Logo BeritaSatu

Kasad Minta Dekopin Sejahterakan Prajurit Lewat Koperasi

Rabu, 27 Oktober 2021 | 23:31 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa meminta Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid membimbing proses digitalisasi Koperasi Kartika sehingga bisa menghadirkan kesejahteraan prajurit Angkatan Darat (AD) di seluruh Indonesia.

“Pak Nurdin Halid ini seorang kawakan yang sarat pengalaman. Saya sangat berharap, Dekopin di bawah pimpinan beliau memberikan bimbingan dan mencarikan solusi atas permasalahan manajemen Inkop Kartika dan bagaimana mengembangkan Koperasi Kartika demi menyejahterakan prajurit (Angkatan Darat),” ujar Kasad Andika Perkasa pada acara Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Induk Koperasi Kartika di Jakarta, Rabu (27/10/2021).

Pembukaan RAT Tahun Buku 2020 dihadiri secara luring oleh Ketua Umum Induk Koperasi Kartika Brigjen TNI Panca Iswandaru beserta seluruh pengurus, Nurdin Halid selaku ketua umum Dekopin dan wakil dari Kementerian Koperasi dan UKM. Sedangkan seluruh Pengurus Pusat Koperasi Kartika hadir secara daring.

Dalam sambutannya, Jenderal Andika Perkasa menegaskan komitmennya menyehatkan dan memajukan Koperasi Kartika untuk menyejahterakan prajurit.

Karena itu, Andika memerintahkan pengurus Koperasi Kartika di semua level (induk, pusat, dan primer) untuk sungguh-sungguh menerapkan nilai, prinsip, dan cara kerja koperasi.

“Koperasi itu menerapkan nilai-nilai kesetaraan, keadilan, keterbukaan, dan sukarela. Jadi, pengurus Koperasi Kartika harus terbuka, transparan. Tidak boleh tertutup dan dengar suara anggota. Pengurus Koperasi harus paham tugas dan tanggungjawab serta penuhi hak-hak anggota,” tegas Andika.

Apresiasi Nurdin Halid

Dalam sambutannya, Nurdin Halid mengapresiasi komitmen Induk Koperasi Kartika yang secara rutin melaksanakan Rapat Anggota Tahunan sebagai wujud pelaksanaan demokrasi dalam sistem koperasi.

Selain itu, Nurdin Halid juga menaruh respek terhadap kepatuhan induk, pusat, dan primer Koperasi Kartika yang konsisten berpegang teguh pada nilai dan prinsip-prinsip koperasi universal, serta pada UU Koperasi Nomor 25 Tahun 1992 dan tentu AD/ART.

“Tunduk dan mematuhi UU Koperasi dan berbagai peraturan di bawahnya antara lain diwujudkan dengan pelaksanaan RAT yang digelar secara rutin setiap tahun, seperti RAT Tahun Buku 2020 hari ini. Bukti lain, saya diundang dalam RAT hari ini sebagai bentuk pengakuan Induk Koperasi Kartika terhadap proses dan hasil Munas Dekopin tahun 2019 di Makassar,” kata Nurdin Halid.

Inkop Kartika di mata Nurdin Halid adalah salah satu komponen penting dalam sejarah gerakan koperasi Indonesia.

Ia mengatakan, Induk Koperasi Angkatan Darat (Inkopad), kini Inkop Kartika, memiliki sejarah panjang sejak berdiri 25 Juli 1964, dengan tujuan mulia: menyejahterakan anggota TNI Angkatan Darat.

Dekopin, lanjut Nurdin Halid, menaruh respek atas transformasi yang dilakukan Inkop Kartika sejak diterbitkan UU Nomor 4 Tahun 2004 yang melarang tentara berbisnis sehingga Inkopad pun melepaskan atribut militernya.

“Dimulai dengan perubahan nama Inkopad menjadi Induk Koperasi Kartika. Sejak itu, Inkop Kartika melakukan transformasi tiada henti di bidang usaha dan bisnis sehingga Koperasi Kartika menjadi “Rumah Ekonomi Bersama” seluruh anggota TNI Angkatan Darat di seluruh Indonesia,” tutur Nurdin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Abaikan Inflasi, Massindo Group Ekspansi Bisnis ke Palembang

Massindo Group meresmikan pabrik ke-20 dan pusat distribusi di Palembang, Sumatera Selatan.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Dongkrak Pendapatan, Wahana Pronatural Rambah Bisnis Minuman

PT Wahana Pronatural Tbk (WAPO) berencana merambah bisnis minuman untuk mendongkrak pendapatan perseroan.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dinilai Percepat Pemulihan Ekonomi

Ekonom Indef, Agus Herta Sumarto mengatakan kebijakan satu peta dapat mendorong pemulihan ekonomi lebih cepat.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Bakti Pastikan Peluncuran Satelit Satria 1 Sesuai Rencana

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemenkominfo optimistis rencana pengoperasian Satelit Satria 1 tetap berjalan sesuai rencana.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Suntik Mati TV Analog Jabodetabek Diundur Jadi 2 November

Kemenkominfo memutuskan menunda penghentian siaran tv analog di wilayah Jabodetabek menjadi 2 November 2022.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

FIF Group dan RSU Hermina Dirikan Rumah Singgah

FIF Group dengan RSU Hermina Depok menyediakan rumah singgah dan membuka kesempatan bagi pasien kurang mampu yang membutuhkan penanganan medis.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Iklan Digital Menjadi Pengubah Ekosistem Industri Startup

Adtech merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh brand atau agency untuk menyusun strategi, mengatur, dan mengelola aktivitas iklan digital.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Luhut Gandeng GFF Bahas Rencana Aksi Bersama Transisi Energi

Global Future Fellows (GFF) yang dihadiri GFFellows di Bali telah merancang draf Rencana Aksi Bersama (action roadmap) soal transisi energi.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Kontribusi PNBP Signifikan, PTBA Raih Penghargaan Subroto

PT Bukit Asam (PTBA) berhasil meraih Penghargaan Subroto 2022 Bidang PNBP Mineral dan Batubara.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Jababeka Pinjam US$ 100 Juta ke Mandiri untuk Bayar Utang

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) menandatangani kredit sebesar US$ 100 juta dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI).

EKONOMI | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengelolaan Informasi Publik Harus Mengikuti Tren Kekinian

Pengelolaan Informasi Publik Harus Mengikuti Tren Kekinian

NEWS | 28 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings