.

Sementara untuk 97 kios, dilakukan perbaikan perbaikan dengan mengganti atap yang rusak, lalu mengecatnya dengan berbagai warna. Untuk menjaga kebersihan pantai yang memiliki panjang 1,8 km tersebut, Pacific Paint meyediakan puluhan tempat penampungan sampah.

Pengunjung Meningkat

Proses renovasi sekaligus pengecatan Pantai Muarareja yang dilakukan selama sekitar tiga bulan atau sejak Mei 2019 tersebut telah membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Omzet para pedagang sekitar pantai meningkat seiring naiknya jumlah pengunjung. Disampaikan Ranyan selaku Ketua Pokdarwis, bila puncak jumlah pengunjung di Hari Raya Idul Fitri tahun 2018 tercatat sebanyak 39.500 orang, maka pada Idul Fitri 2019 telah meningkat hingga 50.000 orang.

Ranyan pun yakin, jumlah pengunjung akan terus meningkat setelah dilakukan peresmian renovasi pantai, sembari berharap masuknya investor untuk berinvestasi di sekitar pantai.

Sementara Pacific Paint tak berhenti pada kegiatan renovasi dan pengecatan pantai. Dalam rangka memikat wisatawan, perusahaan yang telah beroperasi sejak tahun 1943 ini juga menggelar kegiatan Festival Tegal Bahari di Pantai Muarareja.

Rangkaian kegiatan Festival Tegal Bahari ini antara lain adanya turnamen futsal, bulutangkis, hias kapal, kicau burung, pemilihan putra putri bahari, peragaan busana anak hingga karaoke.

“Pantai Muarareja merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Tegal yang memiliki keindahan tak kalah dari pantai lainnya. Penyelenggaraan Festival Tegal Bahari merupakan salah satu bentuk dukungan Pacific Paint kepada warga Kota Tegal untuk dapat meningkatkan kunjungan wisata serta menyalurkan bakat masyarakat,” ungkap Ricky Soesanto.



Sumber: Majalah Investor