Juventus Telan Kekalahan Perdana

Juventus Telan Kekalahan Perdana
Ekspresi kekecewaan pemain Juventus usai dikalahkan Lazio 1-3 di Olimpico, Minggu, 8 Desember 2019. (Foto: Filippo MONTEFORTE / AFP))
Iman Rahman Cahyadi / CAH Minggu, 8 Desember 2019 | 06:05 WIB

Roma, Beritasatu.com - Juventus harus menelan pil pahit dalam lawatannya ke kandang Lazio di Stadion Olimpico dalam lanjutan Serie A, Minggu (8/12) dini hari WIB. "Si Nyonya Tua" menyerah 1-3 dan ini menjadi kekalahan perdana mereka. 

Kekalahan ini tidak lepas dari kartu merah yang diterima Cuadrado di pertengahan babak kedua. Kekalahan ini membuat mereka gagal kembali ke puncak klasemen dan kini tertahan di peringkat kedua dengan 36 poin, tertinggal dua poin dari Inter Milan.

Juventus tampil ngotot sejak awal laga. Namun tembakan Dybala dari tepi kotak penalti berhasil diamankan Strakosha di menit 10. Semenit berselang sepakan sudut langsungya juga digagalkan mistar gawang.

Setelah beberapa hadangan keras harus diterima Ronaldo, bintang asal Portugal tersebut akhirnya mengukir namanya di papan skor pada menit 25. Bentancur lepas dari jebakan offside saat menerima umpan terobosan Dybala, sebelum kirim bola kepada Ronaldo yang menunggu di muka gawang.

Lazio yang tak ingin malu di depan pendukungnya menambah intensitas serangan, tetapi peluang terbuka Immobile gagal dimaksimalkan. Bahkan Ronaldo nyaris menambah angka bila Strakosha tak melakukan penyelamatan brilian di menit 43.

Ketangguhan Lazio akhirnya terbayar tuntas di masa tambahan waktu babak pertama dalam situasi sepakan sudut. Bola ditendang dengan cepat sebelum Luis Alberto mengarahkan ke muka gawang dan Luiz Felipe dengan mudah menuntaskannya untuk menyamakan skor memasuki jeda babak.

Bertekad merebut puncak klasemen, Juventus justru tertekan oleh serangan tuan rumah di awal babak kedua. Beruntung usaha Milinkovic-Savic, Correa maupun Luis Alberto tak mampu menggetarkan jala gawang.

Justru kelengahan barisan pertahanan Lazio nyaris dibayar mahal pada menit 65. Strakosha memberikan umpan buruk kepada Acerbi yang dengan cepat direbut Dybala. Beruntung Strakosha telah kembali untuk menghentikan sepakan kencang penyerang asal Argentina tersebut.

Namun tiga menit berselang, petaka datang bagi kubu sang juara bertahan. Cuadrado mendapatkan kartu merah langsung usai melanggar Lulic yang mencoba melewatinya sebagai orang terakhir di pertahanan sebelum penjaga gawang.

Keunggulan jumlah pemain langsung dimaksimalkan Lazio untuk mencetak gol. Umpan jauh Luis Alberto dikuasai dengan sempurna oleh Milinkovic-Savic sebelum dituntaskan ke gawang pada menit 74.

Lima menit berselang seharusnya Lazio mampu unggul dengan nyaman saat Correa dijatuhkan Szczesny di kotak terlarang. Tetapi eksekusi penalti Immobile dan tembakan susulannya berhasil dimentahkan kiper asal Polandia tersebut.

Juventus mencoba segalanya dan Higuain dimasukkan untuk menambah daya ledak lini depan. Tetapi yang terjadi justru Lazio mampu memperbesar angka di penghujung laga.

Dalam sebuah serangan balik, Lazzari gagal menuntaskan peluang satu lawan satu dengan Szczesny. Tetapi bola liar jatuh di kaki Felipe Caicedo yang langsung disambar dengan tembakan keras untuk memastikan kemenangan 3-1 bagi Lazio.

Hasil ini membuat persaingan papan atas Serie-A semakin sengit. Juventus tetap di peringkat kedua dengan 36 poin, sementara Lazio mendekat dengan 33 poin dan berada satu strip di bawah Il Bianconeri.

Susunan Pemain

Lazio: Thomas Strakosha; Francesco Acerbi, Luiz Felipe, Stefan Radu; Manuel Lazzari, Sergej Milinkovic-Savic, Lucas Leiva, Luis Alberto, Senad Lulic; Joaquin Correa; Ciro Immobile

Juventus: Wojciech Szczesny; Juan Cuadrado, Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Alex Sandro; Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Federico Bernardeschi; Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo.



Sumber: Goal