Logo BeritaSatu

Lapak Ganjar Ternyata Juga Bikin Sukses Orang Malang

Kamis, 7 Juli 2022 | 21:18 WIB
Oleh : JNS

Malang, Beritasatu.com - Lapak Ganjar, program promosi online yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo ternyata bukan hanya dirasakan kemanfaatannya oleh pelaku UMKM di Jateng saja. Diajeng Maya Art and Craft yang beralamat di Puncak Buring Indah A1/25 Kota Malang Jawa Timur juga ketimban untung setelah ikut di-reposting di Instastory akun Gubernur Jateng itu.

UMKM yang bergerak di bidang lukis dengan berbagai media seperti keramik, hijab, masker dan lain sebagainya itu mengalami kenaikan permintaan hingga 80 persen. Bahkan permintaan, terutama produk masker datang dari Amerika.

Advertisement

Maya, owner Diajeng Maya Art and Craft menceritakan bahwa usahanya itu mulai dirintis sejak tahun 2015 silam, berdasarkan hobinya melukis. Saat itu, karya lukis keramiknya menyabet juara souvenir keramik sekaligus juara favorit, dalam lomba souvenir yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Malang.

“Berdiri dari tahun 2015 pertengahan tepatnya. Awal mulanya sekedar hobi saja. Kebetulan di Malang Raya ada lomba souvenir yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Malang, dan saya mencoba ikut dan alhamdulillah dapat dua kategori sekaligus. Yang satu keramik dan favorit,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (7/7/2022).

Pengalaman itu, kemudian dikembangkan menjadi usaha yang diberi nama Diajeng Maya Art and Craft yang bergerak di bidang lukis dengan berbagai media.

“Produknya yang jelas bergerak di bidang lukis dari berbagai media. Awalnya glass painting, karena belajarnya glass painting, terus berinovasi membuat tas lukis, hijab lukis, masker lukis, kain lukis dan lain-lain, juga ada daun lukis,” paparnya.

Namun, usahanya yang sudah ditekuni beberapa tahun itu nyaris tumbang karena dihantam pandemi Covid-19. Di bulan puasa yang biasanya baniir orderan, saat itu sepi permintaan.

“Kondisi pandemi awalnya agak berat, waktu itu awal puasa, biasanya orderan sudah antre, tapi karena ada pandemi tiba-tiba mati dan banyak yang beralih ke sembako untuk memberikan bingkisan,” kisahnya.

Ia pun berinovasi membuat masker lukis. Selain dibutuhkan untuk protokol kesehatan, maskernya sangat fashionable untuk digunakan. Kebetulan waktu itu ia sertakan masker lukis burung Garuda dan pulau Indonesia promo di Lapak Ganjar edisi Hari Pancasila.

“Akhirnya saya berinovasi buat masker lukis. Selain sehat untuk Prokes juga fashionaible. Waktu itu Pak Ganjar bikin edisi Pancasila saya mencoba bikin lukis Garuda dan pulau Indonesia. Alhamdulillah waktu Agustus itu banyak orderan kemerdekaan. Habis di-reposting Pak Ganjar, meningkat sampai 80 persen untuk masker lukisnya,” ungkap Maya.

Pemintaan masker lukis paling jauh datang dari Amerika. Terumama bergambar wayang, karena banyak orang indonesia di Amerika ingin menunjukkan budaya Indonesia.

“Karena di sana banyak orang Indonesia yang ingin menunjukkan budaya Indonesia,” imbuhnya.

Lantaran dirasa Lapak Ganjar memberikan manfaat yang signifikan, Maya kembali ikut mempromosikan produk keramik lukis di edisi lain.

“Juga keramik lukis saya dapat orderan dari keraton Surakarta, untuk membuat repro lukisan lagi yang mungkin sama beliau mau di pasang ke kafe atau pribadi. Yang jelas ada ordran dari keraton Surakarta. Waktu itu, keramik piring yang di pasang di tembok waktu itu minta gambar ikan sama kupu-kupu. Iya, lukisan jadul direpro lagi dibuat baru lagi untuk dipasang di sana,” ucapnya.

Nah, semakin banyak permintaan, akhirnya Maya menggandeng Kumpulan Lukis di Malang Raya untuk berproduksi.

“Untuk memenuhi kebutuhan produksi karena saya bidang lukis tidak semua bisa melukis saya memilih teman yang bisa melukis. Malang, saya dan kabupaten punya kumpulan teman lukis, jadi berkolabrasi dengan mereka untuk memenuhi produksi,” tuturnya.

Selain bisnis, Maya ingin mengampanyekan ke-Indonesiaan melalui gambar pada produk-produknya. Yakni berciri khas Indonesai dari adat budaya, serta flora dan fauna.

“Tujuan ingin memperkenalkan Indoensia ke mancanegara. Untuk penjualannya selain online saya ada offline, di gallery Atria Hotel, Rumah Solusi kota malang juga ada,” jelasnya.

Baginya, program Lapak Ganjar sangat bagus untuk membantu UMKM. Sehingga, ia berharap Lapak Ganjar bisa selalu eksis.

“Pertama saya jelas ngefans berat sama Pak Ganjar, karena punya karisma khusus, sama rakyat itu bisa enak cara bergaul, berkomunikasi tidak kaku. Harapannya dengan adanya Lapak Ganjar berarti meningkatkan profit atau omset UMKM di Indonesia secara langsung. Kalau bisa terus ada bukan hanya masa pandemi saja,” tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

RAPBN 2023 Akan Dirancang Fleksibel untuk Redam Guncangan Ekonomi Global

RAPBN 2023 akan dirancang menjaga fleksibilitas mengelola gejolak perekonomian. Di sisi lain, Presiden Jokowi meminta APBN dijaga tetap kredibel dan sehat.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Astra Financial Incar Transaksi Rp 2 Triliun di GIIAS 2022

Astra Financial menargetkan dapat meraih transaksi sebesar Rp 2 triliun melalui gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Ekonom Prediksi Inflasi Global Turun di Kuartal IV 2022

Kepala Ekonom BRI, Anton Hendranata memprediksi inflasi global mulai menurun pada kuartal IV 2022.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rayakan HUT Ke-14, Generali Luncurkan Asuransi BeSmart

Menyambut hari ulang tahun ke-14, Generali Indonesia meluncurkan produk asuransi BeSMART, yang menawarkan 100% premi kembali

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Menko Airlangga: Pemerintah Perkuat Daya Saing Tiga Sektor

Menko Airlangga menyampaikan, sektor industri, perdagangan, dan investasi memiliki peran mendalam sebagai katalisator perekonomian nasional.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Kemenperin Fokus Tingkatkan Populasi dan Daya Saing IKM

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan sejumlah program agar sektor IKM dapat terus bertumbuh dan memperkuat perekonomian nasional.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Sri Mulyani Hapus Dana Penanganan Covid-19 di APBN 2023

Sri Mulyani menegaskan, anggaran kesehatan di APBN 2023 tidak lagi dialokasikan khusus untuk penanganan Covid-19.  

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Apresiasi IKM, Kemenperin Gelar Penghargaan Upakarti 2022

Kemenperin kembali memberikan penghargaan Upakarti sebagai bentuk apresiasi dan motivasi pemberdayaan industri kecil dan industri menengah (IKM).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Sektor Pertanian Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meyakini sektor pertanian juga punya kontribusi sangat besar terhadap pembangunan ekonomi daerah.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

BKF Yakin Defisit APBN 2022 Bisa Lebih Rendah dari 3,92%

Febrio Kacaribu memperkirakan defisit APBN tahun 2022 akan sesuai outlook pemerintah yang sebesar 3,92% atau bahkan lebih rendah.

EKONOMI | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
RRI Raih Penghargaan Most Engaging Media

RRI Raih Penghargaan Most Engaging Media

NEWS | 36 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings