Logo BeritaSatu

Centratama Borong 397 Menara PTAC Senilai Rp 1,17 Triliun

Selasa, 4 Oktober 2022 | 12:49 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) melalui anak usahanya PT Centratama Menara Indonesia (CMI) mengakuisisi sebanyak 397 menara milik PT Anugerah Communication (PTAC) dengan total nilai mencapai Rp 1,17 triliun.

Obyek transaksi terdiri dari 396 unit menara milik PTAC dan satu unit menara yang disewa PTAC di Waropen, Papua. Mayoritas atau sebanyak 218 dari menara-menara itu tersebar di lahan milik PT Kelola Multi Berkat (KMB) dan sebagian lainnya dimiliki pihak ketiga.

"Nilai rencana transaksi adalah sebanyak-banyaknya Rp 1,17 triliun,” tulis manajemen perseroan dalam keterangan resmi, Selasa (4/10/2022).

Nilai transaksi emiten infrastruktur telekomunikasi tersebut meliputi Rp 1,15 triliun untuk memborong menara berdasarkan perjanjian pembelian aset bersyarat (Conditional Asset Purchase Agreement/CAPA) pada 17 Agustus 2022, sedangkan Rp 19,7 miliar sisanya dipakai untuk menyewa lahan yang dikuasai KMB.

"Rencana pembelian obyek transaksi dan penyewaan lahan KMB dilaksanakan sebagai satu kesatuan transaksi yang tidak terpisahkan karena terdapat 218 obyek transaksi terletak di lahan KMB,” tambah manajemen.

Manajemen menjelaskan pertimbangan strategis di balik transaksi jumbo ini untuk meningkatkan jumlah portofolio aset menara telekomunikasi milik grup perseroan.

Dalam hal ini, perseroan dan CMI intens mencari peluang untuk mengembangkan bisnis persewaan menara telekomunikasi baik melalui pertumbuhan secara organik maupun akuisisi menara telekomunikasi.

Apalagi, aset menara milik PTAC selaku penjual sebagian besar berlokasi di wilayah timur Indonesia. Dengan demikian, perseroan meyakini akuisisi aset menara tersebut akan memperluas penawaran grup perseroan khususnya kepada para konsumen yang berada di Indonesia bagian timur.

Manfaat lain yang akan diperoleh CENT dari transaksi ini di antaranya memperkuat posisi perseroan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyedia menara telekomunikasi dan mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas penyediaan layanan kepada pada pelanggan.

"Rencana transaksi ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah dengan meningkatnya total aset yang disebabkan bertambahnya aset tetap perseroan serta terdapat peningkatan pendapatan dan laba bersih atas rencana transaksi yang dilakukan,” kata manajemen.

CENT akan menuntaskan transaksi ini melalui dua tahap dan akan tunduk pada pemenuhan persyaratan pendahuluan tertentu di antaranya persetujuan para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan digelar pada 5 Oktober 2022 dan perizinan pihak atau instansi berwenang lainnya.

"Seluruh tahapan rencana transaksi ditargetkan selesai secara penuh paling enam bulan sejak CAPA dan 12 bulan sejak tanggal keputusan RUPS Perseroan yang menyetujui rencana transaksi (long stop date),” terang manajemen.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Emas Ambles US$ 5,6 karena Kuatnya Data Pekerjaan AS

Harga emas ambles pada perdagangan Jumat waktu setempat (2/12/2022) dari kenaikan tajam sehari sebelumnya karena data pekerjaan AS lebih kuat.

EKONOMI | 3 Desember 2022

S&P 500 dan Nasdaq Ambles karena Data Pekerjaan Memanas

Bursa AS Wall Street bervariasi pada perdagangan Jumat (2/12/2022) karena investor menilai data pekerjaan AS lebih panas dari perkiraan.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Bursa Eropa Turun karena Data Pekerjaan & Covid-19 Tiongkok

Stoxx 600 di bursa Eropa turun 0,2%. Saham minyak dan gas memimpin penurunan, ambles 1,1%.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Harga BBM Nonsubsidi Shell, BP, dan Pertamina Naik, Paling Murah?

Per 1 Desember, harga BBM nonsubsidi mengalami kenaikan, baik milik PT Pertamina (Persero) hingga perusahaan swasta lainnya seperti Shell dan B-AKR.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Sri Mulyani Wanti-wanti Imbas Bunga Fed di 2023 bakal Lama

Pemerintah mewaspadai dampak kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (The Fed) terhadap perekonomian nasional pada tahun 2023.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Fed Mulai Jinak, OJK Yakin Kredit Perbankan Tumbuh 12%

OJK optimistis kredit perbankan bisa tumbuh minimal 12% pada tahun 2023, minimal sama dengan tahun 2022.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Bulog Lampung Pastikan Stok Beras Aman Jelang Nataru

Stok beras di gudang Bulog saat ini tersedia sebanyak 15.000 ton sehingga aman jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2022.

EKONOMI | 3 Desember 2022

20 Perusahaan Raih Green Initiative Awards

Green Initiative Awards diberikan kepada perusahaan yang bergerak di sektor perbankan, energi/pertambangan, teknologi/transportasi dan consumer goods.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Fokus di Perbaikan Bisnis, Laba Bersih PertaLife Melonjak 71 Persen di Q3

PertaLife Insurance mampu mencatat kinerja keuangan yang positif di Q3, di mana tercatat sampai 30 September 2022, perseroan meraih laba bersih Rp 50,16 miliar.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Sri Mulyani Sebut Risiko Global Meningkat Usai Pandemi

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dunia dihadapkan pada beberapa risiko global yang diprediksi akan terjadi pada tahun depan.

EKONOMI | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IPO Jumbo, XXI Cineplex Bidik Dana hingga Rp 18 triliun

IPO Jumbo, XXI Cineplex Bidik Dana hingga Rp 18 triliun

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE