Logo BeritaSatu

Indonesia Re Mengajak Bangkit Mitra Binaan TJSL di Sleman

Jumat, 23 September 2022 | 19:21 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Sleman, Beritasatu.com- PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re melakukan kunjungan ke mitra binaan dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Perusahaan (TJSL) di Kelompok Petani Ikan (KPI) Tirta Mas, Ledok Peri, Tanjungtirto, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (23/9/2022).

"KPI Tirta Mas Ledok Peri ini merupakan mitra binaan kami, kami sengaja berkunjung ke sini guna memberikan motivasi kepada para petani ikan anggota KPI untuk bangkit dan pulih setelah pandemi Covid-19 mereda," kata Direktur Utama Indonesia Re Benny Waworuntu.

Menurut Benny, kondisi pandemi Covid-19 memang dirasakan cukup berat bagi para pelaku UMKM termasuk KPI Tita Mas yang mengalami penurunan produksi cukup drastis.

"Kami ingin melihat langsung bagaimana kondisi para petani ikan di sini, kami coba berdialog untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi. Kami juga memberikan pendampingan serta pelatihan budi daya dan pemasaran," katanya.

Benny mengatakan, meskipun dalam situasi pandemi Covid-19 dan produksi menurun, namun KPI Tirta Mas Ledok Peri ternyata tetap berjuang untuk terus berproduksi dan memenuhi kewajiban mengembalikan bantuan permodalan dana bergulir TJSL.

"Mereka tetap memenuhi tanggung jawabnya dan tidak sampai terhenti. Sampai saat ini semua masih lancar. Untuk itu kami memotivasi mereka agar tetap berproduksi dan cepat pulih," katanya.

Benny mengatakan, dari kerja sama kemitraan yang telah dilakukan sejak 2017 ini progres cukup bagus dan sebenarnya ada peningkatan produksi, sebelum terdampak pandemi.

"Kami juga terus melakukan pembinaan dengan menggandeng PT Gelar untuk monitoring di lapangan serta membantu memecahkan masalah jika ada kesulitan atau kendala dalam produksi. Kami ingin agar UMKM semakin tangguh," katanya.

Sementara, Ketua KPI Tirta Mas Ledok Peri Slamet Supriyono mengatakan bahwa pihaknya sangat terbantu dengan adanya bantuan peremodalan dari Indonesia Re sehingga bisa mengembangkan produksi.

"Awalnya kami hanya memiliki 30 kolam ikan untuk budi daya ikan, baik itu pembibitan maupun pembesaran. Saat ini kami sudah memiliki 70 kolam," katanya.

Menurut Slamet, KPI Tirta Mas Ledok Peri mendapatkan pinjaman permodalan dari PT Reasuransi senilai Rp500 juta pada tahap pertama.

"Sebenarnya jika tidak ada pandemi kami optimis bisa lebih berkembang lagi, sehingga bantuan permodalan tahap kedua bisa bertambah. Namun yang penting kami tetap bisa produksi dan membayar cicilan pinjaman," katanya.

Slamet mengatakan, sangat berterima kasih atas bantuan permodalan dan pelatihan yang diberikan Indonesia Re ini karena dapat meningkatkan perekonomian seluruh anggota.

"Yang jelas ekonomi dan kesejahteraan anggota meningkat. Kami berharap kerja sama ini terus berlanjut, terus didampingi agar bisa lebih berkembang lagi," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menko Airlangga Tegaskan Manfaat Kebijakan Satu Peta

Menko Airlangga menyampaikan, produk kebijakan satu peta telah dibagipakaikan kepada seluruh kementerian/lembaga (K/L) termasuk pemerintah daerah.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Sino Ocean Group Garap Auraya Suites di Kawasan Alam Sutera

Sino Ocean Group, mengembangkan proyek Auraya Suites sebagai hunian modern di kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Di Era Transisi Energi, Peranan Hulu Migas Justru Makin Besar

Peranan hulu minyak dan gas (migas) justru makin besar di era transisi energi. Kebutuhan energi di era transisi energi masih akan dipasok oleh energi fosil.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Waskita Karya Jalankan 8 Strategi Penyehatan, Ini Progresnya

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) tengah fokus melakukan pemulihan dengan delapan langkah penyehatan keuangan yang dilakukan sejak tahun lalu.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

BNC Gandeng IAI Gencarkan Edukasi Literasi Keuangan

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) bersinergi dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dalam acara Bali Pharmacy Festival 2022.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Dapat PMN, Kapan Right Issue Waskita Karya Digelar?

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mendapatkan alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 3 triliun.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Gandeng Lyrid, Biznet Gio Genjot Percepatan Ekosistem Cloud

PT Biznet Gio Nusantara (Biznet Gio), penyedia layanan komputasi awan (cloud computing) di Indonesia melakukan kerja sama strategis dengan Lyrid Inc.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Bea Cukai Gemakan Semangat Kolaborasi Membangun Negeri

Askolani menyebutkan, di tahun ini terdapat beberapa capaian besar Bea Cukai di bidang pengawasan dan pelayanan kepabeanan dan cukai.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

2023, Waskita Karya Targetkan Kontrak Baru Rp 35 Triliun

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menargetkan peningkata nilai kontrak baru seiring dengan perbaikan fundamental dari sisi keuangan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Zurich Syariah Luncurkan Asuransi Perlindungan Cuaca

Zurich Syariah melindungi lebih dari 1.500 petani kopi di Aceh sebagai salah satu wilayah produsen kopi terbesar di tanah air.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Petrokimia Gresik dan PGFC 2022 Hentikan Pertandingan

Tragedi Kanjuruhan, Petrokimia Gresik dan PGFC 2022 Hentikan Pertandingan

BOLA | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings