Hantam Mallorca, Barca Kembali Kuasai Klasemen

Hantam Mallorca, Barca Kembali Kuasai Klasemen
Lionel Messi merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Real Mallorca bersama Luis Suarez di Nou Camp, Minggu, 8 Desember 2019. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Minggu, 8 Desember 2019 | 05:16 WIB

Barcelona, Beritasatu.com - Puncak klasemen kembali dikuasai Barcelona usai meraih kemenangan besar 5-2, atas Real Mallorca di Camp Nou, Minggu (8/12) dini hari WIB. Trio penyerang Blaugrana, Lionel Messi, Luis Suarez dan Antoine Griezmann, menjadi protagonis kemenangan tim tuan rumah dalam laga ini.

Barcelona tampil percaya diri sejak menit awal. Ancaman langsung ditebarkan Messi dan Griezmann lewat kerja sama apik di area penalti. Sayangnya, umpan silang Griezmann meluncur terlalu deras. Gol pembuka Barca terjadi di menit ketujuh lewat aksi Griezmann yang sukses menaklukkan Reina lewat skema serangan balik cepat yang dirancang kiper Andre Ter Stegen. 

Unggul 1-0, Barca makin agresif menyerang. Menit 15 sundulan Sergio Busquets masih bisa digagalkan Reina. Dua menit kemudian Barca berhasil menggandakan skor lewat aksi spektakuler Messi.  Bola hasil tendangan melengkung Messi dari luar kotak, tidak kuasa dijangkau Reina. Skor 2-0.

Suarez nyaris mencetak gol ketika di menit 32 jika saja sepakannya usai melewati adangan Reina tidak menyamping di sisi gawang. 

Mallorca bukan tanpa perlawanan. Mereka mampu membuat peluang dan memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 melalui gol Budimir di menit 35 memanfaatkan umpan terobosan dari Sevilla melalui sepakan terukur ke gawang Ter Stegen.

Namun Barcelona kembali memperlebar jarak dengan gol ketiga yang kali ini kembali dicetak Messi. Operan Ivan Rakitic berhasil diselesaikan Messi melalui sepakan melengkung yang mengarah ke pojok gawang. Pesta gol Barca berlanjut di menit 43  lewat  Suarez pada menit ke-43. Ujung tombak Uruguay itu berhasil menyambar umpan dari De Jong dengan menggunakan tumitnya.

Kedudukan 4-1 bertahan hingga wasit menyudahi laga babak pertama.

Interval kedua dibuka dengan aksi spekulatif Rakitic, yang mengirim tembakan dari luar kotak penalti, namun upaya gelandang Kroasia itu melenceng di sisi gawang.

Barcelona berpeluang menambah skor lewat aksi Griezmann pada menit ke-52, namun tendangan eks Atletico Madrid itu masih bisa diselamatkan oleh Reina.

Mallorca sukses memanfaatkan kelengahan lini belakang Barcelona saat laga memasuki menit ke-64. Budimir mencetak gol keduanya setelah menyambar umpan silang Gamez melalui tandukan kencang dari jarak dekat.

Messi untuk kali ketiga menjadi mimpi buruk bagi pertahanan Mallorca. Striker 32 tahun itu berhasil mencetak hat-trick pada menit ke-83 setelah memanfaatkan umpan terobosan dari Suarez.

Memasuki periode injury time, yang berjalan selama empat menit, Mallorca nyaris kemasukan untuk keenam kalinya. Beruntung, Reina masih sanggup menepis bola hasil halauan Valjent yang mengarah ke gawang.

Hingga pertandingan berakhir skor 5-2 tetap bertahan untuk kemenangan Barcelona. Tiga poin tambahan ini membawa anak asuh Ernesto Valverde kembali ke puncak klasemen sementara La Liga, menggeser rival abadi mereka, Real Madrid.

Susunan pemain

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Junior Firpo; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Frenkie de Jong; Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann.

Real Mallorca (4-3-3): Manolo Reina; Joan Sastre, Martin Valjent, Antonio Raillo, Fran Gamez; Salva Sevilla, Iddrisu Baba, Aleix Febas; Dani Rodriguez, Ante Budimir, Takefusa Kubo.



Sumber: Goal