Logo BeritaSatu

Respons Kasad Saat TNI AD Dituduh Melanggar HAM Tembak KKB

Senin, 7 Februari 2022 | 21:59 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.comKepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan pandangan soal penanganan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Kasad merespons tuduhan terhadap TNI Angkatan Darat (AD) yang dianggap melakukan pelanggaran HAM saat menembak KKB di Papua.

“Giliran kita nembak mereka (KKB), kita kena HAM. Giliran mereka nembak kita (TNI) kayak kejadian kemarin, terus siapa yang bertanggung jawab?,” kata Dudung dalam acara Coffee Morning Pimpinan Redaksi bersama Kasad, Senin (7/2/2022).

Advertisement

Jenderal Dudung juga menyoroti adanya meme di media sosial (medsos) yang memandang dirinya tidak berani terjun langsung melawan kelompok separatis di Papua. Dia menegaskan sebagai Kasad tidak memiliki kewenangan untuk menyusun dan mengatur jalannya operasi di Papua.

“Ini perlu dipahami juga ini. Karena ada meme di medsos. ‘Dudung ini tidak berani, kemarin berani cabutin baliho, sekarang turun ke Papua enggak berani,’ karena saya memang enggak ada kewenangan,” katanya.

Mantan Pangkostrad ini juga tidak punya wewenang untuk mengatur penanganan kelompok separatis di Papua. Dia mengungkapkan kewenangan itu ada di Mabes TNI dan Panglima TNI.

Dia mengakui prajurit yang menjalani tugas operasi di Papua berasal dari kesatuan TNI AD. Dudung menyebut hanya berwenang untuk menanyakan informasi ke komandan di lapangan terkait aspek logistik dan kondisi prajurit. Atas dasar itu, dia meminta publik untuk tidak salah mempersepsikan kewenangan dirinya di TNI AD.

“Saya hanya bisa tanyakan komandan batalion, bagaimana anak buahmu? Sehat? Bagaimana logistiknya? Bagus? Terkirim? Hanya nanya itu saja. Kalau ada kemacetan, saya sampaikan ke Aslog untuk koordinasikan dengan Mabes TNI bagaimana proses pengiriman segala macam,” tutur Dudung.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

Sistem Penempatan Satu Kanal atau One Channel System (OCS) untuk PMI sektor domestik di Malaysia akan terintegrasi pada 18 Agustus 2022.

NEWS | 13 Agustus 2022

Salman Rushdie dalam Kondisi Serius, Terancam Kehilangan Matanya

Salman Rushdie berada dalam kondisi serius dan terancam kehilangan sebelah matanya, setelah ditikam di sebuah acara sastra di negara bagian New York.

NEWS | 13 Agustus 2022

Banjir Bandang di Tiongkok, 4 Orang Tewas dan 9 Cedera

Empat orang tewas dan sembilan lainnya cedera saat banjir bandang di Tiongkok barat daya pada Sabtu (13/8/2022), kata pihak berwenang.

NEWS | 13 Agustus 2022

Turnamen DCT KBPP Polri Cup 2022 Ditutup, Ini Daftar Pemenang

Ketua Umum KBPP Polri Evita Nursanty berharap para pemenang dapat memacu prestasi yang lebih tinggi dan menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

NEWS | 13 Agustus 2022

Kapan Matahari Berhenti Bersinar dan Mati? Ini Jawaban Ilmuwan

Sebuah studi berdasarkan analisis jutaan bintang, telah menghasilkan perkiraan berapa tahun kehidupan Matahari tersisa sebelum mati.

NEWS | 13 Agustus 2022

Tersambar Petir Saat Main Sepak Bola, Warga Sukabumi Tewas

Seorang pesepak bola meninggal di tempat akibat tersambar petir saat menjalani laga persahabatan antara Pepermi FC dan YGS FC di Sukabumi.

NEWS | 13 Agustus 2022

AKKMI Sesalkan Penyelundupan BBM di Tiongkok oleh ABK WNI

AKKMI menyesalkan penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) oleh empat anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang ditahan polisi laut Tiongkok.

NEWS | 13 Agustus 2022

Pria Diselamatkan dari Terowongan Runtuh, Dituduh Hendak Bobol Bank

Seorang pria diselamatkan dari terowongan yang runtuh di Roma telah dituduh menggalinya sebagai bagian untuk membobol bank.

NEWS | 13 Agustus 2022

Paman Tikam Keponakan di Kelas, Polisi Ungkap Motifnya

Aparat kepolisian mengungkap motif pembunuhan oleh seorang paman Rahmat (32) terhadap keponakannya berinisial SR (10) saat belajar di ruang kelas.

NEWS | 13 Agustus 2022

Bakamla Akan Membangun 60 Unit Rumah Susun di Batam

Pembangunan rumah susun ini merupakan hasil kerja sama Bakamla dengan Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, dan BP Batam.

NEWS | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings