Logo BeritaSatu

Sekolah Pelita Harapan Terapkan Checklist untuk Pembelajaran Tatap Muka

Kamis, 6 Mei 2021 | 08:05 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Sekolah Pelita Harapan (SPH) melakukan sejumlah inovasi untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka. Salah satunya, meminta orang tua untuk mengisi checklist (daftar periksa) sebagai sistem kontrol untuk penerapan protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di sekolah.

“Pembiasaan kenormalan baru perlu dilakukan dan SKB 4 Menteri sudah memberi informasi jelas apa yang menjadi tugas orang tua di rumah dan tugas anak di sekolah,” kata Administrative Principal SPH Kemang Village, Rosma Indriana Purba, dalam webinar Hari Pendidikan Nasional bertema “Mempersiapkan Sekolah Tatap Muka dan Masa Depan Format Pendidikan” yang digelar Beritasatu Media Holdings, Rabu (5/5/2021).

SKB 4 Menteri yang dimaksud adalah Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang dikeluarkan 30 Maret 2021. SKB tersebut ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Menurut Rosma, SKB 4 Menteri harus dipahami orang tua untuk menyiapkan putra putrinya melakukan pembelajaran tatap muka. SPH sendiri, ujarnya, memberikan checklist khusus agar orang tua mempunyai gambaran persiapan yang harus mereka lakukan sesuai SKB tersebut.

Checklist ini penting, misalnya kamu sudah bawa masker atau belum ke sekolah? Sebelum berangkat sudah makan atau belum?” ujar Rosma.

Rosma menyebut checklist dilampirkan bersama surat permohonan izin orang tua untuk pembelajaran tatap muka. Jika orang tua merasa mampu melakukan persiapan yang dicantumkan, maka mereka bisa lebih yakin anak-anaknya aman di sekolah.

“Untuk memastikan pembelajaran tatap muka berjalan baik, kita harus meyakinkan orang tua bahwa mereka mitra pendidikan anak-anaknya dan sekolah mempunyai unsur signifikan untuk meyakinkan orang tua,” kata Rosma.

Rosma mengatakan SPH menggandeng Rumah Sakit Siloam untuk menyusun protokol kesehatan secara komprehensif. SPH juga terus melakukan sosialisasi kepada orang tua, serta melibatkan orang tua lewat pertemuan daring untuk persiapan pembelajaran tatap muka.

“Dengan persiapan menggandeng dinas kesehatan, menggandeng orangtua untuk mendapatkan informasi menyeluruh. Pihak sekolah pada akhirnya dapat merasa yakin, ya sudah waktunya kita buka,” ujar Rosma.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Telusuri Perjalanan Lukas Enembe ke Banyak Tempat Pakai Private Jet

KPK menelusuri perjalanan Gubernur Papua Lukas Enembe ke banyak tempat dengan menggunakan private jet.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar, Polisi Periksa Rekaman CCTV

Kasus KDRT Rizky Billar terhadap Lesti, sudah memasuki tahap penyidikan. Polisi kali ini memeriksa rekaman CCTV di rumah pasangan tersebut.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jalan di Sekitar Istana Ditutup hingga Jam 11.00, Mana Saja?

Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas atau penutupan jalan di kawasan Istana Negara dan Monas, Jakarta pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Potensi Hujan Jabodetabek, Jabar, Banten hingga 8 Oktober

BMKG memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten hingga 8 Oktober 2022 mendatang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kemenkes Dorong Swasta Kemandirian Alkes Dalam Negeri

Kemenkes mendorong pihak swasta untuk percepatan kemandirian alat kesehatan (alkes) produk dalam negeri.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi: TNI Selalu Jadi Garda Terdepan Hadapi Tantangan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai sejarah telah membuktikan bahwa TNI selalu menjadi garda terdepan dalam menghadapi tantangan.

NEWS | 5 Oktober 2022

AS Janji Bakal Tambah Peluncur HIMARS untuk Ukraina

AS akan memberi Kyiv bantuan keamanan baru senilai US$ 625 juta, termasuk peluncur HIMARS atau Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Akan Bagikan Santunan kepada Korban Tragedi Kanjuruhan di Malang

Presiden Jokowi akan berangkat ke Malang, Jawa Timur usai memimpin Upacara HUT ke-77 TNI untuk membagikan santunan kepada keluarga korban tragedi kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Menteri PPPA Dorong Stadion Sepak Bola Ramah Perempuan dan Anak

Menteri PPPA Bintang Puspayoga mendorong semua pihak menghadirkan stadion sepak bola yang ramah perempuan dan anak.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Perintahkan TNI-Polri Bersinergi Tangani Krisis Pangan

Presiden Jokowi menginstruksikan TNI dan Polri bersinergi untuk menangani krisis pangan, energi, dan finansial. 

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Bertambah 50,1 Poin ke level 7.122 pada Jeda Siang

IHSG Bertambah 50,1 Poin ke level 7.122 pada Jeda Siang

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings