Logo BeritaSatu

OJK Dorong BPR/BPRS Lebih Inovatif agar Makin Diterima Pasar

Kamis, 30 Juni 2022 | 19:57 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) untuk secepatnya melakukan inovasi agar tetap eksis. Pendekatan kolaborasi termasuk dukungan regulasi dipercaya dapat menjawab kebutuhan pasar.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK terpilih 2022-2027 Dian Ediana Rae menyampaikan, BPR/BPRS memang perlu secepatnya melakukan inovasi agar dapat berkompetisi dalam melayani kepentingan ekonomi kecil dan UMKM. Di samping persaingan dengan bank konvensional, BPR/BPRS juga mesti menghadapi shadow banking melalui fintech dengan regulasi yang lebih longgar dan kompetitif.

Advertisement

"Tantangannya adalah bagaimana niche product and market yang dipegang BPR/BPRS yang dapat melakukan penetrasi pasar sehingga dapat bertumbuh dengan baik. Harapannya BPR/BPRS dapat menjadi lembaga yang agile, adaptive, contributive, dan resilient dalam kontribusi dalam pengembangan UMKM di daerah masing-masing," kata Dian dalam keterangan resmi, Kamis (30/6).

Pada awal 2021, Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan Panduan Kerjasama BPR dan Fintech Lending. Panduan itu menjadi acuan bersama dalam membangun kolaborasi di antara keduanya.

Selain panduan tersebut, OJK juga mengeluarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 25/03/2021 tentang Penyelenggaraan Produk BPR/BPRS. Regulasi baru bertujuan menjadi landasan dan jaminan kepastian hukum bagi BPR/BPRS mencapai level of playing field di dalam industri jasa keuangan ke depan.

Bagi sebagian pihak, POJK 25 tersebut dinilai akomodatif sehingga dapat meningkatkan persaingan usaha dan service level dari setiap BPR/BPRS. BPR maupun BPRS tidak lagi dinilai dari klasifikasi BPRKU (BPR Berdasarkan Kegiatan Usaha) tapi diberi kesempatan yang sama tergantung pada kecukupan modal, cara penilaiannya, dan penerapan manajemen risiko.

Ketua Umum Kompartemen BPRS Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Cahyo Kartiko, saat ini BPR/BPRS memiliki tantangan utama untuk terus tumbuh di tengah persaingan ketat. Tantangan yang dimaksud misalnya konsentrasi pendanaan dan bagi hasil tinggi, pemilihan portofolio pembiayaan berisiko tinggi, model bisnis kurang jelas, dan masih menggunakan teknologi sederhana.

"Transformasi digital merupakan kondisi yang tidak dapat dihindari oleh industri termasuk industri BPR Syariah. Dengan adanya sinergi dan kolaborasi serta dukungan penuh dari otoritas, maka kebutuhan pasar akan transaksi digital oleh BPR Syariah akan lebih cepat terpenuhi," jelas Cahyo.

Meski dihadapkan berbagai tantangan selama pandemi, BPR/BPRS masih mampu mencatatkan pertumbuhan positif. Per September 2021, total aset BPR/BPRS tumbuh 8,90% (yoy), penyaluran kredit tumbuh 4,33% (yoy), dan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 11,27% (yoy).


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Investor Profit Taking, Pasar Kripto Sedikit Tertahan

Pasar kripto menjelang akhir pekan terpantau mengalami kelesuan. Kondisi yang sama terjadi dengan Ethereum yang harus terpental dari zona hijau.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Investasi Astra di GOTO Hasilkan Untung Rp 3,7 Triliun

PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan keuntungan nilai wajar sebesar Rp 3,71 triliun atas investasi pada PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO).

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Japnas Fokus Sinergi Ciptakan Peluang Usaha dan Investasi di Indonesia

Ketua Japnas Bayu Djokosoetono menegaskan bahwa organisasi yang dipimpinnya fokus dalam business matching di seluruh daerah dan pusat.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Hadir Lebih Cepat, Ini Jadwal Baru Perilisan Ethereum 2.0

Pengembang Ethereum telah mengumumkan proses migrasi jaringan blockchain ETH akan terjadi pada 15 atau 16 September 2022 mendatang.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

JIEP Berhasil Raih Penghargaan CSR dan TJSL Award 2022

JIEP atau PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung berhasil meraih penghargaan atas aksi korporasinya.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Baleomol Berpartisipasi dalam Temu Mitra Agung Si Raja

 Baleomol, social commerce di bawah naungan PT Baleo Mol Indonesia turut berpartisipasi di ajang Temu Mitra Agung Si Raja.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Ajaib Group Gelar Edukasi Investasi untuk Anak Muda di Jateng

Chairman Ajaib Group, Andi Gani mengungkapkan saat ini hampir 50% investor saham di Indonesia merupakan pengguna aplikasi Ajaib.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Jeda Siang, IHSG Tergerus 25,9 Poin ke Level 7.136

Volume perdagangan IHSG hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 160,1 miliar saham senilai Rp 6,8 triliun.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

Paiton Energy dan POMI Giatkan UMKM untuk Membangkitkan Ekonomi Indonesia

PT Paiton Energy dan POMI terus mendukung dan terlibat aktif untuk mempromosikan dan membuka jaringan pemasaran produk UMKM di Probolinggo, Jawa Timur.

EKONOMI | 12 Agustus 2022

OJK Usul Percepatan Lembaga Penjaminan Polis pada RUU P2SK

OJK mengusulkan percepatan pembentukan  Lembaga Penjaminan Polis ikut ditegaskan pada salah satu pasal dalam RUU P2SK.

EKONOMI | 12 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Saiful Mujani: Koalisi PKB-Gerindra Bukan Aspirasi Pemilih PKB

Saiful Mujani: Koalisi PKB-Gerindra Bukan Aspirasi Pemilih PKB

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings