Logo BeritaSatu

Satgas Waspada Investasi: Mayoritas Server Pinjol Ilegal di Luar Negeri

Kamis, 22 Juli 2021 | 14:31 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.comPinjaman online (pinjol) ilegal di Indonesia kian marak, meskipun pemblokiran situs atau aplikasi kerap dilakukan. Keberadaanya cenderung merugikan masyarakat karena menerapkan bunga pinjaman yang besar, hingga sistem penagihan utang yang meresahkan.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing menyampaikan, sejak 2018 hingga Juli 2021, Satgas Waspada Investasi telah menghentikan kegiatan 3.365 pinjol ilegal. Mayoritas server dari pinjol ilegal tersebut berada di luar negeri, sementara server pinjol ilegal yang ada di Indonesia hanya 22%.

“Lokasi server pinjol ilegal ini banyak di luar negeri, pelakunya di luar negeri, di sini operatornya atau hanya menggunakan jasa debt collector saja, semua operator di sana (luar negeri),” kata Tongam dalam acara Zooming with Primus bertajuk “Mencari Solusi Penanganan Pinjol Ilegal” yang disiarkan langsung Beritasatu TV, Kamis (22/7/2021).

Tongam menyampaikan, banyak masyarakat yang menjadi korban pinjol ilegal karena tingkat literasi masyarakat yang masih rendah. Mereka tidak melakukan pengecekan legalitas saat melakukan pinjaman, dan juga terbatasnya pemahaman terhadap pinjol.

Penyebab lainnya karena adanya kesulitan keuangan lantaran penghasilannya tidak mencukupi. Bahkan banyak juga masyarakat yang meminjam ke pinjol ilegal untuk menutup utang sebelumnya atau gali lubang tutup lubang. Hal ini menurutnya sangat berbahaya karena akan membuat utangnya semakin besar. Apalagi pinjol ilegal kerap menerapkan bunga yang besar dan tidak sesuai dengan perjanjian awal.

“Prinsip gali lubang tutup lubang utang ini sangat berbahaya. Kalau memang tidak mampu membayar pinjaman yang pertama, jangan coba-coba pinjam lagi karena hutangnya akan semakin besar,” kata Tongam.

Satgas Waspada Investasi telah melakukan tindakan preventif dan represif dalam penanganan pinjol ilegal. Untuk tindakan preventif seperti edukasi kepada masyarakat, respon pengaduan masyarakat, dan menyebarkan SMS Waspada Pinjol Ilegal. Kemudian secara represif dengan mengumumkan pinjol ilegal kepada masyarakat, cyber patrol dan mengajukan blokir situs atau aplikasi, hingga menyampaikan laporan kepada Bareskrim Polri untuk proses penegakan hukum.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tarif Ojol Lebih Mahal dari Ketentuan? Ternyata Ini Biaya Tambahannya

Saat Beritasatu.com mencoba untuk perjalanan sejauh 2,5 km, tarif ojol ternyata Rp 15.000 atau lebih tinggi dari biaya jasa minimal.

EKONOMI | 27 September 2022

Lewat WMM, Bank Mandiri Dorong Lahirnya Wirausaha Muda

PT Bank Mandiri Tbk menggelar ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022 yang bertujuan mendorong lahirnya wirausaha muda kreatif.

EKONOMI | 27 September 2022

Harga BBM Naik, REI Minta Pemerintah Naikkan Harga Rumah

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) mendorong pemerintah segera melakukan penyesuaian harga rumah seiring kenaikan harga BBM.

EKONOMI | 27 September 2022

IHSG Merosot 0,21%, Sektor Energi Berhasil Rebound

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merosot 0,21% ke kisaran 7.112,45 pada penutupan perdagangan hari ini, Selasa (27/9/2022).

EKONOMI | 27 September 2022

Perintis Triniti Properti Fokus Kembangkan Tiga Mega Proyek

CEO PT Perintis Triniti Properti Ishak Chandra menegaskan, perseroan tengah menyiapkan berbagai pipeline mega proyek di beberapa wilayah baru di Indonesia.

EKONOMI | 27 September 2022

Erick Thohir Incar Investasi dari Adani Group

Menteri BUMN Erick Thohir mengharapkan terjalinnya kerja sama antara BUMN dan perusahaan asal India, Adani Group.

EKONOMI | 27 September 2022

Tekan Inflasi Pangan, Petani Milenial Subang Tanam Cabai

Petani milenial menanam ribuan bibit cabai keriting di lahan 5000 meter persegi di wilayah Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

EKONOMI | 27 September 2022

Aplikator Baja Ringan Ikut Uji Kompetensi Tenaga Konstruksi

Serfifikasi tenaga konstruksi juga sejalan dengan rencana pemerintah membangun Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim.

EKONOMI | 27 September 2022

BBM Lebih Boros Sejak Pertalite Naik? Ini Cara Memastikannya

Baru-baru ini, beberapa pengendara mengeluhkan Pertalite terasa semakin boros dan lebih cepat menguap dibandingkan sebelum adanya kenaikan harga.

EKONOMI | 27 September 2022

Rachmat Gobel Dorong Indonesia Bisa Swasembada Aspal

Buton, salah satu pulau di provinsi tersebut, memiliki cadangan aspal besar di dunia. Potensinya sekitar 663 juta ton.

EKONOMI | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tarif <em>Ojol</em> Lebih Mahal dari Ketentuan? Ternyata Ini Biaya Tambahannya

Tarif Ojol Lebih Mahal dari Ketentuan? Ternyata Ini Biaya Tambahannya

EKONOMI | 41 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings