Anak Jajan Jadikan Hobi Makan Sebagai Profesi

Anak Jajan Jadikan Hobi Makan Sebagai Profesi
Marius Tjenderasa dan Julia Veronica pemilik blog Anakjajan.com yang eksis sejak 2011. ( Foto: SP/Dina Fitri Anisa )
Dina Fitri Anisa / EAS Senin, 27 Januari 2020 | 19:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sudah banyak yang membuktikan, menekuni hobi bisa menuai keuntungan atau rejeki. Seperti yang dialami dua sejoli, Marius Tjenderasa dan Julia Veronica pemilik blog Anakjajan.com yang eksis sejak 2011. Mereka menjadikan hobi makan sebagai profesi. 

"Dari masa pacaran dulu, kita memang hobi mencari-cari tempat makan baru. Saking kebanyakan tempat yang dikunjungi, akhirnya lupa pernah makan di mana saja, makannya apa, rasanya bagaimana. Akhirnya kita bikin diary dalam bentuk blog, sekalian buat referensi orang juga,” jelas Julia saat dijumpai Beritasatu.com, di mal Kota Kasablanka, beberapa waktu lalu.

Seiring berjalannya waktu, keduanya pun paham bagaimana membuat konten yang menarik dan informatif bagi pembacanya. Tak berhenti di blog, Anak Jajan pun mulai merambah media sosial untuk berbagi informasi kepada masyarakat soal referensi makanan yang pernah mereka coba.

Untuk jenis makanan yang diulas Anak Jajan terbilang beragam, mulai dari restoran hingga jajanan kaki lima. Makanan yang diulas juga tidak terbatas pada makanan dalam negeri saja, tetapi juga makanan di luar negeri.

"Kami menemukan hal menarik saat bepergian. Ternyata, Taiwan itu negaranya ramah muslim. Banyak restoran dan makanan halal di sana. Bahkan mereka sudah ada sertifikasi halalnya. Menurut kami di sana sangat rekomendasi untuk orang kita. Informasi unik itulah yang kita informasikan di blog, agar banyak orang mengetahui,” jelas Marius.

Saat ditanyakan apa kita suksesnya, mereka pun mengaku tidak pernah menyangka kegemaran mencicipi aneka makanan dan menuliskan ulasan di blog ternyata bisa mendatangkan kesuksesan. Beragam penghargaan lokal dan internasional pun telah mereka raih. Sebut saja top 4 Nominees of Influence Asia Food Category 2015, Blogger of the year Winner of RCTI Social Media Award 2016, dan pemenang utama dari Influence Asia Food Category 2017.

Marius pun mengatakan, menjadi food blogger tidak mudah. Namun, setiap orang yang memiliki hobi kuliner dan menulis juga bisa meraih kesuksesan dengan cara yang menyenangkan seperti mereka. Kuncinya adalah konsisten dan tidak pernah takut untuk mencoba hal-hal yang baru.

"Kalau mau seperti kami, kamu harus memiliki jiwa petualang yang tinggi. Kalau datang ke sebuah daerah atau negara yang baru dikunjungi, jangan takut untuk mencoba sesuatu hal yang baru, karena di situ pengalaman didapat,” pesan Marius.



Sumber: BeritaSatu.com