Logo BeritaSatu

Erick Thohir: Generasi Muda Harus Jadi Pemain, Bukan Penonton

Selasa, 29 November 2022 | 15:04 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FER

Tangerang, Beritasatu.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan, generasi muda Indonesia harus menjadi pemain di era digital saat ini dan bukan hanya penonton saja.

Hal itu ditegaskan Erick Thohir saat memberikan materi dalam seminar nasional bertajuk "Intelektualitas dan Integritas Generasi Muda: Investasi Masa Depan Kepemimpinan Nasional" di kampus Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang, Selasa (29/11/2022).

Advertisement

Menurut Erick, situasi perekonomian Indonesia akan sangat bagus kedepannya. Hal ini tinggal bagaimana generasi muda mengisinya karena sudah eranya bagaimana bergerak memastikan ekonomi terus semakin maju dan terjaga.

"Isu kesenjangan lapangan pekerjaan ini harus diintervensi, dengan salah satunya tidak hanya dengan program pemerintah, tetapi bagaimana menyiapkan generasi muda yang siap pakai," ungkapnya.

Erick mengatakan, jangan sampai bangsa Indonesia yang populasinya besar hanya menjadi pasar dan sumber daya alam (SDA)-nya saja. Namun bagaimana mempersiapkan manusianya yang kedepan harus bisa melakukan adaptasi dengan segala perubahan.

Dikatakan, sumber daya alam (SDA) Indonesia terbilang luar biasa bermanfaat untuk bangsa. Namun sayang, sejak dahulu dieksploitasi untuk kepentingan bangsa lain. Begitu juga dengan pembukaan lapangan kerja dan perekonomian.

"Hari ini kita harus dipastikan hilirisasi dan industrialisasi terjadi di Indonesia. Pasar kita besar, tetapi jangan sampai digital ekonomi mendatang yakni pada 2030 yang akan mencapai 4.500 triliun terbesar di Asia Tenggara, jadi penonton saja," tegas Erick.

Pasar yang besar tersebut, jelas Erick Thohir, harus dipastikan untuk kebutuhan bangsa Indonesia juga. "Kita tidak lagi mengandalkan sumber daya alam dan pasar saja, perlu ada pengembangan sumber daya manusia menjadi sebuah keunggulan dengan menciptakan leadership atau kepemimpinan yang berintegritas dan lainnya," urainya.

Dikatakan, sebuah usaha UMKM yang migrasi ke digital, artinya ada inovasi dan adaptasi. Pertumbuhan ekonomi berdasarkan kemampuan manusia berinovasi. Yang namanya SDA dihilirisasi karena kemampuan manusia. Contohnya, nikel menjadi baterai. Lalu kelapa sawit menjadi minyak goreng dan bahan kosmetik serta lainnya.

Baca selanjutnya
Terkait ekonomi digital, kata Erick Thohir, Indonesia harusnya bisa membuat game ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Permintaan Minyak Dunia Diramal Naik Jadi 101,7 Juta Barel

IEA dalam laporannya Januari 2023 lalu menyebut permintaan minyak dunia tahun 2023 diramal akan meningkat sebesar 1,9 juta bare per hari.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Digitalisasi Picu Serapan Lahan Kawasan Industri Menciut 17%

Penyerapan lahan di kawasan industri (KI) sepanjang 2022 turun 17,19% menjadi 519,38 ha dibanding 2021 karena transformasi digital.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Langka, Migor MinyaKita di Lampung Naik Dibanderol Rp 17.000

Minyak goreng (migor) subsidi merk Minyakita langka di sejumlah pasar di Lampung sejak 1 pekan terakhir.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Mengenal Frugal Living, Hidup Hemat untuk Tujuan Finansial

Istilah frugal living yakni hidup hemat atau minimalis untuk mencapai tujuan finansial atau freedom financial bisa menjadi pilihan.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sejak Awal 2023, Obligasi dan Sukuk di BEI Rp 4 Triliun

BEI mencatat sejak awal 2023 hingga akhir Januari, total emisi obligasi dan sukuk yang adalah enam emisi dari lima emiten senilai Rp 4 triliun.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Transmart Tutup, Ini Kekayaan Chairul Tanjung dan Pendiri Alfamart

Di tengah tutupnya sejumlah gerai Transmart yang dikelola PT Trans Retail Indonesia, kekayaan Chairul Tanjung masih menjulang.

EKONOMI | 5 Februari 2023

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga mengatakan, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi ruang diskusi untuk merumuskan kembali industri pariwisata yang lebih adaptif.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Kemenaker Selesaikan Kasus Karyawan Lembur Tidak Dibayar

Haiyani menegaskan, Kemenaker menemukan adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur karaywan yang terjadi sejak September 2022.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Minta Perlakuan Ritel Modern Sama dengan Toko Online

Hippindo meminta perlakuan yang sama antara ritel modern dengan toko online, sehingga persaingan usaha antara yang offline dan online menjadi lebih sehat.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Masyarakat keluhkan kenaikan beberapa bahan pokok penting, beras mahal, dan minyak goreng langka di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Saksi: Hasya Mahasiswa UI Masih Bernafas Usai Kecelakaan

Saksi: Hasya Mahasiswa UI Masih Bernafas Usai Kecelakaan

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE