Akhir Tahun, Destinasi Internasional Lebih Populer

Akhir Tahun, Destinasi Internasional Lebih Populer
Mister Aladin mengadakan travel fair untuk ketiga kalinya dengan nama 'Mister Aladin Travel Carnival' pada 30 September - 6 Oktober 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Indah Handayani )
Indah Handayani / FER Kamis, 3 Oktober 2019 | 18:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menjelang Natal dan Tahun Baru, semakin banyak orang mempersiapkan liburan. Selain masa Idulftiri dan long weekend, akhir tahun memang jadi waktu favorit banyak orang untuk traveling. Berbeda dengan liburan Idulfitri yang didominasi destinasi domestik, destinasi internasional lebih populer untuk akhir tahun.

Baca Juga: Marischka Prudence Pilih Staycation di Akhir Pekan

Chief Executive Officer Mister Aladin, Veranika Gunawan, mengatakan berdasarkan survei yang dilakukan Mister Aladin, rata-rata masyarakat Indonesia traveling sebanyak dua hingga tujuh kali dalam setahun untuk tujuan bisnis dan liburan. Hal ini menunjukkan, traveling sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

"Bahkan, destinasi luar negeri diprediksi akan lebih populer pada akhir tahun ini," ungkap Vera di sela acara Mister Aladin Travel Carnival di Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Baca Juga: Minat Masyarakat untuk Traveling Terus Meningkat

Vera menambahkan, beberapa destinasi domestik juga masih diminati wisatawan Indonesia. Hal ini terlihat dari data di Mister Aladin yang menunjukkan bahwa peningkatan pemesanan hotel di kuartal IV 2018 yang paling besar adalah Yogyakarta (53 persen), disusul Malang (50 persen), dan Bandung (30 persen).

"Oleh karena itu, kami melihat peningkatan jumlah wisatawan yang pergi ke luar negeri dan beberapa destinasi di Pulau Jawa merupakan potensi yang perlu diakomodasi," tambahnya.

Baca Juga: Bisnis Hotel di Nusa Penida Potensial

Lebih lanjut, Vera mengatakan, pihaknya telah meluncurkan fitur pesawat internasional dan Kereta Api. Menurutnya, kereta api semakin digemari karena beberapa alasan, antara lain harganya terjangkau, nyaman, dan rutenya melalui banyak destinasi baru. 

"Kenaikan penjualan tiket kereta di Mister Aladin sudah terlihat sejak soft launching pada April 2018. Penjualan tiket kereta di Mister Aladin mengalami peningkatan secara konstan, yaitu sebesar 30 persen per kuartal, atau tumbuh 5 kali lipat sejak diluncurkan hingga Juli 2019," tambah Vera.



Sumber: Investor Daily