ICIS: Ancam Persatuan, Website Radikal Intoleran Harus Ditertibkan
Logo BeritaSatu

ICIS: Ancam Persatuan, Website Radikal Intoleran Harus Ditertibkan

Rabu, 3 Maret 2021 | 15:57 WIB
Oleh : BW

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Direktur Conference of Islamic Scholars (ICIS) Khariri Makmun mengatakan, keberadaan website yang berisi konten-konten radikal intoleran harus ditertibkan karena mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kalaupun harus dilakukan penutupan atau pemberangusan, pertimbangannya harus fokus pada kontennya. Ini penting agar langkah itu tidak menimbulkan gelombang penolakan," ujar Khariri Makmun dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Menurut dia, situs web radikal sudah sangat meresahkan karena telah merusak sendi-sendi kehidupan bangsa Indonesia, baik dari sisi sosial kemasyarakat maupun keagamaan.

Khariri berharap situs web nantinya untuk memengaruhi bagaimana narasi-narasi keagamaan yang akan dibangun antara yang moderat dan toleran.

Jika ditemukan konten yang tidak sesuai dengan kultur Indonesia maupun nilai-nilai keberagaman yang toleran, maka bisa langsung "disikat".

"Kalaupun nanti dibuat baru, tinggal dibersihkan saja, jadi langsung dilakukan tindakan saja yang tegas," kata anggota Komisi Dakwah MUI Pusat itu.

Ia memandang perlu terus melakukan tindakan-tindakan yang tegas untuk mengontrol apakah dalam situs web itu ada banyak pelanggaran konten atau tidak.

Selain itu, menurut Khariri, dengan adanya UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Terorisme, situs web dengan konten radikal intoleran bisa ditindak kalau memang sudah dianggap melakukan radikalisme atau terorisme di dunia maya.

Dengan melakukan identifikasi, menurut dia, bisa ketahuan juga domain tersebut milik siapa saja sehingga bisa langsung dilakukan penangkapan.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Presiden Jokowi: Indonesia Harus Antisipasi Bencana

Presiden Joko Widodo meminta semua jajarannya termasuk pemerintah daerah (pemda) harus mempersiapkan diri dengan mengantisipasi terhadap bencana secara detail.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Mahfud MD: Sarjana Hukum Tata Negara Jangan Takut Mengkritik

Mahfud MD juga meminta sarjana hukum tata negara tak takut mengkritik pemerintah.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Total Terduga Teroris Jaringan JI di Jatim yang Ditangkap Jadi 22 Orang

Dari penangkapan itu, disita sejumlah barang bukti seperti panah, samurai serta alat-alat tinju atau taekwondo.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Gus Yaqut Audiensi dengan Pimpinan KPK untuk Cegah Korupsi di Kemag

Rombongan Gus Yaqut diterima oleh Ketua KPK Firli Bahuri didampingi Wakil Ketua Alexander Marwata, Nurul Ghufron dan Nawawi Pomolango beserta jajaran.

NASIONAL | 3 Maret 2021

BNPB: Lebih dari 1.100 Jiwa dan Rp 22,8 T Melayang Akibat Bencana Tiap Tahun

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, Indonesia mengalami kerugian ekonomi akibat kejadian bencana rata-rata Rp 22,8 triliun dan korban jiwa 1.183 per tahun.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Presiden: Indonesia Termasuk Negara Paling Rawan Bencana

Dalam Rakornas Penanggulangan Bencana 2021, Presiden Jokowi mengatakan dalam setahun Indonesia mengalami sedikitnya 3.253 kejadian bencana.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Pegawai DJP Diduga Terlibat Suap, Sri Mulyani: Tidak Ada Toleransi

Terkait dugaan suap di Direktorat Jenderal Pajak, Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan pihaknya tidak menoleransi pengkhianatan upaya memulihkan ekonomi.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Ribuan Prajurit dan PNS Mabes TNI Divaksin Covid-19

Mereka harus terdaftar sebagai sasaran penerima vaksinasi Covid-19 di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

NASIONAL | 3 Maret 2021

KLHK dan APHI Gelar Pelatihan Pengembangan Hortikultura di Kawasan Hutan

KLHK bekerja sama dengan APHI menggelar kegiatan e-learning mitra usaha produktif dengan materi pelatihan pengembangan hortikultura di kawasan hutan.

NASIONAL | 3 Maret 2021

KPK Belum Berencana Hentikan Kasus RJ Lino

KPK belum berencana menerbitkan SP3 atau menghentikan penyidikan kasus dugaan korupsi Pelindo II dengan tersangka RJ Lino.

NASIONAL | 3 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS