Logo BeritaSatu

Simak! Cara Memahami Target Pasar untuk Memulai Bisnis

Minggu, 7 Agustus 2022 | 16:15 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Ketika hendak memulai bisnis kuliner, setiap pelaku usaha tentunya harus menentukan terlebih dahulu target pasar. Pasalnya, dengan menentukan target pasar yang sesuai, pebisnis bisa mengetahui seberapa besar serapan produk yang hendak dijual.

Tentu ini hanya salah satu dari banyak strategi bisnis yang harus dipersiapkan ketika ingin memulai sebuah usaha. Apapun itu, tidak hanya di bidang bisnis kuliner.

Mengapa penting untuk memahami target pasar? Ilustrasinya, dengan mengetahui bagaimana situasi kolam pemancingan, tentunya akan lebih mudah untuk menyiapkan strategi bisnis. Misalnya, strategi pemasaran, promosi hingga desain kemasan.

Berikut, beberapa tips untuk memahami target pasar dan manfaatnya. Untuk lebih mudah dipahami, pembahasan akan dibagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama, akan membahas cara untuk memahami target pasar.

Pikirkan segmentasi
Di sini, anda bisa mengira-ngira kalangan mana saja yang membutuhkan produk yang akan dijual. Misalnya produk kuliner, targetnya apakah mahasiswa, pekerja, anak-anak dan lain-lain. Tentunya, akan lebih bagus jika produknya cocok untuk semua kalangan, misalnya ayam goreng.

Bisnis ayam goreng terbukti sangat menjanjikan dan memiliki segmentasi pasar yang luas, sebab olahan ayam disukai semua kalangan dan tidak musiman. Beberapa contoh produk yang berhasil dengan produk olahan ayam hingga memiliki banyak cabang adalah Magu Magu Chicken atau Allin Chicken.

Survey minat dan harga
Setelah mengira-ngira target pasar, cobalah berbicara dengan beberapa dari mereka yang nantinya menjadi calon pelanggan potensial.

Pelaku bisnis bisa menanyakan jenis kuliner apa yang mereka sukai atau kira-kira berapa range harga per porsinya yang diharapkan. Selain itu, bisa juga menanyakan kepada teman atau kerabat, minta tanggapan untuk rencana produk yang akan dijual.

Menciptakan persona pembeli
Menciptakan persona pembeli atau proyeksi ideal target pasar yang diincar cukup penting. Tentunya gambaran tersebut berdasarkan informasi dari riset yang sebelumnya sudah dikumpulkan. Dari sini akan lebih mudah menyesuaikan produk, melakukan promosi dengan target yang lebih terarah.

Semakin luas segmentasi pasar produk, maka akan semakin mudah untuk membuat proyeksi ideal. Magu Magu Chicken salah satu yang cukup berhasil karena memiliki segmentasi pasar yang luas. Promosi yang dilakukan dapat dengan mudah diterima, sehingga produk yang dijual akan lebih mudah laris.

Survei kompetitor
Coba riset seperti apa bisnis kuliner kompetitor. Salah satu caranya, bisa mencicipi beberapa produknya. Berdasarkan hal itu, upayakan bisa mengambil informasi kira-kira ada hal yang bisa ditiru atau mungkin dikembangkan untuk bisnis. Selain itu, bisa mengamati review pembeli dari produk kompetitor. Misalnya, melalui akun media sosialnya atau via google maps.

Berdasarkan beberapa tips di atas, tentu akan sangat membantu dalam mengembangkan produk kuliner yang dijual sehingga laris ketika waktunya diperkenalkan ke pasaran.

Baca selanjutnya
Adapun tujuan dari memahami target pasar adalah untuk memastikan produk yang ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Tak Segelap Perkiraan

Sri Adiningsih mengatakan, ekonomi Indonesia sebetulnya punya modal yang baik untuk menghadapi kondisi tahun 2023 yang dikatakan banyak pihak akan lebih gelap.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pemerintah Diminta Hapus Pembayaran Subsidi Bunga Obligasi Rekap Eks BLBI

Hardjuno Wiwoho meminta pemerintah fokus pada upaya penghapusan pos pembayaran subsidi bunga obligasi rekap eks BLBI.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Penunjukkan Mantan Petinggi Google dan Tokopedia untuk Rebranding Fazz

Fazz kini punya dua eksekutif senior yang ditunjuk untuk melaksanakan rebranding perusahaan.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pelatih Timnas Shin Tae-yong Merespons Tragedi Kanjuruhan

Pelatih Timnas Shin Tae-yong Merespons Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings