Logo BeritaSatu

2021 Aset BPR Tumbuh 8,6%, BPRS Naik 14,2%

Selasa, 29 Maret 2022 | 06:27 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kinerja industri Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) sepanjang 2021 atau selama pandemi Covid-19 tetap tumbuh.

"Pada tahun 2021, aset industri BPR tumbuh sebesar 8,62% dan BPRS naik 14,16%," kata Ketua Umum Perhimpunam Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Joko Suyanto dalam rapat kerja nasional (rakernas) BPR-BPRS seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya Selasa (29/3/2022).

Advertisement

Sedangkan kredit yang disalurkan BPR sepanjang 2021 tumbuh sebesar 5,24%, sementara BPRS naik 12,20%. Adapun dana pihak ketiga (DPK) dalam bentuk tabungan tumbuh 9,47% (BPR) dan BPRS 15,60%. Sedangkan deposito tumbuh sebesar 10,56% (BPR) dan 19,34% (BPRS).

Joko mengatakan industri BPR dan BPRS tengah menghadapi tantangan akibat pandemi Covid-19. Selain itu, perkembangan bisnis yang dinamis mendorong berbagai pelaku lembaga jasa keuangan baik bank maupun non-bank, sangat ekspansif menyasar target selama ini menjadi pangsa pasar BPR – BPRS. "Kondisi ini tetntunya mendorong persaingan usaha yang semakin kompetitif, antara BPR – BPRS dengan pelaku usaha jasa keuangan," kata dia.

Dalam rakerrnas Joko juga menyampaikan beberapa harapan antara lain regulator agar bisa menciptakan iklim usaha yang lebih adaptif, dinamis, dan memberikan ruang bagi BPR dan BPRS untuk tumbuh sesuai karakteristiknya dengan tetap mengimplementasikan pengembangan teknologi terkini. "BPR dan BPRS juga siap bersinergi dengan pemerintah, untuk menjadi garda terdepan menyukseskan program penyaluran bantuan kepada masyarakat," kata dia.

Perbarindo juga mendorong BPR dan BPRS segera melakukan inovasi digital sejalan dengan disrupsi atau perubahan teknologi. Pandemi telah mendorong preferensi masyarakat menggunakan transaksi digital. Untuk menjawab hal tersebut, Perbarindo bersama dengan PT Finnet Indonesia telah merampung produk co-branding dengan nama Finpay Money – BPR e-cash. Produk ini merupakan uang elektronik yang memberi kemudahan transaksi serta dilengkapi QRIS.

Selain layanan di atas, Perbarindo dengan Telkom Sigma telah mengembangkan produk BPR Digi, yakni layanan digital berbasis rekening (number of account) yang memberikan kemudahan akses informasi dan berbagai layanan transaksi kepada nasabah BPR. Sinergi lainnya yang terus dilakukan yaitu kerja sama dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dalam optimalisasi layanan perbankan kepada masyarakat. Perbarindo juga menggandeng Pefindo Biro Kredit untuk layanan pemanfaatan data Informasi perkreditan bagi BPR-BPRS.

Sementara acara rakernas kali ini dilaksanakan secara hybrid melibatkan peserta yang hadir secara luring dan daring. Kegiatan ini diikuti hampir seluruh pelaku industri BPR dan BPRS di Indonesia. Peserta yang hadir secara langsung adalah pengurus dewan pimpinan pusat (DPP) dan dewan pimpinan daerah (DPD) Perbarindo seluruh Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan, UMKM berkontribusi besar bagi pemulihan ekonomi nasional. UMKM, menyerap 96,9 persen tenaga kerja. 

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Kolaborasi dengan Bank Sumut, BNI Usung Orange Synergy

Melalui Orange Synergy, Bank Sumut dan BNI berkomitmen membangun kolaborasi strategis yang dituangkan dalam berbagai inisiatif pengembangan layanan perbankan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

AFPI-TékenAja! Hadirkan Tanda Tangan Elektronik

AFPI menjalin kerja sama dengan TékenAja! dalam penyediaan tanda tangan elektronik dan e-meterai bagi penyelenggara fintech p2p lending.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Gandeng 4 Mitra, APR Hadirkan Viscose-Rayon Berkelanjutan

PT Asia Pacific Rayon (APR), produsen serat viscose-rayon menegaskan komitmennya mendukung inovasi tekstil berkelanjutan atau ramah lingkungan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Ekonomi Pulih, Debitur Profil Risiko Tinggi Mulai Menurun

Debitur perbankan dan jasa keuangan yang memiliki profil risiko tinggi dan sangat tinggi (high risk and very high risk) mulai menurun.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Sejalan Era Digitalisasi, Aviana Kelola 180 Juta Transaksi

PT Aviana Sinar Abadi berhasil mengelola 180 juta transaksi per bulan, termasuk transaksi di pelosok daerah.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Indocement Gunakan Listrik PLN di Kompleks Pabrik Tarjun

Indocement Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan, resmi menjadi konsumen tegangan tinggi PLN pertama di Kalimantan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Resesi Global, Founder Startup Perlu Lakukan Tiga Strategi Ini

Dua tahun lalu memang menjadi tahun emas bagi startup karena pandemi dan masyarakat banyak bergantung pada teknologi.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Dana dan Here Technologies Perdalam Inklusi Keuangan

Here Technologies, platform data dan teknologi lokasi mengumumkan bahwa DANA sebagai platform dompet digital telah menggunakan layanan lokasi.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Sambut Hari Kemerdekaan, Pengembang Beri Fasilitas DP 0%

Pengembang properti Widari Agung Group memberikan kemudahkan untuk konsumen Widari Village dengan fasilitas uang muka atau DP 0%.

EKONOMI | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kronologi Penembakan Brigadir J hingga Ferdi Sambo Tersangka

Kronologi Penembakan Brigadir J hingga Ferdi Sambo Tersangka

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings