Logo BeritaSatu

Ratusan Ojol, Warga, dan PKL Terima APD dari Satgas Forkoma PMKRI

Kamis, 9 April 2020 | 18:02 WIB
Oleh : Heriyanto / HS

Jakarta, Beritasatu.com - Ratusan pengendara ojek online (ojol), warga, dan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Stasiun Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, menerima alat pelindung diri (APD) berupa masker, sabun dan cairan pembersih tangan (hand sanitizer), dan vitamin. Bantuan APD tersebut disalurkan alumni dan anggota Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Forkoma-PMKRI.

Dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/4), Koordinator Satgas Covid-19 Juventus Prima Kago menjelaskan distribusi APD tersebut dilakukan pada Rabu (8/4) kepada ratusan ojol, PKL, warga di sekitar Stasiun Gondangdia atau yang melintasi kawasan tersebut. Aktivitas tersebut akan rutin dilakukan sesuai dengan ketersediaan materi yang hendak disalurkan.

Advertisement

Dia menjelaskan pihaknya menyalurkan 150 botol hand sanitizer (ukuran 250 mililiter), 150 lembar masker, dan lebih dari 400 butir vitamin yang dikumpulkan dari para alumni dan berbagai pihak yang memberikan kepercayaan melalui PMKRI.

Ujang dan Pardi merupakan PKL yang merasakan sekali manfaat masker dan hand sanitizer yang disalurkan para mahasiswa itu. Demikian juga ratusan ojol yang sering mangkal di sekitar Stasiun Gondangdia menyampaikan terima kasih kepada PMKRI dan para alumni yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Forkoma-PMKRI.

“Kawan-kawan pengemudi ojol sangat terbantu dengan masker, hand sanitizer, dan vitamin. Beberapa kali tidak mengenakan masker maka penumpang biasanya tidak mau,” ujar salah satu pengemudi ojol.

Namun, kata dia, seiring dengan penetapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta, masker atau berbagai bantuan yang diterimanya bisa digunakan untuk keluarga para ojol tersebut.

Ketua PP PMKRI Periode 2020-2022 Benidiktus Papa menjelaskan bahwa aksi kepada PKL, ojol dan warga tersebut merupakan bagian dari solidaritas pencegahan pandemi Covid-19 yang sudah menimbulkan banyak korban jiwa. Gerakan kemanusian itu akan terus diperluas dalam rangka meringankan beban sesama saudara dan masyarakat Indonesia.

“Kami terus menggelorakan kerja-kerja kemanusiaan ini kepada seluruh jaringan PMKRI secara nasional. Tentu dengan tetap memegang protokol dan aturan yang ketat agar terhindar dari wabah virus Covid-19,” ujarnya.

Ketua Forkoma PMKRI Hermawi Taslim mengapresiasi kerja para mahasiswa tersebut sekalipun dengan segala keterbatasan. Untuk itu, dia berharap semakin banyak alumni ataupun pihak-pihak yang mau menyalurkan bantuan melalui Satgas Covid-19 Forkoma-PMKRI.

“Bagi yang mau menyumbangkan APD atau dalam bentuk lainnya seperti uang, makanan dan apapun yang bisa meringankan beban masyarakat, Satgas Covid-19 Forkoma-PMKRI selalu siap menyalurkannya. Standar penyaluran sesuai dengan protokol yang ditetapkan pemerintah,” tegasnya.

Seperti diketahui, sejak dibentuk pada Jumat (20/3) lalu, Satgas Covid-19 Forkoma-PMKRI menempati posko di Gedung Margasiswa 01, Jalan Sam Ratulangie 01, Menteng, Jakarta.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemkot Jakpus Bangun 4 Embung Cegah Banjir di Cempaka Putih

Pemkot Jakpus membangun embung di Kecamatan Cempaka Putih untuk menampung air hujan. Selain itu, untuk mencegah potensi banjir.

NEWS | 31 Januari 2023

Covid-19 Subvarian Kraken, Pemerintah: Disiplin Prokes Diperlukan

Kemunculan Covid-19 subvarian Omicron XBB 1.5 atau Kraken mengingatkan masih perlunya memperkuat disiplin penerapan protokol kesehatan.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Metro Respons Pengakuan Wanita dalam Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Polda Metro Jaya merespons pengakuan penumpang wanita di sedan Audi A6 yang menabrak mahasiswi Selvi Amalia Nuraeni di Cianjur, hingga tewas.

NEWS | 30 Januari 2023

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Selenggarakan Studi Vokasi Industri

Politeknik Tridaya Virtu Morosi menyelenggarakan program studi vokasi industri dan bertekad mencetak serta membentuk SDM unggul dan berkompeten.

NEWS | 31 Januari 2023

Siap-siap, Rekrutmen Calon ASN 2023 Bakal Segera Dibuka

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 bakal segera dibuka.

NEWS | 31 Januari 2023

BPJS Kesehatan Diprediksi Kembali Defisit tahun 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) memprediksi aset bersih dana jaminan sosial atau DJS kembali defisit pada tahun 2024.

NEWS | 30 Januari 2023

Polri Kirim 15 Personel Jadi Penyidik di KPK Selama 4 Tahun

Polri mengirimkan 15 personel untuk diperbantukan menjadi penyidik di KPK. Mereka akan bertugas selama empat tahun ke depan.

NEWS | 30 Januari 2023

Habiburokhman: Tak Elok Giring Kaesang ke Gerindra

Habiburokhman mengungkapkan tidak elok rasanya menggiring putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep masuk ke Gerindra.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Reshuffle Kabinet, Waketum PPP Sebut Dengar Kabar

Terkait perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo, PPP menyatakan belum memperoleh informasi.

NEWS | 31 Januari 2023

KUHP Baru Jadi Cermin Indonesia dalam Wajah Hukum Pidana

KUHP baru secara filosofis memiliki perbedaan dengan KUHP lama karena memiliki nilai dan kepribadian Indonesia sebagai bangsa merdeka.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

Kemenaker Harap Anak Muda Berkontribusi dalam Pembangunan Ekonomi

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE