MAKI Apresiasi Kejaksaan Agung Selesaikan Berkas Lima Tersangka Jiwasraya

MAKI Apresiasi Kejaksaan Agung Selesaikan Berkas Lima Tersangka Jiwasraya

Senin, 18 Mei 2020 | 11:31 WIB
Oleh : YUD

Jakarta, Beritasatu.com Kejaksaan Agung menyatakan berkas lima tersangka kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya‎ (Persero) telah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat formil maupun materiil untuk dilimpahkan ke pengadilan (P-21).

Lima tersangka yang berkasnya lengkap yakni Komisaris Utama PT Hanson International Benny Tjokrosaputro, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (Tram) Heru Hidayat, mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Hary Prasetyo, Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim dan eks Kepala Divisi Investasi dan Keuangan pada PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan.

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman mengapresiasi Kejaksaan Agung yang telah menyelesaikan berkas 5 tersangka dugaan kasus korupsi PT Jiwasraya (Persero).

“Saya kan pelapornya, jadi saya apresisasi Kejaksaan Agung yang mampu menuntaskan tahapan ini, dan paling tidak setelah lebaran dibawa ke pengadilan hingga disana terjadi persidangan yang terbuka, fair,” ujar Boyamin, Senin (18/5/2020).

Boyamin menantikan jalannya proses hukum di pengadilan, dengan harapan Jaksa dapat membuktikan dakwaan terhadap para terdakwa. Terdakwa juga melalui penasihat hukumnya bisa membantah apa yang dituduhkan. “Berharap Hakim memutuskan bersalah karena ini korbannya banyak,” beber Boyamin.

Selain itu, Boyamin juga berharap dari penemuan fakta-fakta di persidangan nanti, Kejaksaan Agung dapat melakukan pengembangan-pengembangan kasus berikutnya, sebab Boyamin menduga masih banyak orang yang diduga ikut menikmati aliran uang skandal Jiwasraya.

“Paling tidak masih ada cluster yang diluar Benny Tjokro. Ada oknum manager investasi juga ikut menikmati, seperti Benny Tjokro itu perannya broker. Tetapi memang yang paling ranking 1 si Benny Tjokro, tapi yang lainnya juga kan sepanjang menikmati uang banyak dan itu ilegal harus diproses.” Tegasnya.

Lanjut Boyamin, masih ada orang-orang yang harus diperiksa. Dalam catatan pribadinya, terdapat beberapa orang dari internal Jiwasraya yang juga menerima komisi ilegal. Besaran komisi yang diterima itu bahkan diprediksi mencapai Rp 50 miliar.

Kemudian ada Pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang melakukan pembiaran terhadap transaksi penjualan oleh Jiwasraya, padahal sejak awal sudah pernah dilarang, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga pernah melarang, tetapi pihak OJK masih mengizinkan asuransi Jiwasraya untuk jualan produk saving plan yang bermasalah itu.

“Di Undang-undang pemberantasan korupsi itu kan ada delik omisi atau membiarkan, jadi pejabat yang tugasnya mengawasi, melarang tetapi kemuidan membiarkan terjadinya tindak pidana ya kena juga,” ulasnya.

Boyamin berharap Kejaksaan Agung membereskan secara tuntas mega skandal tersebut, sebab jika tidak terselesaikan dikhawatirkan akan terulang kembali kasus serupa dengan Jiwasraya. “Harus diberesin semunya, kalau tidak bakal terulang lagi,” pungkas Boyamin.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Program Vitamin C untuk Rakyat di Cirebon Disambut Baik

Pihaknya terus bersatu dan bergotong royong menangkal pandemi Covid-19.

NASIONAL | 17 Mei 2020

Dompet Dhuafa Bangun Ketahanan Pangan Berbasis Masyarakat Pesantren di Sukabumi

Dompet Dhuafa sebagai lembaga pemberdaya berbasis pengelolaan dana ziswaf sangat mendukung pengembangan potensi masyarakat pesantren di pedesaan

NASIONAL | 18 Mei 2020

Kepada Menpora, Bagus Kahfi Ceritakan Kisahnya di Garuda Select

Kepada Menpora, striker Bagus Kahfi menceritakan kisahnya tembus di program pelatihan Garuda Select hingga harapannya untuk Piala Dunia U-20.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Pasien Covid-19 di Mimika Mayoritas Alami Gejala Ringan

Jumlah kumulatif pasien Covid-19 di Kabupaten Mimika sejak 29 Maret sampai 17 Mei 2020 sebanyak 150 orang dan 38 di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Dinkes Gunung Kidul Selesai Pemeriksaan Tes Cepat 1.163 Warga

Total pasien sembuh saat ini mencapai 21 orang dari 29 kasus positif Covid-19 di Gunung Kidul.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Klinik Kuala Kencana Freeport Sudah Bisa Periksa PCR Covid-19

Sebanyak 30 dari 32 kasus positif Covid-19 di Mimika yang diumumkan pada Minggu (17/5/2020) diperiksa PCR-nya di Laboratorium Klinik Kuala Kencana.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Hari Ini, ASN NTT Mulai Kembali Kerja di Kantor

“Pemerintah provinsi memastikan bahwa ASN yang kembali bekerja di kantor hari ini tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19."

NASIONAL | 18 Mei 2020

Kota Sorong Anggarkan Penanganan Covid-19 Senilai Rp 43 Miliar

Anggaran Rp 43 miliar tersebut diusulkan kepada pemerintah pusat bukan asal-asalan tetapi berdasarkan perencanaan yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

NASIONAL | 18 Mei 2020

Seorang Warga Kulon Progo Kembalikan Dana Bansos

"Saya kembalikan bantuan yang telah saya terima supaya dialihkan ke tetangga yang lebih membutuhkan."

NASIONAL | 18 Mei 2020

Fraksi di DPR Berpolemik RUU HIP soal Ancaman Komunisme dan Khilafah

Sepak terjang HTI memang tidak identik tindakan kekerasan, tetapi dakwah yang dipropagandakannya demikian berbahaya lantaran mengusung konsep Khilafah Islamiyah

NASIONAL | 18 Mei 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS