Bank Sampoerna Perluas Jangkauan Tasaku

Bank Sampoerna Perluas Jangkauan Tasaku
(Kiri ke kanan): Project Manager Tasaku Aji Saputro, CFO Bank Sampoerna Henky Suryaputra dan Branch Manager Bank Sampoernan Cab Surabaya Hendra Setiawan saat jelang Undian Tasaku di Surabaya, Jumat, (8/11/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Amrozi Amenan )
Amrozi Amenan / FER Sabtu, 9 November 2019 | 22:03 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) terus meningkatkan kontribusi Tabungan Sampoerna Alfaku atau Tasaku terhadap total kelolaan dana pihak ketiga (DPK) dengan memperluas keterjangkuannya. Tahun ini, dana kelolaan Tasaku ditargetkan bisa mencapai Rp 10 miliar.

Baca Juga: Penyaluran Kredit Laku Pandai Capai Rp 49,07 Miliar

Branch Manager Bank Sampoerna Surabaya, Hendra Setiawan, Tasaku yang pertama kali diluncurkan pada 2016 di Surabaya kini juga sudah menjangkau masyarakat di kota-kota di sekitar Surabaya seperti Sidoarjo, Malang dan Gresik. Pada akhir kuartal III 2019 tercatat nasabah Tasaku telah mencapai 25.000 orang.

"Angka tersebut meningkat sekitar 30 persen jika dibandingkan dengan jumlah pengguna 1 tahun sebelumnya," kata Hendra saat jumpa pers jelang Undian Tasaku di Surabaya, Jumat, (8/11/2019) malam.

Hendra melanjutkan, peningkatan jumlah nasabah itu menunjukkan, masyarakat memperoleh kemudahan untuk menabung melalui Tasaku sekaligus tingkat kepercayaan terhadap Tasaku juga semakin meningkat. Per akhir September 2019 Tasaku telah menyumbang dana sebesar Rp 7,5 miliar terhadap total kelolaan dana pihak ketiga (DPK) Bank Sampoerna sebesar Rp 9 triliun.

Baca Juga: Ajaib Hadirkan Investasi Reksa Dana Berbonus Asuransi

"Hingga akhir tahun ini, kami targetkan Tasaku bisa menghimpun dana sebesar Rp 10 miliar dari target DPK sebesar Rp 10 triliun,” jelas Hendra.

Menurut Hendra, keberhasilan Tasaku menjaring nasabah tak lepas dari layanan Tasaku yang semakin luas. Terdapat lebih dari 300 outlet Alfamart dan Alfamidi yang melayani Tasaku. Selain itu, edukasi yang dilakukan selama ini membuat masyarakat lebih memahami manfaat beragam layanan yang disediakan oleh Tasaku. Saat ini, Tasaku sedang mempersiapkan diri agar bisa menjangkau beberapa wilayah di Indonesia. Nantinya Tasaku akan dapat diakses di seluruh jaringan Alfa Grup di Indonesia.

Baca Juga: Tokomodal Bangkitkan Kembali UMKM Korban Tsunami

"Memperhatikan respon masyarakat atas Tasaku selama 3 tahun terakhir ini, kami meyakini bahwa masyarakat di seluruh Indonesia selayaknya juga berkesempatan untuk memperoleh manfaat yang sama. Untuk itu, kami akan memperluas jangkauan layanan Tasaku. Jika saat ini layanan Tasaku masih terbatas di beberapa kota di Jawa Timur, kami mengusahakan agar pada awal tahun 2020 Tasaku sudah bisa dilayani di seluruh Indonesia melalui jaringan Alfa Grup seperti Jakarta, Jabar, Jawa Tengah, Sumatera dan Sulawesi,” ucap Hendra.

Perluasan layanan Tasaku secara nasional juga akan dilakukan melalui kerja sama dengan mitra strategis Bank Sampoerna, KSP Sahabat Mitra Sejati. Tasaku akan segera dapat dilayani juga oleh anggota di KSP Sahabat Mitra Sejati yang tersebar di 27 provinsi di seluruh Indonesia.

"Tasaku kami adakan dalam rangka mendukung program Laku Pandai dari OJK dan untuk menjangkau lebih banyak masyarakat, terutama mereka yang belum terjangkau layanan perbankan," pungkas Hendra.



Sumber: Investor Daily