Logo BeritaSatu

Kadin Gaungkan Inclusive Closed Loop di Rantai Pasok Jagung

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:52 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Pertanian mengembangkan sistem kemitraan inclusive closed loop dalam pengelolaan rantai pasok jagung. Skema ini berupa pendampingan secara end to end bagi petani jagung, sehingga mereka bisa mendapatkan akses ke modal hingga kebutuhan sarana produksi.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pertanian Arif P Rachmat saat membuka Forum Group Discussion (FGD) bertajuk Transformasi Industri Jagung Nasional untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan dan Peningkatan Ekonomi Nasional di Jakarta pada Kamis (6/10/2022).

“Skema (inclusive closed loop, red) menempatkan kelompok petani di pusat ekosistem bisnis. Petani mendapatkan kemudahan berbagai akses, mulai dari dukungan finansial berupa pinjaman permodalan dari bank, akses ke kebutuhan sarana produksi, dukungan pemerintah pemerintah hingga akses pasar dalam hal kepastian penjualan hasil produksi ke offtaker,” kata Arif.

Data menunjukkan bahwa produksi jagung dari tahun ke tahun mengalami laju yang positif. Menurut Arif, capaian ini mengindikasi motivasi petani dalam berbudidaya tanaman jagung sangat tinggi. Meski demikian, masih banyak kendala yang dialami oleh petani: baik dari segi peningkatan produktivitas atau dalam penerapan pola pertanian yang berkelanjutan. Sehingga Kadin mendorong skema inclusive closed loop dalam pengelolaan rantai pasok.

Closed loop adalah pendampingan yang melekat, pendampingan yang end-to-end,” jelas Arif.

Ia menambahkan, skema inclusive closed loop ini menjadi salah satu butiran rekomendasi yang diajukan oleh Task Force B-20 for Trade & Investment.

Arif mengatakan Indonesia tidak melakukan impor jagung untuk kebutuhan bahan pakan ternak selama tiga tahun terakhir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), lanjut Arif, juga belum lama ini memberikan apresiasinya terhadap industri karena adanya peningkatan produktivitas jagung. Jokowi mengatakan panen petani jagung naik dari 4 ton/hektare menjadi 8 ton/hektare berkat adanya pendampingan. Sehingga membantu mengurangi impor dan bahkan memulai ekspor.

“Pesan Presiden harus kita terus bantu, sehingga lebih banyak lagi di seluruh Indonesia hal-hal kesuksesan bisa kita rasakan, terutama untuk UMKM dan petani jagung. Serta kesinambungannya juga untuk peternak ayam dan seterusnya,” kata Arif.

Dirinya berharap diskusi FGD Kadin kali ini bisa membantu merumuskan arah dan strategi untuk memperkuat ketahanan pangan.

“Serta bagaimana memposisikan Indonesia sebagai lumbung jagung setidaknya untuk di Asia Tenggara dengan kondisi surplus dan produksi yang akan kian bertambah setiap tahun ke depannya,” ungkap Arif.

“Perbaikan dan bagaimana yang diperlukan dalam sistem tata niaga nasional agar dapat terjadi peningkatan kesejahteraan, bukan hanya petani jagung saja, tetapi juga peternak unggas ke telur untuk pembuatan bahan pakan. Sehingga terjadi kesinambungan dalam industri ini secara end-to-end, pendampingan yang melekat, inclusive closed loop,” kata Arif.

Kadin Gaungkan <em>Inclusive Closed Loop</em> di Rantai Pasok Jagung
Kadin menggelar Forum Group Discussion (FGD) bertajuk Transformasi Industri Jagung Nasional untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan dan Peningkatan Ekonomi Nasional di Jakarta pada Kamis, 6 Oktober 2022. (Beritasatu.com/Jayanty Nada Shofa)

Dalam paparannya, Arif mengatakan sebagian besar jagung yang diproduksi dalam negeri digunakan sebagai bahan baku industri pakan ternak. Namun, jagung bisa menjadi bahan baku untuk produksi bahan makanan seperti tepung jagung, minyak nabati dan lain-lain.

"Kegunaan jagung sangat beragam. Potensi produksi jagung untuk produk nonpakan masih terbuka lebar," imbuh Arif.

Sebagai informasi, data USDA 2022 melaporkan produksi jagung nasional mencapai 34,4 juta ton.

Data yang ditampilkan pada FGD Kadin menunjukkan bahwa 66,37% pemanfaatan jagung di Indonesia ditujukan untuk industri dan 33,63% untuk kebutuhan konsumsi. Untuk industri, sekitar 22% untuk pakan peternak telur, sedangkan 45% untuk pabrik pakan ternak. Khusus konsumsi, 2% jagung yang diproduksi untuk konsumsi langsung, 24% bahan baku industri pangan. Lalu, 7% untuk pengunaan lainnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

APSI Minta Jasa Unlock IMEI Ditindak Tegas

Jasa unlock International Mobile Equipment Identity (IMEI) belakangan ini ramai ditawarkan melalui media sosial dan sejumlah marketplace.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Jangan Coba-coba Unlock IMEI Ponsel, Cuma Bertahan 3 Bulan

Jasa unlock IMEI lewat aplikasi pendaftaran wisatawan asing hanya berlaku beberapa bulan saja. Selain itu, garansi hangus.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Lanjutkan Pelemahan, IHSG Dibuka Terkoreksi ke 6.783

IHSG dibuka melemah 35,24 poin (0,52%) di posisi 6.783,51 pada perdagangan sesi I hari ini, Kamis (8/12/2022).

EKONOMI | 8 Desember 2022

Sektor Transportasi Online Resilien, Gojek jadi Pemimpin Pasar

Riset dilakukan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) di 5 kota besar Indonesia kepada 2.310 pengguna dan 1.155 pengusaha. 

EKONOMI | 8 Desember 2022

Wall Street Ditutup Melemah, Investor Tunggu Data Inflasi

Wall Street menutup sesi volatil dengan sebagian besar indeks utama terkoreksi pada perdagangan Rabu (7/12/2022) waktu setempat.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Konglomerat Batu Bara Low Tuck Kwong Bakal Jadi Orang Terkaya RI?

Kekayaan Low Tuck Kwong, pemilik PT Bayan Resources Tbk (BYAN), makin menggunung hingga mencapai US$ 20,8 miliar atau setara Rp 324 triliun.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Go Private, Tunas Ridean Sudah Buyback 97,6% Saham Publik

Go Private, PT Tunas Ridean Tbk (TURI) melakukan buyback seluruh saham yang dimiliki publik sejumlah 419.982.000 saham di harga Rp 1.700.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Tarik-menarik Sentimen Inflasi dengan Window Dressing, IHSG Berpotensi Rebound

Koreksi IHSG yang terjadi selama dua hari berturut-turut diakibatkan kekhawatiran pasar akan inflasi Amerika Serikat (AS) yang berkepanjangan.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Bermasalah, 13 Perusahaan Asuransi dalam Pengawasan Khusus OJK

Sebanyak 13 perusahaan asuransi yang kini dalam status pengawasan khusus dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 8 Desember 2022

IHSG Masih Tertekan, Ini 7 Saham Rekomendasi Yugen Sekuritas

Yugen Bertumbuh Sekuritas memprediksi IHSG masih tertekan dan akan diperdagangkan pada rentang 6.721 – 7.027.

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPU Akan Terjunkan Tim Lakukan Coklit Data Pemilih

KPU Akan Terjunkan Tim Lakukan Coklit Data Pemilih

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE