Laga Terakhir Sebagai Tuan Rumah, Persija Ditundukkan Persebaya

Laga Terakhir Sebagai Tuan Rumah, Persija Ditundukkan Persebaya
Penyerang Persija Jakarta Marko Simic (kiri) berebut bola dengan bek Persebaya Surabaya Rachmat Irianto (kanan) dalam lanjutan Liga-1 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019). Persija Jakarta dikalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 1-2. ( Foto: ANTARA FOTO / M Risyal Hidayat )
/ JAS Selasa, 17 Desember 2019 | 22:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Persija Jakarta dihajar 1-2 oleh Persebaya Surabaya dalam laga Liga 1 Indonesia 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (17/12/2019) dan pertandingan tersebut juga merupakan perpisahan penyerang gaek Persija Bambang “Bepe” Pamungkas.

Seluruh gol yang tercipta pada pertandingan tersebut dilesakkan di babak pertama. Persebaya unggul dua gol terlebih dahulu melalui Osvaldo Haay dan Diogo Gomes. Sedangkan Persija Jakarta memperkecil kedudukan melalui Marko Simic.

Di pertandingan yang juga menjadi laga kandang terakhir Persija di Liga 1 musim 2019 itu, sang pelatih Edson Tavares menurunkan jajaran pemain terbaiknya seperti Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak, dan Marko Simic.

Sementara juru taktik Persebaya Surabaya Aji Santoso memainkan pencetak gol terbanyak SEA Games 2019 Osvaldo Haay yang mendukung kinerja David Da Silva dan Diego Campos di lini depan.

Kedua tim sejatinya tampil saling serang dalam laga tersebut. Namun, pada menit kedelapan, Persebaya yang bermain dengan serangan balik cepat berhasil mencetak gol melalui Osvaldo Haay membuat puluhan ribu suporter Persija The Jakmania di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) hening sementara.

Osvaldo berhasil memanfaatkan umpan mendatar David Da Silva di dalam kotak penalti Persija.

Persebaya Surabaya kemudian menggandakan kedudukan pada menit ke-23. Berawal dari Abur Rizal Maulana yang melepaskan operan ke Osvaldo Haay di sisi kanan pertahanan skuat berjuluk Macan Kemayoran, pemain asal Papua itu dengan tenang meneruskan bola ke Diogo dan selanjutnya menyepak bola dan masuk ke gawang Andritany Ardhiyasa.

Persija Jakarta yang terus berupaya menghadirkan gol balasan mendapatkan hasil di menit ke-30 melalui tendangan Marko Simic. Simic memanfaatkan pantulan bola dari kiper Persebaya Miswar yang menepis sepakan penaltinya.

Tendangan 12 pas diberikan wasit Faulur Rosy karena Otavio Dutra menyentuh bola dengan tangan. Setelah itu, tidak ada gol tambahan yang membuat skor 1-2 untuk keunggulan Persebaya Surabaya bertahan hingga laga memasuki masa jeda.

Di babak kedua, Edson Tavares memasukkan Heri Susanto dan penyerang berusia 39 tahun Bambang “Bepe” Pamungkas mulai menit ke-76.

Ketika Bepe menginjakkan kaki di lapangan, layar di SUGBK memunculkan foto-foto dirinya saat memperkuat Persija yang diakhiri dengan kalimat “Terima Kasih Legenda”. Ban kapten yang melingkar di lengan Andritany juga diberikan kepada Bepe.

Hal tersebut memperkuat keyakinan publik bahwa pertandingan kontra Persebaya Surabaya menjadi laga pamungkas Bepe di Jakarta dalam karier panjangnya bersama Persija. Bepe sudah memperkuat Macan Kemayoran sejak 1999.

Akan tetapi, tidak ada perubahan skor sampai pertandingan tuntas. Persija Jakarta takluk 1-2 di rumahnya sendiri oleh Persebaya Surabaya.

Susunan pemain:

Persija: Adritany Ardhiyasa-pg (kapten), Alexandre Reame, Fachrudin Aryanto, Ismed Sofyan, Tony Sucipto, Fitra Ridwan (31’, Ryuji Utomo), Riko Simanjuntak (76’, Heri Susanto), Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Sandi Sute (76’, Bambang Pamungkas) , Marko Simic.

Persebaya: Miswar Saputra-pg, Otavuo Dutra, Rachmat Irianto (kapten), Abu Rizal Maulana (90+2’, Koko Ari), Aryn Williams, Hansamu Yama, Muhammad Hidayat (67’, Muhammad Alwi Slamat), Osvaldo Haay, David Da Silva, Diogo Gomes, Oktafianus Fernando (53’, Irfan Jaya).



Sumber: ANTARA