Bandara Kualanamu Akan Dikembangkan Jadi Aerocity

Bandara Kualanamu Akan Dikembangkan Jadi Aerocity

Minggu, 15 Desember 2019 | 08:49 WIB
Oleh : YUD

Jakarta, Beritasatu.com- PT Angkasa Pura II (Persero) akan mengembangkan Kawasan Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara menjadi Aerocity, serta hub untuk penumpang dan kargo di wilayah Barat Indonesia dengan nilai investasi indikatif sebesar 500 juta dolar AS.

Direktur Transformasi dan Portfolio Strategis PT Angkasa Pura II Armand Hermawan di Jakarta, Sabtu menyampaikan dalam rangka mempercepat rencana itu, Angkasa Pura II akan menggunakan skema kemitraan strategis (strategic partnership).

Melalui kemitraan strategis, lanjut dia, maka pengembangan Kualanamu dapat dipercepat sehingga mampu mengakomodir pertumbuhan industri.

"Saat ini terdapat 19 korporasi yang telah menyatakan minat untuk bisa menjadi mitra investor strategis, yaitu berasal dari negara di kawasan ASEAN, Eropa, dan Asia Timur," papar Armand Hermawan melalui keterangan resmi, Minggu (15/12/2019).

Melalui skema kemitraan strategis itu, ia menjelaskan, nantinya Angkasa Pura II dan mitra investor strategis akan bergabung di dalam joint venture company (JVCo) yakni PT Angkasa Pura Aviasi untuk mengelola dan mengembangkan Kualanamu.

"Konsep yang dikembangkan dalam kerja sama strategis ini dikenal dengan 3E, yakni 'Expansion the traffic', 'Expertise sharing', dan 'Equity partnership'," katanya.

Ia mengemukakan pihaknya akan menerbitkan dokumen "Request for Proposal" (RfP) kepada korporasi-korporasi yang berminat itu.

"Dokumen RfP akan diterbitkan kepada calon investor pada akhir Januari 2020. Di dalam RfP tersebut terdapat struktur transaksi kerja sama yang akan dijalankan oleh PT Angkasa Pura II dan mitra strategis," katanya.

Armand Hermawan mengatakan seluruh proses pemilihan mitra investor strategis ini ditargetkan tuntas pada pertengahan tahun dan pada Juli 2020 diharapkan sudah dilakukan penandatanganan kerja sama.

"Yang jelas mitra investor strategis harus memiliki kemampuan dan pengalaman global di sektor kebandaraan, termasuk aspek operasional dan bisnis, mampu menaikkan lalu lintas penumpang dan penerbangan, serta secara finansial bisa memberikaan pendanaan dalam jangka waktu panjang," katanya.

Saat ini, dipaparkan, kapasitas terminal penumpang di Kualanamu adalah delapan juta penumpang per tahun, di mana perkembangan selanjutnya, kapasitas terminal penumpang ditargetkan akan dapat menampung pergerakan penumpang mencapai 17 juta penumpang di tahun 2024.

Nantinya, terminal penumpang pesawat di Kualanamu juga dikembangkan hingga berkapasitas 22 juta penumpang per tahun di tahun 2030. Area pergudangan kargo juga diperluas dari 13.000 meter persegi menjadi 27.318 meter persegi.

Pengembangan Bandara Internasional Kualanamu difokuskan pada peningkatan konektivitas internasional khususnya di kawasan ASEAN, Asia Selatan, China dan Timur Tengah, selain tentunya juga memperkuat konektivitas domestik.



Sumber:ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Polisi Amankan 40 Unit Motor Milik Geng

Tim gabungan Polsek Medan Sunggal dan Sat Satsabhara Polrestabes Medan mengamankan 40 unit kendaraan milik geng motor di Kota Medan.

NASIONAL | 15 Desember 2019

Komunitas Seniman Ikut Tangkal Radikalisme

Budaya yang dimiliki bangsa Indonesia sesungguhnya adalah budaya yang sangat majemuk dan beragam.

NASIONAL | 14 Desember 2019

Wapres Dijadwalkan Buka Munas PMI

PMI akan membahas bantuan kemanusiaan lima tahun mendatang dalam acara Munas ke-21.

NASIONAL | 14 Desember 2019

Nasdem Siapkan Kejutan di Pilgub Sumbar

Partai Nasdem bersama partai koalisi tengah menyiapkan duet maut di Pilgub Sumbar nanti.

NASIONAL | 14 Desember 2019

Tiga Siswa di Cibubur Dapat Penghargaan Jadi Menteri LHK Sehari

"Terus lakukan aksi nyata menjaga lingkungan hidup dan kehutanan Indonesia,” ajak Menteri Siti.

NASIONAL | 14 Desember 2019

Kapal Pengangkut Pasir Tenggelam di Perairan Tanjung Pandan

Kapal tongkang pengangkut pasir yang tenggelam itu tidak menimbulkan korban jiwa, namun lokasi tenggelamnya kapal dapat mengganggu pelayaran.

NASIONAL | 14 Desember 2019

Minggu Pagi, Tol Layang Jakarta-Cikampek II Dibuka Gratis

Kalangan pengguna tol ini masih belum dikenakan tarif atau gratis hingga tahun baru mendatang.

NASIONAL | 14 Desember 2019

90 Ketua Pengadilan Tingkat Banding Tuntaskan Uji Kompetensi

Uji kompetensi bertujuan mengelola informasi dan komunikasi di lingkungan kerja Mahkamah Agung.

NASIONAL | 14 Desember 2019

Sempat Terpisah dari Rombongan, TKI Ini Selamat Berkat Unggahan di Facebook

Ahmad Yani yang sempat terpisah dari rombongan di Bandara Dubai, akhirnya bisa bertemu agennya setelah Dedi Mulyadi mengunggah fotonya di akun facebook.

NASIONAL | 14 Desember 2019

Dedi Mulyadi Harap Perwakilan Indonesia di Luar Negeri Perhatikan TKI

Dedi Mulyadi mengaku sedikit keheranan setiap ke luar negeri, ada TKI yang terlantar di bandara.

NASIONAL | 14 Desember 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS