Logo BeritaSatu

Menjaga Kesehatan di Usia Lanjut, Lakukan 6 Cara Ini!

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:03 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Berapa pun usia Anda, menjaga kesehatan tubuh tetap harus menjadi fokus utama. Terlebih ketika Anda sudah menginjak usia 65 tahun atau lebih, masalah kesehatan sesederhana flu dan pilek saja bisa berkembang dan menyebabkan komplikasi. Untuk itu, sangat penting bagi semua orang mengetahui bagaimana menjaga kesehatan di usia lanjut.

Mengutip dari Healthline, ada beberapa tips menjaga kesehatan di usia lanjut, yang penting untuk diketahui dan diterapkan, seperti:

Tetap aktif
Aktivitas fisik merupakan penguat sistem kekebalan tubuh. Semakin banyak Anda bergerak, maka semakin besar kekuatan tubuh dalam melawan peradangan dan juga infeksi. Tak perlu terlalu berat, bahkan latihan fisik yang ringan pun juga efektif mencegah penyakit. Ini merupakan tips menjaga kesehatan di usia lanjut yang penting untuk diterapkan.

Berjalan, Berenang, bersepeda, atau latihan aerobik ringan lainnya bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di usia lanjut. Lakukan olahraga ringan selama 20–30 menit dalam sehari, untuk menjaga kesehatan tubuh tetap prima meski sudah di usia senja.

Konsumsi suplemen seperlunya
Beberapa suplemen memang ditujukan untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selalu tanyakan terlebih dahulu pada dokter sebelum Anda mengonsumsi suplemen apa pun, terutama jika di saat yang sama Anda juga mengonsumsi obat resep. Beberapa suplemen yang mungkin akan direkomendasikan yakni vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, atau kalsium.

Dalam mengonsumsi suplemen pun tak boleh berlebihan, karena dikhawatirkan akan ada efek samping yang berbahaya. Cukup konsumsi suplemen atau multivitamin sesuai anjuran, sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi makanan yang sehat
Meningkatkan konsumsi buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak, sangat baik untuk menjaga kesehatan di usia lanjut dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi diri dari virus dan bakteri berbahaya penyebab penyakit.

Buah dan sayuran merupakan sumber antioksidan yang baik. Sementara itu di dalam tubuh, antioksidan memiliki peran dalam melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan, dan menjaga tubuh agar terus sehat.

Batasi juga konsumsi makanan yang manis dan berlemak, yang dapat memicu peradangan dalam tubuh dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Sering cuci tangan
Kebiasaan mencuci tangan yang sudah mulai terbentuk akibat pandemi jangan ditinggalkan, karena ini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan di usia lanjut yang penting dilakukan.

Virus atau bakteri penyebab penyakit bisa saja hidup di permukaan tangan Anda. Bayangkan, jika tangan Anda yang telah terkontaminasi mikroorganisme penyebab penyakit ini, menyentuh area mulut, hidung, atau bahkan mata Anda, ini akan mempermudah kuman masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

Rutinlah mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir paling tidak selama 20 detik setiap cuci tangan. Hindari juga menyentuh area wajah dengan tangan yang kotor.

Jika sulit mencari tempat mencuci tangan, sediakan selalu hand sanitizer di dalam tas yang Anda bawa bepergian, sehingga Anda bisa memakainya sewaktu-waktu dalam kondisi darurat sekalipun.

Pelajari cara mengelola stres
Stres kronis meningkatkan produksi hormon kortisol dalam tubuh. Di saat ada terlalu banyak hormon kortisol dalam darah, ini bisa mengganggu berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh.

Saat sudah memasuki usia lanjut, stres bisa sangat berbahaya, untuk itu, mengetahui cara mengelolanya adalah jalan terbaik untuk tetap sehat. Untuk mengurangi stres bisa dilakukan dengan cara:

  • Meningkatkan aktivitas fisik
  • Istirahat yang cukup
  • Jangan membuat ekspektasi yang tidak realistis
  • Jalani aktivitas yang santai dan menyenangkan

Istirahat yang cukup
Tidur tidak hanya dapat mengurangi stres, tapi di saat tidur, tubuh mulai memperbaiki dirinya sendiri. Inilah yang menjadi alasan, mengapa mendapatkan tidur yang cukup sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih mudah melawan penyakit.

Seiring bertambahnya usia, tidur juga penting karena dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kaesang Pangarep Akan Jalani Tradisi Siraman dan Nyantri

Kaesang Pangarep akan menjalani tradisi siraman dan nyantri jelang pernikahannya dengan Erina Gudono, pada minggu depan.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Cegah infeksi, Asosiasi Dokter Khitan Ajak Anak Peduli Kesehatan

Asosiasi Dokter Khitan Indonesia (Asdoki) mengajak anak-anak Indonesia peduli akan kesehatan sejak dini.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Ujung Ujungnya Dangdut Tampilkan Govinda, Wandra dan Syahiba

Program musik "Ujung Ujungnya Dangdut" kembali tayang di BTV, hari ini, Sabtu (2/12/2022).

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Komedi Indekos "Satu Kosan Pengen Viral" Tayang di BTV

Saksikan malam ini, Sabtu (2/12/2022) komedi series berjudul Indekos episode "Satu Kosan Pengen Viral" yang tayang di BTV setiap hari Sabtu pada jam 9 malam.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Waspada, Mata Kering Bisa Sebabkan Penglihatan Berkurang

Kondisi mata kering memiliki dampak signifikan yang menyebabkan berkurangnya penglihatan seseorang.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

CLBK Cak Lontong Bakal Blak-blakan Bareng Pinkan Mambo

Program berjudul Cak Lontong Blak Blakan alias CLBK akan mengundang bintang tamu Pinkan Mambo.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Blackpink Rilis Reality Show "Born Pink Memories"

Blackpink secara mengejutkan merilis klip pendek reality show berjudul BPM, singkatan dari Born Pink Memories.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Kesedihan pada Ibu Hamil Berpotensi Picu Persalinan Prematur

Kesedihan pada ibu hamil berpotensi memicu persalinan prematur. Walau hormon berperan besar, kesedihan pada ibu hamil tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Berperan Jadi Putri Solo, Marsha Aruan Alami Tantangan Berat

Artis Marsha Aruan sukses memerankan tokoh Putri Solo dalam film terbarunya Nagih Janji Cinta yang diproduksi PIM Pictures.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Hina Maia dan Suruh Lesti Cerai, Pinkan Mambo Minta Maaf

Pinkan Mambo meminta maaf atas pernyataannya yang terkesan menghina rekan duetnya, Maia Estianty dan minta Lesti Kejora segera menceraikan Rizky Billar.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

Top 5 News: Percepatan Vaksin Booster, Visi Yudo Margono hingga Tembok CIMB Finance Roboh

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE