Presiden Jokowi Tunjukkan Keseriusan Bangun Pariwisata Labuan Bajo

Presiden Jokowi Tunjukkan Keseriusan Bangun Pariwisata Labuan Bajo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) naik kapal pinisi Felicia saat mengunjungi Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Minggu, 19 Januari 2020. ( Foto: Istimewa )
Carlos KY Paath / AO Selasa, 21 Januari 2020 | 22:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 19-21 Januari 2020 memiliki arti penting. Secara khusus untuk mempercepat pembangunan destinasi super prioritas Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Labuan Bajo memiliki segmen pasar super premium.

Demikian disampaikan Komisaris Hotel Indonesia Natour, Michael Umbas dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (21/1/2020).

“Presiden menunjukkan keseriusan. Tidak hanya memberi instruksi, tetapi turun langsung ke bawah memastikan dan mengecek lapangan, melihat sendiri, merasakan denyut aktivitas masyarakat dan pelaku industri untuk mengambil kebijakan yang komprehensif,” kata Michael.

Di sela kunjungan, Presiden sempat menggelar rapat bersama sejumlah jajarannya untuk membahas pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo pada Senin (20/1/2020). Presiden pun menekankan sejumlah hal, antara lain penataan kawasan. Integrasi yang berkaitan dengan kerapihan, kebersihan, kenyamanan, dan keamanan bagi wisatawan sangat diperlukan.

“Presiden Jokowi menjadi lokomotif yang menarik semua elemen bekerja tuntas, mewujudkan kebijakan yang tepat agar sektor pariwisata bisa bergerak maju, berdaya saing tinggi dan menarik devisa untuk ekonomi negara. Pariwisata Indonesia terus bertransformasi menjadi sektor utama penggerak perekonomian nasional,” ungkap Michael.

Menurut Michael, ketika pariwisata di Tanah Air menggeliat, maka dapat dipastikan lapangan kerja terbuka dan akan semakin meningkat. Perekonomian masyarakat juga bergerak. Wakil ketua umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) tersebut optimistis pengembangan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata akan berjalan optimal.

“Kami optimistis Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama berkolaborasi dengan Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Erick Thohir dan para menteri lainnya akan bekerja simultan mengembangkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata berkualitas dan berkelas dunia bersama destinasi super priotitas lainnya,” ujar Michael.

Michael juga berterima kasih kepada Presiden yang meresmikan langsung Hotel Inaya Bay Komodo. Hotel yang dikelola oleh HIN itu milik ASDP dan akan disiapkan untuk menunjang Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium.



Sumber: Suara Pembaruan