Tips Bagi Investor Saham Pemula, Pilih Industri yang Benar
Logo BeritaSatu

Tips Bagi Investor Saham Pemula, Pilih Industri yang Benar

Rabu, 28 Juli 2021 | 15:00 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Investor pemula kerap kebingungan saat memilih saham. Hal ini wajar sebab saham memiliki dimensi risk dan reward sehingga perlu analisis matang.

Founder Ternak Uang Timothy Ronald berbagi tips dalam menganalisis saham yang memiliki prospek bagus. "Saya memakai analisis top down. Kita lihat dulu dari kondisi global, kemudian lihat makronya, lalu lihat industrinya," kata Timothy di acara Emiten Expo yang diselenggarakan Majalah Investor, Selasa (27/7/2021).

Misalnya ke depan saham teknologi memiliki prospek bagus, maka cari emitennya (bottom up), kemudian analisis laporan keuangan dan manajemennya termasuk analisis teknikal dan pantau pergerakan (flow) uangnya. Namun di luar semua itu, kata dia, pilih industri yang benar. Jika sudah dilakukan, kemungkinan saham-saham di industri tersebut akan naik.

"Sekarang kita tahu semua lagi environmental, social, and corporate governance (ESG), kita nggak bisa pilih indutsri-industri yang condong ke batu bara dalam jangka pendek. Walaupun investor itu sedang all top high karena sahamnya tidak akan ke mana-mana," ujarnya.

Sebaliknya, investor pemula mencari saham-saham yang ada proxy to tech seperti Bukalapak yang mau initial public offering (IPO) dan sekor yang kira-kira bakal menangguk keuntungan. Dari tech ini, investor pemula bisa melihat industri lain seperti telekomunikasi. Sebab dengan aplikasi teknologi yang semakin maju, orang pasti akan membutuhkan paket data.

"Jadi, kita lihat perusahaan tower dan perusahaan telko. Kira-kira saham mana yang memiliki potensi upside tinggi. Setelah kita menganalisis secara top down, baru lihat laporan keuangannya apakah perusahaan tersebut untung atau rugi. Lalu ekuitas perusahaannya seperti apa dan siapa yang running perusahaannya," jelas Timothy.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA LAINNYA

Menko Airlangga Raih Penghargaan Internasional Terkait Pemulihan Ekonomi

Lima tokoh lainnya dari India, Korea Selatan, dan Inggris juga mendapat penghargaan di ajang yang sama.

EKONOMI | 20 September 2021

Tumbuh 8%, Industri Furnitur Tangguh Hadapi Dampak Pandemi

Industri furnitur merupakan salah satu sektor yang potensial dikembangkan karena didukung dengan ketersediaan sumber daya alam di dalam negeri.

EKONOMI | 20 September 2021

Kemnaker Dorong Perusahaan untuk Menyediakan Fasilitas Koperasi Pekerja

Kemnaker mendorong agar setiap perusahaan menyediakan fasilitas penunjang kesejahteraan pekerja/buruh, salah satunya koperasi pekerja/buruh.

EKONOMI | 20 September 2021

Modernland Mulai Serah Terima Proyek Mixed Home The Savoy

The Savoy yang mengusung konsep hunian 2 in 1, merupakan satu-satunya area rumah sekaligus tempat usaha yang berada di kawasan River Garden Jakarta Garden City.

EKONOMI | 20 September 2021

Pengamat: Holding Tingkatkan Interlink Digital UMKM dan UMi

Pada masa pandemi masyarakat cenderung bertransaksi secara daring dan mengurangi interaksi secara langsung termasuk dalam kegiatan ekonomi.

EKONOMI | 20 September 2021

Jokowi Terbitkan Keppres Tim Gernas Bangga Buatan Indonesia

Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) 15/2021 tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

EKONOMI | 20 September 2021

Fasilitas Hanggar dan Taxiway Bandara Salakanagara Mulai Dibangun

KEK Tanjung Lesung menggandeng Indonesia Flying Club (IFC) bangun fasilitas hanggar dan taxiway di bandara Salakanagara.

EKONOMI | 20 September 2021

WE+ Gandeng Posfin, Perluas Akses Klaim Asuransi

WE+ (WEPLUS) menggandeng PT Pos Finansial Indonesia (Posfin) untuk memperluas pasar serta memberi kemudahan dalam layanan klaim.

EKONOMI | 20 September 2021

Anak-Anak di Bawah 12 Tahun Diizinkan ke Mal, APPBI Siap Kawal Prokes

“Protokol kesehatan harus tetap diberlakukan secara ketat, disiplin dan konsisten,” tegas Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja.

EKONOMI | 20 September 2021

10 Daerah di Luar Jawa-Bali Masih Jalankan PPKM Level 4

PPKM level 4 diterapkan di 10 kabupaten/kota karena terkait dengan aglomerasi, jumlah penduduk maupun tingkat vaksinasi yang masih di bawah 50%.

EKONOMI | 20 September 2021


TAG POPULER

# Rocky Gerung vs Sentul City


# Napoleon Bonaparte


# Anies Baswedan


# PPKM


# Bangga Buatan Indonesia



TERKINI
IHSG Lanjut Melemah di Awal Perdagangan Hari Ini

IHSG Lanjut Melemah di Awal Perdagangan Hari Ini

EKONOMI | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings