Logo BeritaSatu

Presiden Soroti Impor Baja Penyebab Defisit Neraca Perdagangan

Rabu, 12 Februari 2020 | 12:19 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, tingginya impor baja menjadi salah satu penyebab membengkaknya defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan.

“Data yang saya miliki, impor negara kita sudah masuk ke peringkat tiga besar. Ini menjadi salah satu sumber utama defisit neraca perdagangan kita, defisit transaksi belanja kita,” kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Advertisement

Presiden Jokowi mengatakan industri baja besi adalah salah satu industri strategis nasional yang sangat diperlukan untuk pembangunan infrastruktur. Di sisi lain, katanya, utilitas pabrik baja di dalam negeri sangat rendah sehingga operasional industri baja dan besi menjadi terganggu.

“Ini tidak dapat kita biarkan terus, kita perlu segera mendorong industri baja dan besi makin kompetitif. Apa produksinya dibuat makin optimal sehingga perbaikan manajemen korporasi, pembaruan teknologi permesinan, “ katanya.

Ia mengatakan pembaruan teknologi permesinan di industri baja milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus terus dilakukan. Selain itu, pengembangan industri baja dan besi juga harus dibarengi ketersediaan bahan baku.

Disebutkan, ada tiga hal utama yang harus dilakukan untuk meningkatkan ketersediaan bahan baku industri baja dan besi. Pertama, memperbaiki sistem penyediaan bahan baku industri baja dan besi mulai dari ketersediaan dan kestabilan harga bahan baku.

Kedua segera merealisasikan harga gas untuk industri sebesar US$ 6 per MMBTU.

“Terkait harga gas untuk industri, sudah berkali-kali kita rapatkan. Informasi dari menteri ESDM bahwa ini akan segera diputuskan, bisa minta agar Perpres Nomor 40 Tahun 2016 yang mengatur mengenai harga gas industri yaitu sebesar US$ 6 per MMBTU segera realisasikan dalam waktu yang tidak lama,” katanya.

Ketiga, memperhitungkan dampak dari impor baja terhadap kualitas serta persaingan harga baja dari hasil dalam negeri. Selain itu, memperketat pemberian SNI.

“Kebijakan nontarif, penerapan SNI sehingga industri baja dalam negeri dan konsumen dapat dilindungi. Dengan memberi SNI yang dilakukan secara serampangan, kita tidak dapat membendung impor baja yang berkualitas rendah,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penuhi Kebutuhan Organisasi, OJK Angkat 268 Pegawai Baru

Pengangkatan 268 pegawai baru ini guna memenuhi kebutuhan OJK dalam menjalankan amanat undang-undang dan kewenangan tugas yang terus meningkat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Sektor Properti Pulih, Anak Usaha Triputra Perkuat Ekspansi

Seiring membaiknya pasar properti dan daya beli masyarakat, PT Anugerah Magma Nanoteknologi (AMAN) memperkuat ekspansi pasar bahan pelapis atau waterproofing.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Airlangga: Pemerintah Inginkan Indonesia Jadi Pemain Global Komoditas

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa menjadi global key player industri hilirisasi berbasis komoditas.

EKONOMI | 3 Februari 2023

OJK Sebut 11 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono menyampaikan, sebanyak 11 perusahaan asuransi masuk dalam kategori pengawasan khusus OJK.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Tongam menegaskan, Satgas Waspada Investasi terus menindaklanjuti pengaduan masyarakat korban pinjaman online atau pinjol ilegal.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Izin Bursa Kripto Berlarut-larut Tanpa Kepastian

Pembentukan bursa kripto di Indonesia belum terwujud padahal dimulai sejak 2020 dan sempat ditargetkan terbentuk pada 2021.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Manajemen Kartu Prakerja Gelar Seleksi Lembaga Pelatihan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menilai, semakin banyaknya penyedia pelatihan memungkinkan terjadinya persaingan sehat.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Good Ponsel Angels Perkuat Penetrasi Pemasaran Digital

Gebrakan pemasaran digital yang dilakukan Good Ponsel Angels ternyata sangat efektif, sehingga menjadi salah satu lini bisnis baru yang menjanjikan.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ramai Peminat, Sukuk CIMB Niaga Finance Oversubscribed 4,6 Kali

Penawaran umum sukuk wakalah CIMB Niaga Finance mencatat kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 4,6 kali.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Ini Alasan Kenapa Pemerintah Larang Ekspor Listrik EBT

Pemerintah akan melakukan penghentian ekspor listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) guna menjaga ketahanan energi di Indonesia.

EKONOMI | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ahmad Birrul Minta Waktu untuk Adaptasi dengan Persija

Ahmad Birrul Minta Waktu untuk Adaptasi dengan Persija

BOLA | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE